STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

4 Kebiasaan yang Bikin Area Bawah Mata Keriput, Ada yang Sering Dilakukan?

Ade Irma Suryani | Beautynesia
Selasa, 01 Nov 2022 15:30 WIB
4 Kebiasaan yang Bikin Area Bawah Mata Keriput, Ada yang Sering Dilakukan?

Siapa pun pasti ingin selalu bisa terlihat awet muda dan jauh dari tanda-tanda penuaan. Akan tetapi, seringkali banyak kebiasaan yang kita lakukan malah membuat wajah kita jadi terlihat boros alias tua. 

Tak hanya di wajah, tanda-tanda penuaan juga bisa terlihat jelas di area bawah mata berupa keriput dan garis-garis halus. Nah, kira-kira apa saja kebiasaan yang menyebabkan area bawah mata keriput? Berikut ulasannya di bawah ini, Beauties!

1. Merokok

Kebiasaan merokok dapat membuat kulit area bawah mata keriput.
Merokok/ Foto: pexels.com/lil artsy 

Selain tidak baik bagi kesehatan tubuh, kebiasaan merokok memang dapat membuat proses penuaan pada kulit menjadi lebih cepat. Termasuk dalam hal ini, juga ikut menyebabkan area bawah mata keriput. 

Pasalnya, zat racun yang terdapat dalam rokok dapat merusak kolagen dan elastin, serta mengurangi suplai darah ke kulit. Karena itu, sebaiknya mulai hentikan kebiasaan merokok dari sekarang. 

2. Sering Mengernyitkan Mata

Sering mengernyitkan mata bisa membuat area bawah mata keriput.
Sering Mengernyitkan Mata/ Foto: pexels.com/Izadora Andrade

Satu lagi kebiasaan yang cukup sering dilakukan saat cuaca sedang terik, yakni mengernyitkan mata! Padahal, keseringan mengernyitkan mata bisa menimbulkan munculnya garis-garis halus dan keriput di area bawah mata.

Keriput tersebut juga akan semakin terlihat jelas dan permanen jika sering dilakukan. Karena itu, di saat akan bepergian di siang terik, jangan lupa untuk selalu membawa kaca mata hitam.

3. Kurang Minum Air Putih

Kurang minum air putih dapat menyebabkan keriput di area bawah mata.
Kurang Minum Air Putih/ Foto: pexels.com/Karolina Grabowska

Sangat penting untuk menjaga kulit agar tetap terhidrasi dengan baik. Pasalnya, kulit yang kering akan rentan mengalami penuaan dini. Hal inilah yang juga terjadi pada area bawah mata.

Bahwa, munculnya kerutan karena hilangnya kelembapan yang ada di lapisan kulit tersebut, alhasil muncullah garis-garis halus. Karena itu, cukupilah kebutuhan air dalam tubuh, agar kulit dapat terhidrasi dengan baik.

4. Kurang Tidur

Kurang tidur dapat membuat keriput di bawah area mata.
Kurang Tidur/ Foto: pexels.com/Ron Lach 

Seperti yang telah banyak diketahui, bahwa kurang tidur memang bisa menyebabkan penuaan dini. Hal ini dikarenakan kulit jadi tidak bisa memproduksi kolagen dalam jumlah yang dibutuhkan, sehingga proses regenerasi kulit pun menjadi terhambat.

Maka tak heran, jika kulit wajah termasuk area bawah mata mengalami tanda-tanda penuaan seperti keriput dan garis halus. Sudah seharusnya mulai dari sekarang untuk berusaha menjaga kualitas tidur dengan baik ya, Beauties!

______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE