sign up SIGN UP

4 Daftar Makanan Ini Tidak Boleh Asal Dicampurkan, Memang Enak sih... Tapi Bisa Bikin Keracunan!

Rini Apriliani | Beautynesia
Selasa, 21 Dec 2021 12:30 WIB
4 Daftar Makanan Ini Tidak Boleh Asal Dicampurkan, Memang Enak sih... Tapi Bisa Bikin Keracunan!
caption
Jakarta -

Terkadang kita suka sekali berinovasi mencampurkan ini dan itu, untuk menemukan sensasi baru yang lebih berbeda. Misalnya mencampurkan berbagai bahan yang dimiliki di rumah, untuk selanjutnya dikonsumsi. 

Jika beruntung, kita bisa menemukan rasa enak dari inovasi yang kita lakukan. Tapi jika tidak beruntung, siap-siap saja kamu akan bergidik ngeri karena rasanya yang tak sesuai yang dibayangkan. 

Namun tahukah kamu jika ada beberapa bahan atau daftar makanan yang sebenarnya tidak bisa dicampurkan. Bukan tanpa alasan, hal ini karena kandungan dari kedua bahan tersebut yang akan bertolak belakang dan justru bisa bikin kamu keracunan!

Duh... menghindari hal ini, yuk simak daftar makanan yang tidak boleh asal dicampurkan di sini, Beauties!

1. Pisang dan Susu

Pisang dan SusuPisang dan Susu/ Foto: Freepik.com/bearfotos

Pisang menjadi salah satu buah yang banyak disukai. Selain rasanya yang enak dan manis, buah yang satu ini pun cocok dikombinasikan dengan beragam makanan. Tapi ternyata tidak cocok jika dicampurkan dengan susu lho, Beauties!

Banana milkshake misalnya, walau enak, manis, dan menyegarkan ternyata banana milkshake dapat menghambat proses pencernaan dan mengganggu pola tidur. Selain itu, hal ini pun akan mengakibatkan pembentukan racun dan alergi.

Dilansir dari Beyondpinkworld.com, kamu dapat menambahkan sejumput pala atau kayu manis jika ingin membuat banana milkshake. Hal ini untuk merangsang pencernaan.

2. Yoghurt dan Buah-buahan

Yoghurt dan Buah-buahanYoghurt dan Buah-buahan/ Foto: Freepik.com/jcomp

Banyak orang yang kini mulai beralih untuk hidup lebih sehat, salah satu yang kini banyak dikonsumsi adalah smoothie bowl. Biasanya, untuk membuat makanan sehat yang satu ini, ada percampuran yoghurt dan buah-buahan sesuai yang diinginkan.

Walau memang bisa menghasilkan rasa yang enak, percampuran yoghurt dan buah-buahan ini bisa jadi beracun lho, Beauties! Pasalnya, bakteri yang terkandung pada yoghurt ini akan bekerja pada gula yang ada dalam buah-buahan. Reaksi yang terjadi dari percampuran ini akan menghasilkan racun, pilek, dan alergi. 

Sebagai alternatif, kami bisa menambahkan kismis pada yoghut atau menambahkan madu dan kayu manis untuk menambah rasa. Percampuran ini tidak akan menjadi masalah berarti.

3. Pasta dan Tomat

Pasta dan TomatPasta dan Tomat/ Foto: Freepik.com/jcomp

Pasta dan tomat, bahan makanan ini menjadi salah satu percampuran yang melezatkan bukan? Tapi sayangnya, percampuran ini dapat membahayakan lho, Beauties!

Dilansir dari Stylecraze.com, tomat memiliki asam yang melemahkan enzim dalam pasta, mengentalkan susu dalam keju. Hal ini dapat mengganggu masalah pencernaan. Sebagai alternatif, kamu bisa menggunakan saus pesto yang aman digunakan untuk pasta.

4. Teh dan Susu

Teh dan SusuTeh dan Susu/ Foto: Freepik.com

Percampuran bahan makanan selanjutnya yang bisa menghasilkan rasa enak adalah teh dan susu. Hayo... pasti kamu tidak bisa kan menolak enak dan segarnya milk tea? Tapi sayangnya, percampuran ini bisa membahayakan untukmu lho!

Sebab, teh memiliki kandungan yang bermanfaat untuk tubuh. Tapi jika dicampurkan dengan susu, maka zat protein dan kalsium tinggi di dalamnya dalam menurunkan bahkan menghilangkan manfaat teh itu sendiri. 

Jika dikonsumsi secara berlebih dan setiap hari, hal ini bisa menyebabkan beberapa masalah kesehatan mulai dari pembentukan batu ginjal, serangan jantung, sampai merusak daya tahan tubuh. Duh...

Beauties, itu dia daftar makanan berbahaya jika dicampurkan. Memang keempatnya bisa menghasilkan rasa enak, tapi jika bisa membahayakan, untuk apa juga bukan?

_________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id