sign up SIGN UP

4 Resep Minuman Berbahan Alami untuk Lancarkan Menstruasi, Antirepot dan Bisa Dibuat di Rumah!

Natasha Riyandani | Beautynesia
Senin, 09 May 2022 20:00 WIB
4 Resep Minuman Berbahan Alami untuk Lancarkan Menstruasi, Antirepot dan Bisa Dibuat di Rumah!
caption

Walau siklus menstruasi setiap perempuan berbeda, ada yang normal dan tidak lancar, sebagai perempuan menstruasi adalah hal yang ditunggu setiap bulannya. Apabila tak kunjung datang menimbulkan kekhawatiran tersendiri. Tak jarang langsung memeriksakan ke dokter atau melakukan berbagai cara alternatif yang dapat melancarkan menstruasi.

Faktor stres dan kelelahan terkadang menjadi penyebab menstruasi tak lancar. Untuk itu, disarankan melakukan olahraga ringan maupun yoga. Namun, sebagian perempuan memilih mengonsumsi obat-obatan untuk memperlancar menstruasi.

Ada baiknya sebelum memutuskan untuk mengonsumsi obat-obatan, memilih cara yang lebih alami dengan racikan minuman untuk melancarkan menstruasi. Mengutip dari beberapa sumber salah satunya NDTV Food, bahan-bahan alami berikut dinilai dapat membantu memperlancar tamu bulanan. Simak yuk, Beauties!

1. Kunyit

Kunyit berguna untuk memperlancar menstruasi
Kunyit/ Foto: Freepik.com/azerbaijan-stockers

Memiliki manfaat untuk menghangatkan, kunyit menjadi bahan alami yang disarankan. Rempah berwarna kuning ini dipercaya bisa membantu dalam memperlancar menstruasi dan menyeimbangkan hormon. Adapun sifat anti-pasmodik dan anti-inflamasi di dalamnya yang berguna untuk meredakan nyeri saat menstruasi.

Untuk mengonsumsinya, kamu dapat dengan mencampurkan ¼ sendok teh kunyit bubuk, susu, dan madu. Minumlah setiap hari selama beberapa minggu untuk melihat hasilnya.

Lebih simpel, Beauties dapat mengonsumsi Jamu Kunyit Asam sebelum waktu menstruasi. Sehingga, dapat membuat otot lebih rilex dan meredakan nyeri pada tubuh sebelum menstruasi.

2. Jahe

Jahe bermanfaat untuk memperlancar menstruasi
Jahe/ Foto: Freepik.com/jcomp

Mengonsumsi rebusan air jahe dapat menjadi cara untuk melancarkan menstruasi. Beauties, dapat merebus jahe dengan air, sereh, dan madu dalam panci kecil. Lalu, menyaringnya dan minum air rebusan jahe tersebut.

Rasa hangat jahe dinilai dapat mengatur siklus menstruasi dan memperlancar menstruasi yang tidak teratur.

3. Kayu Manis

Kayu manis bermanfaat untuk memperlancar menstruasiKayu Manis/ Foto: Freepik.com/kamranaydinov

Kayu manis dipercaya memiliki manfaat untuk mengatur siklus menstruasi, yakni dengan memberikan efek hangat pada tubuh yang dapat melancarkan hormon datang bulan Beauties.

Cara mengonsumsinya pun cukup mudah, dengan mencampurkan setengah sendok teh bubuk kayu manis dan segelas susu hangat. Selain melancarkan, minuman herbal ini pun dinilai ampuh untuk mengatasi kram saat menstruasi.

4. Pepaya

Pepaya bermanfaat untuk memperlancar menstruasi
Pepaya/ Foto: Freepik.com/jcomp

Menjadi pengobatan rumahan dengan bahan sederhana, bahan satu ini dinilai efektif untuk memperlancar menstruasi. Mengonsumsi pepaya mentah dapat merangsang kontraksi di rahim dan dapat membantu menginduksi menstruasi. Kandungan karoten dalam pepaya dapat merangsang hormon estrogen sehingga menyebabkan haid lebih lancar.

Nah, apabila Beauties sudah melakukan berbagai cara untuk melancarkan menstruasi tapi tak berhasil. Ada baiknya untuk segera memeriksa ke dokter dan mendapat penanganan yang tepat. Selamat mencoba ya!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id