sign up SIGN UP

3 Kelebihan Utama Pembalut Kain, Tak Hanya Hemat Budget Tapi Juga Kurangi Risiko Penyakit

Allyoo Ri | Jumat, 13 Aug 2021 23:15 WIB
3 Kelebihan Utama Pembalut Kain, Tak Hanya Hemat Budget Tapi Juga Kurangi Risiko Penyakit
caption

Saat menstruasi, persediaan pembalut jangan sampai kurang. Karena kalau kurang, selain repot, juga dapat menambah mood buruk di tengah ketidak nyamanan saat menstruasi. Di masa kini, pembalut yang dijual bebas di pasaran sudah tak sulit didapatkan. Beragam jenis dari banyak brand dapat dengan mudah ditemukan di mini market atau toko kelontong.

Tapi tahu kah kamu Beauties, jika seiring gaya hidup yang berubah di masa kini ada kebiasaan baru terkait penghentian penggunaan pembalut biasa diganti dengan pembalut kain?

Yap, kamu tidak salah dengar! Kembali seperti di zaman dulu, banyak orang yang memilih beralih mengenakan pembalut kain sebagai pengganti pembalut biasa. Tentu saja, bentuknya telah banyak berubah dan lebih mudah digunakan.  Tak harus membuat sendiri, sudah banyak di jual juga lho di pasaran.

Apa sih yang membuat banyak beralihnya pengguna pembalut biasa ke pembalut kain? Lalu apa saja ya manfaat pembalut kain? Ayo simak di sini, Beauties!

1. Ramah Lingkungan

Tanda recycle pada tong sampah
Tanda recylce atau pengolahaan kembali sampah/Photo by unsplash.com/@sigmund

Pencemaran lingkungan datang dari banyak kegiatan yang dilakukan manusia. Hal yang sehari-hari dianggap merupakan kegiatan biasa, ternyata dapat menyumbang sampah yang akan mencemari lingkungan semakin parah.

Seperti halnya para perempuan yang kerap kali menghasilkan sampah kecantikan, fashion serta kesehatan seperti pembalut. Terbuat dari pulp serta plastik, pembalut memang salah satu sampah yang akan sulit terurai dan dapat menyebabkan pencemaran lingkungan. Demi menjaga bumi dan mengurangi sampah yang dihasilkan, penggunaan pembalut kain dapat sangat membantu loh.

2. Lebih Murah

memasukan koin ke celengan
Menabung uang lebih banyak/Photo by unsplash.com/@spanic

Jika kamu memiliki budget tertentu untuk membeli stok pembalut sekitar Rp30 ribu sampai Rp100 ribu dalam satu atau dua periode menstruasi, maka dengan pembalut kain kamu bisa menghemat uang tersebut dan cukup mengeluarkan budget sekitar Rp50 ribu sampai Rp100 ribu untuk setiap periode menstruasimu yang dapat kamu gunakan seterusnya.

Dengan harga tersebut, kamu bisa mendapat 3-6 pembalut kain yang dapat selalu kamu gunakan kembali setelah dicuci. Hemat, bukan?

3. Mengurangi Risiko Kesehatan Karena Pembalut Biasa

Pembalut biasa
Pembalut biasa/Photo by unsplash.com/@seralexphoto

Menggunakan pembalut kain, dapat membantumu menjaga kesehatan organ kewanitaan. Tidak adanya kandungan bahan kimia seperti pemutih atau klorin akan membuatmu lebih merasa tenang dan aman saat memakainya. Beragam zat kimia lain yang tidak diketahui bahayanya mungkin terlewat dari pengawasan dapat secara tak sadar membahayakan dirimu, Beauties.

Itu dia ketiga manfaat dari pembalut kain, bagaimana tertarik untuk beralih, Beauties?

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id