sign up SIGN UP

Wah! Ternyata Ini Kebiasaan Ibu Hamil yang Bisa Membuat Anak Tumbuh Cerdas

Rumaysha Milhania | Beautynesia
Jumat, 08 May 2020 23:00 WIB
Wah! Ternyata Ini Kebiasaan Ibu Hamil yang Bisa Membuat Anak Tumbuh Cerdas
caption
Tahukah kamu jika orangtua sebenarnya tidak perlu menunggu bayi dilahirkan untuk mulai membiasakannya belajar? Yuk, simak kebiasaan ibu hamil yang ternyata bisa membuat anak tumbuh pintar berikut ini.

Selama masa persalinan, biasanya para orangtua fokus pada persiapan keperluan kebutuhan anak, seperti baju, mainan, perlengkapan kamar, dan lain sebagainya. Namun, tidak hanya itu, ternyata para orangtua juga perlu memikirkan edukasi untuk anak yang bisa diterapkan sejak dalam kandungan. Pasalnya, banyak penelitian yang menemukan adanya relasi dari kebiasaan ibu hamil dalam meningkatkan perkembangan otak bayi di dalam rahim. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan lengkap tentang kebiasaan ibu hamil yang bisa membuat anak tumbuh cerdas berikut ini!

1. Tetap Aktif Selama Hamil

Berolahraga dan tetap aktif memang penting untuk kesehatan tubuh. Namun, lebih dari itu, penelitian menunjukkan bahwa aktif selama hamil juga dapat meningkatkan fungsi otak bayi. Kamu tak perlu berolahraga keras, cukup jalan santai 30 menit beberapa kali seminggu, maka manfaatnya sudah bisa kamu dapatkan.


Foto: https://theblessedmom.com/


2. Makan Telur dan Ikan

Kuning telur merupakan sumber makanan yang kaya dengan kolin (vitamin yang disarankan untuk wanita hamil). Asupan ini telah terbukti meningkatkan kemampuan belajar dan daya ingat pada bayi, khususnya jika dikonsumsi selama masa kehamilan. Beberapa penelitian bahkan menunjukkan bahwa kolin mengubah struktur sel-sel otak, membuatnya lebih baik dan optimal dalam mendukung perkembangan kognitif. Selain itu, ikan juga mengandung omega-3 yang baik untuk perkembangan otak.
 



3. Asupan Suplemen Kehamilan

Seiring dengan mengonsumsi beragam makanan kaya vitamin ke dalam diet harianmu, pastikan kamu juga menambahkan suplemen kehamilan dengan kandungan Folat. Asam folat terbukti membantu membentuk sel-sel otak yang sehat dan menurunkan kemungkinan bayi lahir dengan kondisi autisme.
 


Foto: https://www.indiatvnews.com/


4. Hentikan Kebiasaan Merokok dan Minum Alkohol

Menurut American Academy of Pediatrics, paparan alkohol selama masa kehamilan dapat menjadi penyebab utama bayi cacat lahir, cacat perkembangan intelektual dan mengalami gangguan dalam perkembangan saraf pada anak-anak. Selain itu, banyak penelitian telah menunjukkan bahwa wanita yang merokok atau terpapar asap rokok selama kehamilan memiliki risiko lebih tinggi untuk melahirkan prematur.
 



5. Ajak Bicara Bayi Sejak dalam Kandungan

Mendengarkan musik klasik selama kehamilan mungkin memang banyak dianjurkan untuk merangsang otak anak. Namun, mengajak anak berbicara dapat memberikan manfaat yang lebih baik. Pembelajaran bahasa yang dimulai dalam rahim terbukti dapat meningkatkan pembelajaran anak tentang kosa kata awal setelah mereka lahir. 
 


Foto: https://youaremom.com/


Jadi, jangan lupa untuk melakukan kebiasaan baik selama menjalani masa kehamilan demi si kecil yang tumbuh lebih sehat dan cerdas.


(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id