sign up SIGN UP

BEAUTYNESIA QUEEN OF THE MONTH

Queen of the Month: Cerita Andien Ketika Divonis Mengidap Tumor Payudara di Usia 16 Tahun dan Perjuanganya hingga Sembuh

Rayoga Firdaus | Selasa, 19 Oct 2021 14:00 WIB

Beautynesia meluncurkan program terbaru bertajuk Queen of the Month. Setiap bulannya Beautynesia akan mengundang figur inspiratif yang berkaitan dengan isu atau tema yang kami angkat. Pada bulan Oktober 2021 ini, dalam rangka menyambut Breast Cancer Awareness, Beautynesia menampilkan Andien sebagai sosok Queen of the Month. Ia membagikan perjuangannya ketika divonis mengidap tumor payudara di usia belia. Berikut selengkapnya. 

Ketika Divonis

Beautynesia Queen of the Month October 2021: AndienBeautynesia Queen of the Month October 2021: Andien/ Foto: Juluan Siagian/Dress: Kate Spade New York

Usia 16 tahun adalah masa yang selalu identik dengan penuh keceriaan namun bagaimana jika pada usia tersebut harus divonis memiliki tumor payudara? Hal tersebut dialami oleh penyanyi Andien Aisyah. Pelantun lagu Selamat Jalan Kekasihku tersebut harus mendapati dirinya memiliki tumor payudara di usia remaja.

"Aku mendapati tumor di payudara kiriku itu di tahun 2002. Waktu itu aku cukup kaget dan juga bingung karena saat itu juga aku belum teredukasi dengan baik mengenai kesehatan payudara dan ya namanya juga anak SMA ya... selalu merasa everything is gonna be fine. Dan saat itu juga aku tahunya bahwa kanker payudara hanya bisa 'diderita' oleh yang sudah berusia matang kayak 25 tahun ke atas atau yang sudah menikah dan punya anak," cerita Ibu dua anak ini.

Andien juga menambahkan bahwa setelah ditelusuri, karena secara genetik Andien tidak memiliki keluarga yang memiliki riwayat penyakit ini, dokter memperkiraan bahwa penyebab dari tumor payudara yang dideritanya berasal dari pola makan. Yakni seringnya mengkonsumsi makanan siap saji.

"Dari situ aku jadi turning point mengenai pola makan, nggak langsung berubah tapi cukup membaik and it happened gradually sampai sekarang".
Mendapat adanya benjolan menjadi gejala awal yang disadarinya. Tak butuh lama bagi Andien untuk memutuskan agar langsung mengikuti saran dari Dokter agar segera melakukan operasi pengangkatan benjolan.


Sempat Ingin Aku Tutupi

Beautynesia Queen of the Month October 2021: AndienBeautynesia Queen of the Month October 2021: Andien/ Foto: Juluan Siagian/Turtleneck & rok: Kate Spade New York


Cepatnya proses penanganan yang dilakukan Andien memang turut membentuk mindset positif dalam dirinya selama menjalani perawatan.
"Sebenarnya karena aku masih berusia 16 tahun itu kayak sesuatu yang pengen aku tutupi tapi enggak karena aku harus share ke orang-orang apa yang bisa membuat aku bisa begini. And yet aku nggak punya waktu untuk berpikir terlalu panjang. Dari waktu ketahuan sampai hari benjolan itu diangkat itu nggak terlalu lama hanya dalam hitungan hari." ceritanya.

Meski begitu ia juga mengakui sempat merasakan down terutama saat masa-masa pemulihan. Di mana ia takut apakah tumornya ini bisa menjalar dan terkadang bila merasakan nyeri ia akan langsung mengeceknya ke dokter.

Selain penanganan sejak dini, bagi Andien pentingnya menanamkan pola pikir positif dinilai cukup membantunya dalam proses pemulihan. "Karena dokter juga bisa bilang sembuh, dan karena aku masih muda dan aku juga merasa aku masih bisa untuk optimis bisa merubah gaya hidup aku,".

Penasaran perubahan pola gaya hidup apa yang dilakukan oleh Andien pasca sembuh dari tumor payudara dan adakah pengalamannya tersebut mengubah pola pikirnya sebagai perempuan dan musisi? Selengkapnya tonton pada video di bawah ini. 

[Gambas:Youtube]


Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

Embed Video

Our Sister Site

mommyasia.id