sign up SIGN UP

Wah... Meniru 5 Hobi Si Jenius Ini Bikin Kita Makin Cerdas Lho! Tertarik Ikutan?

Zeyra Haya | Kamis, 23 Sep 2021 07:30 WIB
Wah... Meniru 5 Hobi Si Jenius Ini Bikin Kita Makin Cerdas Lho! Tertarik Ikutan?
caption

Setiap orang pasti memiliki hobi dan kegemaran masing-masing. Mulai dari hobi umum seperti suka menyanyi, melukis, hingga hobi unik seperti mengoleksi barang-barang antik.

Beauties, pernahkah kamu mendengar mitos jika kita berteman dengan orang pintar maka akan tertular pintar? Nyatanya hal tersebut bukanlah mitos belaka, melainkan sebuah fakta lho!

Bukan Mitos! Meniru 5 Hobi Orang Jenius Ini Ternyata Bisa Bikin Kita Ikut Cerdas

Siapa sangka, meniru hobi orang jenius ternyata bisa membuat kita ikut pintar. Bagaimana bisa?

Faktanya, kebiasaan orang cerdas ini bisa mengasah kemampuan motorik dan meningkatkan kecerdasan otak. Apa saja? Beauties, simak informasi selengkapnya di sini yuk!

1. Memasak

5 hobi orang cerdas - memasak/Foto: pexels.com/Andrea Piacquadio
(5 hobi orang cerdas - memasak/Foto: pexels.com/Andrea Piacquadio)

Memasak adalah salah satu hobi yang kerap dimiliki orang jenius. Hobi memasak nyatanya juga bisa meningkatkan kecerdasan otak.

Saat memasak, otak akan bekerja secara optimal untuk berkonsentrasi, mengingat, mengukur dan berpikir secara bersamaan. Sehingga jika kita sering memasak dan menjadikannya sebagai hobi, secara tidak sadar kita akan terus mengasah ketajaman otak kita.

2. Menari

5 hobi orang cerdas - menari/Foto: pexels.com/cottonbro
(5 hobi orang cerdas - menari/Foto: pexels.com/cottonbro)

Mengingat gerakan dan posisi koreografi nyatanya tanpa disadari juga bisa mengasah memori dan kognitif otak. Selain itu, hobi menari pun juga dapat sekaligus menjadi olahraga.

Olahraga dapat membantu memperlancar peredaran darah ke otak dan meningkatkan produksi protein otak. Tak ayal orang-orang yang memiliki hobi menari cenderung dapat lebih berkonsentrasi dan memiliki daya ingat yang tinggi.

3. Bermain Alat Musik

5 hobi orang cerdas - bermain alat musik/Foto: pexels.com/Charles Parker
(5 hobi orang cerdas - bermain alat musik/Foto: pexels.com/Charles Parker)

Hobi orang cerdas lainnya adalah bermain musik. Memainkan alat musik merupakan salah satu kegiatan kompleks yang mendorong otak untuk mencerna dan melakukan sesuatu secara bersamaan.

Oleh sebab itu, hobi bermain musik dapat memperkuat hubungan belahan otak kanan dan kiri (corpus callosum) serta mengoptimalkan fungsi otak. Tak hanya itu, hobi bermain alat musik juga dapat meningkatkan kreativitas, kecerdasan bahasa, dan kemampuan motorik kita.

4. Belajar Bahasa Asing

5 hobi orang cerdas - belajar bahasa asing/Foto: pexels.com/Artem Podrez
(5 hobi orang cerdas - belajar bahasa asing/Foto: pexels.com/Artem Podrez)

Setiap bahasa pasti mempunyai struktur dan gaya yang berbeda dari bahasa lain sebagai cerminan dari budaya masing-masing. Hobi mempelajari bahasa asing atau bahasa baru dapat meningkatkan kecerdasan otak karena akan mendorong otak untuk terus bekerja secara aktif. Bahkan, belajar bahasa baru tak hanya meningkatkan kemampuan kognitif, namun juga dapat mencegah dementia di usia lanjut.

Di samping baik untuk meningkatkan kecerdasan, hobi mempelajari bahasa asing juga dapat membantu kita memperluas relasi dan mempermudah kita dalam berkomunikasi.

5. Traveling

5 hobi orang cerdas - traveling/Foto: pexels.com/Dmitriy Ganin
(5 hobi orang cerdas - traveling/Foto: pexels.com/Dmitriy Ganin)

Siapa sangka, ternyata banyak orang jenius yang mengaku suka traveling. Tentu hobi yang satu ini sangat worth it untuk ditiru nih Beauties.

Hobi mengunjungi tempat-tempat baru dapat membuat otak aktif bekerja mengenali, menganalisis dan beradaptasi dengan pola-pola baru. Baik orang-orangnya, makanan, budaya dan gaya hidup masyarakat setempat.

Beauties, itulah beberapa hobi orang jenius yang bisa mengasah kecerdasan dan membuat kita ikut pintar. Siap mencobanya?

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id