sign up SIGN UP

Wajib Tahu! Ini 3 Layanan Transportasi Khusus Penyandang Disabilitas di Indonesia

Camellia Ramadhani | Beautynesia
Sabtu, 01 Jan 2022 23:00 WIB
Wajib Tahu! Ini 3 Layanan Transportasi Khusus Penyandang Disabilitas di Indonesia
caption
Jakarta -

Kadang kala, keterbatasan fasilitas dapat menghambat langkah seseorang untuk maju dan berkembang. Permasalahan ini biasa dihadapi penyandang disabilitas yang kesulitan dengan mobilitas mereka dikarenakan sarana transportasi publik belum menunjang keperluan.

Mengusung semangat inklusivitas, beberapa perusahaan baik milik pemerintah maupun swasta di Indonesia meluncurkan program khusus untuk penyandang disabilitas. Ternyata, program ramah disabilitas ini sudah dijalankan beberapa perusahaan transportasi sejak beberapa tahun lalu, lho.

Yuk, simak layanan transportasi ramah disabilitas dari tiga perusahaan berikut ini!

Transjakarta Cares

Transjakarta Cares/Foto: rappler.com
Transjakarta Cares/Foto: rappler.com

Perusahaan di bawah naungan Pemprov DKI, PT Transportasi Jakarta, mengoperasikan Transjakarta Cares secara resmi pada Oktober tahun 2016 silam. Transjakata Cares menyediakan layanan berupa mobil dengan 1 pengemudi dan 1 petugas yang telah dilatih secara khusus untuk melayani kaum disabilitas.

Program ini menyediakan jasa menjemput penumpang di rumah masing-masing untuk kemudian diantar ke halte terdekat yang memiliki halte ramah disabilitas pula. Layanan ini dapat diakses dengan menghubungi call center 1500 102 satu hari sebelumnya. 

GrabGerak

GrabGerak/Foto: addiction.id
GrabGerak/Foto: addiction.id

Perusahaan transportasi berbasis aplikasi, Grab Indonesia, telah memiliki sebuah fitur khusus untuk melayani penyandang disabilitas yang dinamai GrabGerak. Program ini menyediakan layanan mobil transportasi dengan mitra pengemudi yang telah dilatih secara khusus untuk melayani kebutuhan penyandang disabilitas dengan beragam bantuan mobilitas.

Layanan ini dapat diakses melalui aplikasi yang telah disediakan Grab. Mitra pengemudi akan membantu penumpang pengguna kursi roda untuk masuk ke dalam kendaraan. Selain itu, penumpang dapat menemukan tempat-tempat ramah disabilitas terdekat dengan layanan ini.

Blue Bird Lifecare Taxi

Blue Bird Lifecare Taxi/ Foto: bluebirdgroup.com
Blue Bird Lifecare Taxi/ Foto: bluebirdgroup.com

PT Blue Bird Tbk memiliki program Lifecare Vehicle Taxi yang menawarkan layanan untuk pelanggan penyandang disabilitas, lansia, dan wanita hamil sekaligus. Layanan ini telah dioperasikan sejak tahun 2014 silam dengan mengeluarkan beberapa unit armada dengan pengemudi yang telah diberi pelatihan khusus. 

Adapun spesifikasi kendaraan yang digunakan dalam program ini berupa mobil dengan tujuh tempat duduk, dengan kursi tengah yang dilengkapi jok elektrik dengan fitur power slide-up seat. Fitur ini bertujuan memudahkan penumpang untuk naik maupun turun dari pintu samping. 

Dengan fitur yang sama, penumpang tinggal duduk dan kursi akan otomatis terangkat dari luar hingga masuk sempurna ke dalam mobil. Layanan ini dapat diakses dengan menghubungi call center 021-79171234 serta outlet eksklusif di beberapa rumah sakit yang telah terdaftar.

Itulah tiga layanan transportasi ramah disabilitas yang telah tersedia di Indonesia. Jangan lupa untuk membagikan referensi ini pada orang-orang di sekitarmu yang membutuhkan ya, Beauties!

***

[Gambas:Youtube]

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id