sign up SIGN UP

4 Benda Ini Bisa Bikin Kamu Tidur Nyenyak dan Cepat, Penting Buat Kesehatan!

Cica Rahmania | Beautynesia
Sabtu, 01 Jan 2022 19:00 WIB
4 Benda Ini Bisa Bikin Kamu Tidur Nyenyak dan Cepat, Penting Buat Kesehatan!
caption
Jakarta -

Tidur malam selama tujuh hingga delapan jam bagi orang dewasa adalah sebuah kebutuhan. Dikutip dari Very Well Health, orang dewasa sebaiknya tidur antara pukul 10-11 malam. Dengan demikian, di pagi hari bisa beraktivitas dengan tubuh yang segar.

Namun, pada kenyataannya, banyak orang di luar sana yang mengalami gangguan tidur yang membuat matanya sulit memejam. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor, seperti konsumsi kafein, alkohol, obat, olahraga terlalu berat hingga penyakit tertentu.

tidurIlustrasi tidur. / Foto: pexels.com/Ketut Subiyanto

Untuk mengatasinya, diperlukan identifikasi dan pemeriksaan lebih lanjut, tetapi kamu bisa berupaya dengan bantuan benda-benda yang diperuntukkan agar tidur lebih nyenyak, seperti empat benda berikut ini, misalnya.

Penutup Mata

Tidur dengan lampu menyala bukan ide bagus. Dikutip dari Health Line, tidur dengan lampu menyala atau dengan penerangan akan menyebabkan gangguan kesehatan, baik mental maupun fisik, seperti depresi dan obesitas. 

Retinoid yang akan bekerja saat kamu tidur di malam hari/Foto: Pexels/Polina KovalevaIlustrasi tidur. (Foto: Pexels/Polina Kovaleva)

Namun, jika kamu termasuk orang yang takut gelap, kamu bisa menggunakan bantuan penutup mata. Jadi, matamu akan lebih sedikit menerima pendar cahaya lampu yang menyala dan bisa tidur lebih cepat dan nyenyak.

Noise Cancelling Machine

Ada orang yang nggak bisa tidur ketika gelap, tetapi ada juga yang nggak bisa tidur ketika bising. Jika kamu salah satu orang yang nggak bisa tidur ketika ada suara berisik, jangan khawatir. Kamu bisa menggunakan bantuan mesin peredam bising atau noise cancelling machine.

Kecerdasan Dinilai dari SuaraIlustrasi berisik. (Foto: freepik.com) / Foto: Freepik.com

Dikutip dari laman Zing Instrument, mesin tersebut membantu kamu tidur dengan tenang karena alat tersebut menyerap  suara bising di sekitar. Nggak cuma berfungsi untuk menciptakan ketenangan saat tidur, kamu juga bisa menggunakannya saat kerja untuk memblokir suara yang tidak diinginkan.

Bantal yang Empuk

Kenyamanan saat tidur dimulai dari tempat tidurmu sendiri. Terlalu banyak barang yang nggak berhubungan dengan aktivitas tidur bisa mengganggu tubuhmu istirahat, seperti laptop, buku, atau bahkan kotak camilan di atas kasur.

Untuk menghindari risiko patah dari rambut ekstensi dapat menggunakan sarung bantal berbahan sutra atau satin yang lembut.Ilustrasi tidur. (Foto: freepik.com/gpoinstudio)

Selain itu, perhatikan pula bantal yang kamu gunakan, apakah masih empuk seperti pertama kali kamu menggunakannya? Atau sudah mulai kempes dan menjadi sumber ketidaknyamanan yang menyebabkan mata sulit memejam? Coba diperiksa lagi.

Diffuser

Aroma kesukaan membuat pikiran lebih tenang dan nyaman. Kamu bisa menggunakan aroma terapi untuk membantumu tidur cepat dan nyenyak. Dikutip dari Health Line, essential oil lavender bisa membantumu meningkatkan kualitas tidurmu. Gunakan mesin diffuser untuk menyebarkan aroma ke seluruh ruangan.

diffuserIlustrasi diffuser. (Foto:pixabay.com/asundermeier)

Itulah empat benda yang bisa membantu tidurmu lebih cepat dan nyenyak. Kira-kira benda apa yang akan kamu coba untuk meningkatkan kualitas tidurmu? Yuk, share di kolom komentar.

[Gambas:Youtube]

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id