sign up SIGN UP

Yang Pas-pas Aja, Nyatanya Kebanyakan Waktu Luang Juga Bikin Stres! Ini Penjelasan Menurut Studi

Fina Prichilia | Jumat, 24 Sep 2021 20:00 WIB
Yang Pas-pas Aja, Nyatanya Kebanyakan Waktu Luang Juga Bikin Stres! Ini Penjelasan Menurut Studi
caption
Jakarta -

Kalau kamu lagi merasa jadwalmu padat dari pagi sampai sore hampir setiap harinya, wajar bila kamu menginginkan waktu luang biar bisa me time.

Karena melakukan me time itu enak banget, pernah tidak sih membayangkan kalau semisal bisa punya waktu luang yang sangat banyak? Tampaknya menyenangkan ya, Beauties!

Punya Waktu Luang Banyak Justru Kurang Baik?

Eits, belum tentu kalau diberikan waktu kosong banget, kamu auto bahagia. Pasalnya, menurut riset American Psychological Association(APA), hal ini justru bisa bikin seseorang merasa lebih stres sehingga buruk buat kesehatan mental.

Marissa Sharif, PhD, salah satu penulis studi seperti dikutip dari Science Daily, mengungkap akan menghasilkan stres yang lebih besar juga kebahagiaan subjektif lebih rendah jika seseorang terlalu banyak waktu luang dalam satu harinya. Duh!

Ilustrasi stres/FreepikIlustrasi stres/Foto: Freepik.com

Penelitian ini melibatkan 21.736 orang dalam American Time Use Survey. Awalnya, peneliti menemukan kalau waktu luang meningkat, maka kesejahteraan memang bisa meningkat. Namun, hal ini rupanya cuma bertahan di dua jam pertama, lalu berangsur-angsur mulai menurun setelah lima jam.

Selain itu peneliti juga menganalisis data dari 13.639 pekerja yang berpartisipasi pada National Study of the Changing Workforce. Selanjutnya, peneliti menemukan jumlah waktu luang tinggi berkaitan dengan tingkat kesejahteraan tinggi, tetapi rupanya sama. Ini tidak bertahan lama, Beauties.

Yang Pas-pas Saja!

Ramalan zodiak libraIlustrasi seorang perempuan sedang bahagia sebab mendapat waktu luang yang cukup. /sumber: Freepik.com/womanhappy/

Bila waktu luang terlalu sedikit, seseorang juga bisa merasa stres sebab jadi tak punya waktu cukup untuk melakukan hal-hal yang diinginkan. Demikian menurut Marissa, dilansir dari NBC.

Selanjutnya, menurut penelitian dari University of Cincinnati, Texas, AS, terlalu banyak waktu luang tidak lebih baik daripada terlalu sibuk lho, Beauties. Untuk itu, lebih baik berada di tengah-tengah. Alias dapat produktif dan punya quality time dengan orang terdekat, juga me time demi keseimbangan hidupmu, ya!

---------------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!


Our Sister Site

mommyasia.id