sign up SIGN UP

Wajib Baca! Ini 3 Rekomendasi Novel dengan Tokoh Perempuan yang Tangguh dan Menginspirasi

Diny Putri | Beautynesia
Selasa, 15 Mar 2022 22:00 WIB
Wajib Baca! Ini 3 Rekomendasi Novel dengan Tokoh Perempuan yang Tangguh dan Menginspirasi
caption

Pepatah mengatakan buku adalah jendela dunia. Artinya, jika kamu membaca buku maka kamu bisa mendapatkan wawasan yang lebih luas, bahkan bisa mengenal belahan dunia lain tanpa perlu mengunjunginya.

Membaca buku juga bisa menjadi salah satu cara untuk melepaskan penat. Salah satunya membaca novel yang merupakan bacaan fiksi. Apalagi jika cerita tersebut memiliki alur serta gaya bahasa yang menarik, dan terdapat tokoh-tokoh yang bisa dijadikan inspirasi. Contohnya dari tokoh Hermione Granger dari buku fantasi Harry Potter. Karakternya yang sangat berani, cerdas setia kawan, dan pantang menyerah sangat pantas untuk dijadikan panutan. 

Tidak hanya Hermione Granger yang memiliki karakter kuat serta bisa menginspirasi perempuan lainnya, masih banyak tokoh perempuan dalam novel yang bisa dijadikan inspirasi. Siapa saja? Yuk, simak 3 tokoh perempuan menginspirasi dalam novel berikut ini!

Entrok - Okky Madasari

Cover Baru Entrok karya Okky Madasari/Tangkapan Layar
Cover Baru Novel Entrok karya Okky Madasari/Foto: Dok. Gramedia.com

Novel ini menggambarkan tentang ketidakadilan kepada perempuan dari masa ke masa. Penulis mengaku jika melalui Entrok ia ingin menceritakan tentang ketidakadilan perempuan yang terjadi pada masa orde baru. Meski menggunakan latar waktu pada orde baru, namun jangan khawatir, Beauties! Karena pengemasannya tidak membosankan serta kamu bisa mendapatkan inspirasi dari tokoh dalam cerita.

Entrok menceritakan tentang sang tokoh utama, Sumarni, yang berhasil mendobrak patriarki saat itu. Ia berhasil mematahkan bahwa perempuan tak selamanya harus selalu disetir dalam setiap aspek kehidupannya. Selain berhasil mendobrak patriarki, ia juga berhasil membuka usaha serta memiliki penghasilan yang lebih besar dari suaminya, yang mana kala itu masih menjadi hal yang cukup tabu dalam masyarakat khususnya pedesaan.

Partikel - Dee Lestari

Cover Novel Partikel karya Dee Lestari/Tangkapan Layar
Cover Novel Partikel karya Dee Lestari/Foto: Dok. Gramedia

Novel ini merupakan bagian keempat dari seri buku Supernova milik Dee Lestari. Menceritakan tentang sosok Zarah yang tidak pernah mendapat pendidikan secara formal, namun sang ayah tetap bertanggung jawab dengan cara mengajarkan putrinya mengenai ilmu biologi dan botani.

Singkat cerita, sosok Zarah diceritakan keluar dari rumah setelah kepergian sang ayah, kemudian mendapat kiriman kamera dan ia mengikuti kontes fotografi setelah belajar ilmu tersebut pada teman ayahnya. Ia memenangi kontes tersebut dan pergi ke alam liar untuk mempelajari cara bertahan hidup. Zarah pun akhirnya memiliki hobi sebagai fotografer alam bebas atau dalam artian sering memotret binatang-binatang buas yang hidup di alam liar.

Sosok Zarah bisa dijadikan sebagai inspirasi karena jika dilihat dari tatanan masyarakat yang masih menganut patriarki, mungkin cukup jarang melihat sosok perempuan dengan profesi sebagai fotografer alam bebas. Hal ini juga bisa dijadikan pertimbangan untuk perempuan di luar sana yang ingin beranjak keluar dari zona nyamannya.

Scars and Other Beautiful Things - Winna Efendi

Cover Novel Scars and Other Beautiful Things karya Winna Effendi/Tangkapan Layar
Cover Novel Scars and Other Beautiful Things karya Winna Effendi/Tangkapan Layar

Kali ini inspirasi tokoh perempuan inspiratif mengangkat dari novel Metropop karya Winna Efendi. Novel ini menceritakan tentang sosok Harper yang sedang berusaha menghilangkan rasa traumanya akibat pelecehan yang dialaminya. Bahkan tidak sampai di situ, pelaku pelecehannya pun hidup berdekatan dengannya hingga membuat ia selalu waspada dalam menjalani kehidupannya.

Dalam karyanya kali ini Winna Efendi benar-benar mengangkat isu pelecehan seksual yang kini kian marak terjadi dalam masyarakat, hingga menyebabkan perempuan sering kali merasa tidak aman. Tidak hanya itu, dalam ceritanya, Winna menceritakan sudut pandang dari seorang korban pelecehan seksual. Harper sebagai penyintas berusaha untuk bisa menyembuhkan luka serta rasa traumanya, yang mana hal ini bisa dijadikan sebagai inspirasi untuk perempuan di luar sana yang tengah menghadapi hal serupa.

Semoga ketiga novel di atas bisa menambah referensi membaca Beauties serta bisa menjadikan tokoh perempuannya menjadi inspirasi, ya! Sebab, perempuan berhak bermimpi dan memiliki kuasa penuh atas dirinya sendiri.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id