sign up SIGN UP

4 Cara Sederhana Agar Tetap Sehat dan Bugar Selama Jalankan Ibadah Haji

Iftifani Sayyida Asausan | Beautynesia
Sabtu, 04 Jun 2022 17:30 WIB
4 Cara Sederhana Agar Tetap Sehat dan Bugar Selama Jalankan Ibadah Haji
caption

Setelah dua tahun ditiadakan karena adanya pandemi COVID-19, tahun 2022 ini jemaah haji dari Indonesia kembali diizinkan untuk berangkat menuju Tanah Suci.

Untuk gelombang pertama akan berangkat pada 4 Juni 2022, sedangkan gelombang kedua pada 19 Juni mendatang. Menyambut hal ini, berikut beberapa cara agar tetap sehat dan bugar selama menjalankan ibadah haji. Simak selengkapnya ya, Beauties!

1. Minum Air yang Cukup dan Hindari Minuman Berkafein atau Soda

Tips Agar Tetap Sehat dan Bugar Selama Menjalankan Ibadah Haji
Minum air putih/Foto: pexels.com/Lisa Fotios

Sudah menjadi informasi umum bahwa manusia disarankan untuk minum 2 liter air setiap harinya, tapi ternyata masih kurang lho, Beauties. Menurut Akademi Sains, Teknik, dan Kedokteran Nasional Amerika Serikat melalui Healthline, perempuan membutuhkan 2,7 liter dan laki-laki 3,7 liter. Tidak hanya itu, jumlah air yang perlu dikonsumsi juga tergantung dengan suhu atau musim, lingkungan, dan aktivitas yang dilakukan.

Udara dan lingkungan di Arab Saudi sangat berbeda dengan Indonesia, suhu udara Arab Saudi lebih panas dan kering. Bahkan pada bulan Juni ini diperkirakan suhunya akan mencapai lebih dari 40 derajat pada siang hari.

Maka, perbanyaklah konsumsi air putih, kurangi minuman yang bersoda atau berkafein karena bisa memperparah dehidrasi. Tetaplah minum dengan teratur meskipun tidak terasa haus untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

2. Memiliki Waktu Tidur yang Cukup

Tips Agar Tetap Sehat dan Bugar Selama Menjalankan Ibadah Haji
Tidur yang cukup/Foto: pexels.com/Andrea Piacquadio

Perbedaan waktu antar negara bisa menyebabkan jet lag. Jet lag adalah gangguan tidur yang dialami oleh orang yang melakukan perjalanan ke zona waktu yang berbeda.

Selisih waktu Indonesia dan Arab Saudi memang tidak terlalu banyak, yaitu hanya 4 jam. Tetapi orang yang tidak terbiasa berpindah zona waktu akan sangat rentan mengalami jet lag.

Untuk tetap mendapatkan tidur yang cukup, berusahalah untuk mempertahankan ritme tidur. Contohnya, untuk mendapatkan waktu tidur ideal yaitu 7-8 jam, pasang alarm sesuai dengan jam tidur dan jam bangun seperti biasa di Indonesia.

Tidak masalah kok jika kamu tidak menyesuaikan dengan waktu setempat. Siapkan juga suasana yang nyaman seperti meredupkan lampu agar bisa tidur lebih mudah.

3. Tidak Makan Sembarangan

Tips Agar Tetap Sehat dan Bugar Selama Menjalankan Ibadah Haji
Memperhatikan makanan/Foto: pexels.com/Max Ravier

Selain lingkungan, budaya di Arab Saudi juga cukup berbeda dengan Indonesia. Ada kemungkinan bahwa perut orang Indonesia tidak cocok dengan makanan yang ada di sana. Maka sebaiknya, makanlah makanan yang disediakan untuk jemaah Indonesia karena biasanya sudah disesuaikan dengan selera orang Indonesia.

Selain itu, perhatikan juga makanan yang akan dikonsumsi. Hindari makanan yang dirasa aneh atau asing karena bisa menyebabkan keracunan makanan. Dikutip dari Zameen, diare adalah salah satu penyakit umum yang diderita jemaah haji karena keracunan makanan.

4. Beraktivitas di Luar Sesedikit Mungkin

Tips Agar Tetap Sehat dan Bugar Selama Menjalankan Ibadah Haji
Beraktivitas diluar/Foto: pexels.com/Saddam Umar Husain

Kebanyakan orang Muslim berangkat untuk melakukan ibadah haji pada usia yang tidak muda lagi. Sedangkan ibadah haji membutuhkan daya tahan tubuh yang baik karena cuaca yang terik dan kegiatan yang cukup padat.

Maka sebaiknya, para jemaah haji bisa mengurangi aktivitas di luar apabila tidak terlalu mendesak agar tidak mudah kelelahan. Perhatikan juga tanda yang diberikan tubuh, apabila merasa pusing atau mual sebaiknya tidak memaksakan diri dan segera mencari bantuan tenaga kesehatan.

Itulah beberapa tips agar tetap sehat dan bugar selama melakukan ibadah haji. Semoga bermanfaat ya, Beauties!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id