sign up SIGN UP

5 Drama Korea Tentang Kisah Penyandang Disabilitas yang Menginspirasi

kotakisti | Rabu, 15 Sep 2021 06:30 WIB
5 Drama Korea Tentang Kisah Penyandang Disabilitas yang Menginspirasi
Drama Korea penyandang disabilitas/Foto : instagram.com/netflixkr
Jakarta -

Drama Korea menawarkan tema menarik untuk diikuti. Tak melulu soal cinta, tapi juga menawarkan berbagai cerita menarik lain yang inspiratif. Ditambah dengan sinematografi istimewa untuk memanjakan mata penonton. Seperti drama korea sedih berikut yang berkisah tentang penyandang disabilitas. 

Sepanjang jalan cerita dibanjiri air mata. Pun demikian, banyak hal yang bisa dipetik sebagai pembelajaran. Penasaran apa saja drama sedih yang juga menginspirasi ini? Berikut daftarnya.

Move To Heaven

Move to Heaven/ Foto : instagram.com/t_js0813
Move to Heaven/ Foto : instagram.com/t_js0813

Drama Korea sedih pertama yaitu Move to Heaven yang tayang pada Mei 2021 lalu. Move to Heaven dibintangi oleh Lee Je Hoon dan Tang Joon Sang. Drama Korea ini berkisah tentang Gu Ru (Tan Jung Sang) yang mengidap sindrom Asperger, salah satu gejala autisme yang menyebabkan penderita mengalami kesulitan berkomunikasi dengan lingkungannya.

Gu Ru kehilangan ayahnya karena meninggal akibat kecelakaan. Kemudian, ia tinggal bersama pamannya Sang Gu (Lee Je Hoon) dan melanjutkan bisnis ayahnya, yaitu jasa pembersihan trauma. Tidak hanya penuh air mata, tapi ada banyak hal menguras emosi sepanjang jalan cerita Move to Heaven ini.

It’s Okay to Not be Okay

Oh Jung Se / Foto : instagram.com/ohjungse_actor
Oh Jung Se / Foto : instagram.com/ohjungse_actor

Berikutnya adalah drama Kim Soo Hyun dengan Seo Ye Ji di tahun 2020 lalu. Drama ini mendapatkan reaksi positif dari banyak kalangan. Selain chemistry Soo hyun dan Ye Ji, akting dari Oh Jung Se juga memuaskan. Aktor tampan ini berperan sebagai Moon Sang Tae, kakak kandung Gang Tae (Kim Soo Hyun).

Sang Tae diceritakan mengidap disabilitas autisme sejak kecil. Meski demikian, Sang Tae sosok cerdas dan berbakat dalam menggambar. Salah satu mimpi Sang Tae yaitu menjadi seorang ilustrator. Ia akhirnya dapat menggapai cita-citanya sebagai ilustrator buku.

The Third Charm

The Third Charm/ Foto : instagram.com/saythename_kne/
The Third Charm/ Foto : instagram.com/saythename_kne/

The Third Charm tayang pada tahun 2018 dan dibintangi oleh Seo Kang Joon dan Esom. Tidak hanya berkisah tentang kisah cinta dua artis tersebut, The Third Charm menawarkan kisah sedih yang menyayat hati. Salah satunya perjuangan Lee Soo Jae (Yang Dong Geun), seorang penyandang disabilitas.

Soo Jae merupakan kakak laki laki Lee Young Jae (Esom). Ia mengalami cedera parah yang membuat kakinya harus diamputasi akibat kecelakaan. Pun cerdera, Soo Jae tak berdiam diri. Ia bekerja berjualan kopi keliling dan terus melanjutkan mimpi menjadi seorang penulis naskah drama. 

Good Doctor

Good Doctor / Foto : instagram.com/hummingbird_reviews
Good Doctor / Foto : instagram.com/hummingbird_reviews

Good Doctor merupakan drama Korea yang bertemakan dunia medis. Drama ini dibintangi oleh Joo Won. Ia berperan sebagai Park Shi On, seorang penyandang autis akibat menjadi saksi kekerasan oleh ayahnya sejak kecil. Kendati autis, Shi On merupakan genius yang memiliki kemampuan mengingat tajam. 

Berkat orang tua asuh, ia tumbuh menjadi seorang dokter bedah. Meski begitu, ia mendapatkan banyak pandangan negatif dari banyak orang, termasuk dokter lain di rumah sakit. Pun demikian, ia tidak putus asa untuk membuktikan jika ia juga layak untuk menjadi seorang dokter. 

It’s Okay, That’s Love

Its Okay Thats Love / Foto : instagram.com/sbs_itsokaythatslove
Its Okay Thats Love / Foto : instagram.com/sbs_itsokaythatslove

Satu lagi drama yang berkisah tentang penyandang disabilitas yaitu It’s Okay, That’s Love. Meski bukan drama sedih, tapi banyak pembelajaran yang bisa diambil. Termasuk kisah pemeran utamanya, yaitu Jang Jae Yeol (Jo In Sung) yang berprofesi sebagai penulis novel misteri dan DJ radio. 

Meski terlihat sempurna, Jae Yeol mengidap obsessive compulsive. Ia terobsesi dengan pekerjaan dan kerap melakukan tindakan ekstrim. Bahkan ia hanya bisa tidur nyenyak di atas bathtub karena terganggu dengan warna sprei. Drama ini sangat menarik, apalagi kehadiran Lee Kwang Soo sebagai Park Soo Kwang, pengidap sindrom Tourette.

Itulah beberapa drama Korea sedih yang juga menginspirasi. Tidak hanya mengandung pesan moral, tapi juga menginspirasi untuk menggapai mimpi. Sangat cocok nih buat Beauties yang kurang semangat untuk menggapai mimpi.

(sim/sim)

Our Sister Site

mommyasia.id