sign up SIGN UP

4 Jenis Gangguan Kesehatan Mental yang Paling Banyak Menyerang Perempuan dan Penyebabnya

Martatillah Nikita Karin | Beautynesia
Sabtu, 17 Sep 2022 14:30 WIB
4 Jenis Gangguan Kesehatan Mental yang Paling Banyak Menyerang Perempuan dan Penyebabnya
caption

Beauties, memiliki kondisi kesehatan mental yang baik adalah idaman bagi setiap orang. Namun, sebagian orang harus menghadapi permasalahan yang dapat mengganggu kesehatan mentalnya. Nah, ternyata, ada jenis gangguan mental tertentu yang paling banyak ditemui kasusnya pada perempuan.

Yuk, cari tahu apa saja gangguan mental yang paling banyak ditemui pada perempuan yang telah dilansir dari Everyday Health berikut ini!

Depresi

Ilustrasi cemasIlustrasi depresi/ Foto: Freepik/freepik

Adanya masalah hormon mengakibatkan perempuan rentan mengalami depresi. Mulai dari masa remaja, kemudian fase hamil dan melahirkan, dilanjut dengan menopause, menyebabkan banyak pergolakan yang dapat menjadi faktor resiko terjadinya depresi pada perempuan. Hal tersebut yang akhirnya menjadikan perempuan lebih rentan mengalami depresi ketimbang pria menurut penelitian.

Kecemasan dan Fobia Spesifik

perempuan rentan mengalami kecemasan dan gangguan panik
Ilustrasi Cemas/foto: pexels.com/kat-smith

Meskipun perempuan dan pria memiliki kemungkinan yang sama untuk mengalami kondisi kesehatan mental seperti obsesif-kompulsif dan fobia sosial, namun faktanya, lebih banyak perempuan yang mengalami gangguan panik, kecemasan umum, dan fobia spesifik ketimbang pria.

Post Traumatic Stress Disorder (PTSD)

Adanya peristiwa besar yang menyebabkan trauma berkepanjangan bisa menjadi penyebab terjadinya PTSD
Ilustrasi Stress/foto: pexels.com/sofia-alejandra

Saat terjadi masalah, perempuan cenderung akan lebih banyak menggunakan perasaan ketimbang logikanya. Oleh karena itu, tidak jarang akhirnya menimbulkan stres yang berkepanjangan. Apalagi jika peristiwa yang terjadi adalah peristiwa besar seperti kehilangan, kecelakaan, maupun bencana alam. Dampak yang ditimbulkan akan semakin besar sehingga berkemungkinan menjadi faktor resiko terjadinya post traumatic stress disorder atau sebuah sindrom stres setelah terjadinya suatu peristiwa besar.

Gangguan Makan

Adanya keinginan untuk memiliki bentuk tubuh sempurna menyebabkan banyak perempuan mengalami gangguan makan
Ilustrasi Gangguan Makan/foto: freepik.com

Adanya kecenderungan yang melekat mengenai kondisi fisik seorang perempuan yang ideal, banyak yang akhirnya merasa tidak puas dengan kondisi fisiknya sehingga mempengaruhi kondisi kesehatan mentalnya. Sebut saja anoreksia dan bulimia, dua gangguan makan yang paling banyak ditemui pada perempuan. Setidaknya, 85 persen dari semua kasus anoreksia dan bulimia dialami oleh perempuan dan 65 persen ada pada kasus gangguan makan berlebihan yang dialami perempuan.

Mengapa Kesehatan Mental Dapat Dipengaruhi Oleh Gender?

ada banyak faktor yang menyebabkan perempuan rentan mengalami masalah kesehatan mental
Perempuan dan kesehatan mental/foto: pexels.com/shvets-production

Apa yang terjadi pada otak dan kondisi fisik perempuan yang berbeda dengan pria menyebabkan adanya perbedaan gangguan kesehatan mental di antara keduanya. Selain itu, pandangan masyarakat mengenai peran perempuan dalam lingkungannya juga mengambil peran dalam menciptakan stres. Berikut ini penjelasan lebih lanjut:

Kondisi Biologis

Kondisi hormon perempuan memiliki andil dalam perubahan suasana hati. Hal tersebut memainkan peranan penting dalam perubahan suasana hati, maupun pikiran-pikiran yang muncul pada diri perempuan.

Sosial Budaya

Terlepas dari langkah-langkah penerapan kesetaraan gender, perempuan masih menghadapi tantangan dalam hal kekuatan sosial ekonomi, status, posisi dan ketergantungan, yang dapat menjadi faktor risiko terjadinya depresi dan gangguan lainnya.

Adanya peran ganda sebagai pekerja perempuan dan tugas mengurus rumah tangga disinyalir menjadi faktor risiko yang dapat memunculkan stres.  Selain itu, tingginya kasus pelecehan dan kekerasan, perundungan akibat kondisi fisik seperti obesitas, jerawat, bisa menimbulkan stres tertentu. Dalam hal ini, perempuan seringkali dituntut untuk selalu sempurna dan bisa dalam segala hal.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id