STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

4 Dampak yang Mengintai Jika Rutin Lewatkan Makan Malam, Salah Satunya Bisa Bikin Berat Badan Bertambah Lho!

Shinta Khoiru Nikmah | Beautynesia
Jumat, 29 Oct 2021 20:00 WIB
4 Dampak yang Mengintai Jika Rutin Lewatkan Makan Malam, Salah Satunya Bisa Bikin Berat Badan Bertambah Lho!

Setiap orang pasti mendambakan tubuh yang ideal. Tak heran jika banyak yang melakukan diet super ketat untuk mendapatkan body goals seperti para aktris Korea. Namun sayangnya, masih banyak yang melakukan kesalahan saat diet, salah satunya adalah melewatkan makan malam.

Mereka beranggapan semakin sering melewatkan waktu makan, maka semakin cepat pula berat badan yang turun. Jika kamu sedang melakukannya sekarang, maka kamu harus memperhatikan dampaknya terhadap tubuh. Bukannya semakin langsing, kamu justru menjadi mudah sakit dan menjadi lebih gemuk!

Sebelum benar-benar menjadi petaka, lebih baik kamu simak penjelasan berikut.

Memicu Kenaikan Berat Badan

Memicu kenaikan berat badan
Memicu kenaikan berat badan/ Foto: freepik.com

Jika kamu berpikir sering melewatkan makan malam bisa membuat berat badan cepat turun, maka kamu perlu mengubah pikiran tersebut mulai dari sekarang ya, Beauties. Melewatkan makan malam justru bisa memicu hormon ghrelin mengirimkan sinyal lapar ke otak. Akibatnya kamu merasa sangat lapar di tengah malam dan berakhir kalap memakan makanan tinggi kalori. 

Sekalipun kamu bisa menahan lapar di tengah malam, biasanya kamu akan makan yang banyak di keesokan harinya. Hasilnya, bukan tubuh langsing yang kamu dapat, namun berat badan justru bisa semakin bertambah.

Memicu Naiknya Asam Lambung

Merasa mual
Merasa mual/ Foto: freepik.com

Tidak hanya berpengaruh terhadap penampilan, melewatkan makan malam juga bisa mengganggu kesehatan lho, Beauties. Melewatkan makan malam berarti kamu membiarkan perut kosong semalaman, maka bisa mengakibatkan asam lambung naik dan membuatmu merasa mual.

Tidak hanya itu, melansir dari Health Shots, sebuah penelitian oleh The University of North Carolina, AS, mengatakan bahwa otak bisa bekerja dengan adanya asupan glukosa. Padahal melewatkan makan malam dapat menurunkan kadar gula darah. Hal tersebut juga bisa membuatmu mudah tersinggung, lelah, atau kurang fokus.

Metabolisme Melambat

Metabolisme melambat
Metabolisme melambat/ Foto: freepik.com

Terlalu sering melewatkan makan malam membuat tubuh beradaptasi untuk menahan lapar di jam-jam malam. Akibatnya, metabolisme tubuh akan melambat untuk mengimbangi tubuh menyediakan energi dalam waktu yang lama. 

Perlu kamu tahu, semakin lambat metabolisme tubuh, maka semakin sulit pula kamu menurunkan berat badan. Jadi usahamu menahan lapar agar cepat kurus menjadi sia-sia karena tubuh sudah beradaptasi dengan kebiasaan menahan lapar tersebut.

Menyebabkan Kecemasan

Menyebabkan kecemasan
Menyebabkan kecemasan/ Foto: freepik.com

Dampak lain yang bisa kamu dapatkan dari melewatkan makan malam selain terhadap kinerja tubuh adalah dampak terhadap kesehatan mental. Wah, kok bisa?

Melansir dari Eating Well, ketika kamu melewatkan makan dan membiarkan perut terlalu lama kosong, maka gula darah dalam tubuh akan menurun dan mengakibatkan produksi hormon kortisol naik.

Kortisol, yang biasa disebut sebagai 'hormon stres' dilepaskan untuk mencoba membantu mengatur penurunan gula darah, tetapi juga menciptakan respons stres dalam tubuh. Ini inilah yang membuatmu mudah merasa cemas dan tertekan.

Nah Beauties, mulai sekarang jangan lewatkan makan malam terlalu sering ya.

---------------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE