sign up SIGN UP

3 Penyebab Penyakit Diabetes Ini Banyak Terjadi di Usia Muda, Kamu Segera Waspada deh!

Risma Oktaviani | Kamis, 18 Nov 2021 06:15 WIB
3 Penyebab Penyakit Diabetes Ini Banyak Terjadi di Usia Muda, Kamu Segera Waspada deh!
caption

Diabetes adalah salah satu penyakit kronis di mana penderitanya memiliki kondisi metabolisme tubuh yang abnormal. Penyebabnya adalah kadar glukosa dalam darah dan urin mengalami peningkatan yang disebabkan karena ketidakmampuan tubuh dalam menghasilkan hormon insulin.

Penyakit ini pada umumnya diderita oleh orang dewasa hingga lansia. Akan tetapi, penyakit diabetes juga bisa menyerang seseorang di usia muda. 

Berdasarkan Laporan Statistik Diabetes Nasional, sekitar 210 ribu anak dan remaja di bawah usia 20 tahun di Amerika terdiagnosis diabetes. Banyak faktor yang dapat menjadi penyebab diabetes, salah satunya adalah faktor genetik.

Mendeteksi gejala diabetes dan pengobatan dini dapat meningkatkan kesehatan dan harapan hidup penderitanya. Namun, selain faktor genetik yang nggak bisa diubah, berikut adalah penyebab diabetes di usia muda yang bisa kamu cegah.

1. Pola Makan yang Nggak Sehat

junk food
junk food / freepik.com / freepik

Mengonsumsi junk food, fast food, hingga makan camilan yang berlebihan menjadi salah satu penyebab diabetes. Tingginya kandungan karbohidrat pada berbagai macam camilan dapat meningkatkan gula darah secara instan, serta membuat kamu lebih cepat lapar.

Makanan dengan tingkat lemak jenuh tinggi, yang terkandung dalam junk food juga dapat menjadi penyebab resistensi insulin. Selain itu, makan terlalu banyak karbohidrat dan kurang asupan nutrisi lain, seperti sayuran dan protein tanpa lemak, dapat menyebabkan kadar gula darah meningkat.  

Jika kebiasaan tersebut nggak diubah, bukan nggak mungkin kamu akan menderita diabetes melitus di usia muda. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengatur pola makan yang seimbang. Selain membuat kamu kenyang, makanan seimbang membantu kamu mendapatkan semua nutrisi yang kamu butuhkan.

2. Kurangnya Olahraga

nggak suka olahraga
nggak suka olahraga / freepik.com / dcstudio

Melakukan aktivitas fisik atau berolahraga secara teratur dapat membantu mencegah diabetes. Olahraga dapat meningkatkan sensitivitas insulin sel kamu. Jadi ketika kamu berolahraga, lebih sedikit insulin yang dibutuhkan untuk menjaga kadar gula darah kamu agar tetap terkendali.

Banyak jenis aktivitas fisik telah terbukti mengurangi resistensi insulin dan gula darah pada orang yang kelebihan berat badan, obesitas, dan pradiabetes. Di antaranya adalah latihan aerobik, latihan interval intensitas tinggi dan latihan kekuatan.

3. Obesitas

obesitas
obesitas / freepik.com / jcomp

Sering mengonsumsi makanan manis dan tinggi kalori apalagi tanpa diimbangi dengan olahraga akan membuat ketidakseimbangan dalam tubuh. Asupan makanan nggak akan terolah sempurna menjadi energi dan sisa makanan yang tidak terpakai akhirnya akan disimpan menjadi menjadi tumpukan lemak yang kemudian menyebabkan obesitas.

Kemudian, Berat badan berlebih dapat meningkatkan risiko diabetes. Melansir Medical News Today, obesitas diyakini dapat menyumbang 80-85 persen risiko terkena diabetes tipe 2 pada seseorang. Selain itu, orang gemuk hingga 80 kali lebih mungkin berisiko mengalami diabetes tipe 2 dibandingkan orang yang memiliki berat badan ideal.

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id