sign up SIGN UP

4 Manfaat Minum Kopi di Pagi Hari

utty tuti | Beautynesia
Rabu, 30 Sep 2020 07:30 WIB
4 Manfaat Minum Kopi di Pagi Hari
caption

Siapa di sini yang setiap pagi minum kopi? Untuk kamu yang sudah terbiasa pasti rasanya seperti ada yang kurang jika belum konsumsi minuman berkafein ini. 

Minum kopi di pagi hari memang memberikan efek yang bagi tubuh dan pikiran. Namun untuk yang tidak biasa, akan terasa jantung berdebar, hal ini bisa dilakukan dengan memberikan takaran yang tepat pada kopi yang akan kamu konsumsi.

Lalu, apa saja sih manfaat mengonsumsi kopi setiap pagi? Berikut manfaat mengonsumsi kopi di pagi hari dilansir dari Health.detik.com,

Menghilangkan Rasa Kantuk

 

Kafein pada kopi lebih tinggi daripada tehKafein pada kopi lebih tinggi daripada teh/ Foto: Freepik.com

Siapa yang suka ngantuk di pagi hari? Nah aroma kopi di pagi hari bisa lho ngilangin rasa kantuk kamu. Seduh kopi dan air panas kemudian hirup aromanya, bisa membangkitkan semangat lagi.

Bikin Mood Jadi Bagus

Happy Woman/Pexels.comHappy Woman/Pexels.com

Ada yang pernah merasa mood jelek setelah minum kopi mood kembali baik? Nah, benar banget nih! Kandungan kafein dalam kopi bisa meningkatkan konsentrasi, kewaspadaaan, memperbaiki daya ingat, serta meningkatkan suasana hati.

Sebuah studi di Harvard's School of Public Health pada 2013, melaporkan efek kafein bisa meningkatkan suasana hati rutin mengonsumsi segelas kopi di pagi hari bisa membantu seseorang terhindar dari stres dan depresi. Bahkan nisa menurunkan risiko bunuh diri.

Meningkatkan Performa Olahraga

Artis seksi Pevita Pearce memang banyak digandrungi karena pesona wajah dan bodynya yang menawan. Hal tersebut ia dapatkan dari berolahraga. Salah satu olahraga andalannya adalah yoga. Tidak heran jika Pevita selalu tampil bugar dan awet muda. (Foto: instagram.com/pevpearce)Foto: instagram.com/pevpearce

Minum kopi di pagi hari sebelum olahraga? Boleh saja kok! Bahkan memiliki manfaat lho! Karena kafein alami dalam kopi bisa meningkatkan kinerja fisik, terutama saat olahraga jenis aerobik atau ketahanan.

Eits, tapi jangan terlalu banyak ya! Karena jumlah kafein yang disarankan untuk meningkatkan performa olahraga adalah 2-6 miligram kafein per kilogram berat badan. Jadi, perhatikan kembali kafein yang kamu konsumsi sebelum olahraga.

Menurunkan Risiko Penyakit Kronis

Diare dan sakit perut yang hebat disertai muntah merupakan gejala dari kanker usus besarDiare dan sakit perut yang hebat disertai muntah merupakan gejala dari kanker usus besar/ Foto: Freepik.com

Ladies, konsumsi kopi tiga sampai lima gelas per setiap hari bisa menurunkan risiko penyakit kanker, diabetes tipe 2, penyakit parkinson (kerusakan atau kematian sel saraf di bagian otak), demensia (penurunan daya ingat), dan penyakit hati.

Beberapa ahli mengatakan minum kopi sebagai resep panjang umur alami. Eits, tapi perlu kamu ingat ya, jenis kopi yang sehat adalah kopi hitam tanpa krim, susu, dan gula. 

Jadi, jika ingin mendapatkan manfaat tersebut kamu bisa mulai dengan minum kopi hitam.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id