sign up SIGN UP

5 Alasan Pentingnya Body Detox, Bikin Tubuh Terasa Segar dan Ringan

Dian Aprilia | Beautynesia
Jumat, 28 May 2021 19:00 WIB
5 Alasan Pentingnya Body Detox, Bikin Tubuh Terasa Segar dan Ringan
caption

Detoksifikasi tubuh adalah cara untuk membersihkan tubuh dari racun yang masuk karena paparan dari makanan yang dikonsumsi ataupun lingkungan. Cara detoksifikasi tubuh ini bermacam-macam, mulai dari mengonsumsi jus buah dan sayur, menghindari konsumsi gula, garam, kafein, alkohol dan lainnya.

Detoksifikasi tubuh biasanya dilakukan selama 7 hari dengan menerapkan pola hidup yang sehat. Seperti mengonsumsi air lemon setiap pagi, konsumsi jus buah dan sayur, olahraga, meditasi, tidur yang cukup, menikmati hari dan lainnya. Berikut 5 alasan pentingnya body detox yang akan bikin tubuh terasa segar dan ringan:

Paparan Toksin

Paparan toksin
Paparan toksin/pexels.com

Toksin atau racun adalah zat kimia yang terjadi secara alami atau hasil sintetis dari lingkungan. Ada dua jenis racun yang bisa merusak tubuh yakni endotoksin dan eksotoksin.

Endotoksin adalah racun yang diproduksi dalam tubuh saat pengolahan makanan dan proses metabolisme terjadi. Sementara eksotoksin adalah racun dari luar tubuh yang bisa berupa bahan kimia atau mikroba. Racun ini bisa masuk ke tubuh melalui air atau udara yang tercemar.

Ada Kalanya Toksin Tidak Bisa Keluar

Keringat
Keringat/pexels.com

Sebenarnya tubuh sudah dirancang untuk memproses dan mengeluarkan racun melalui berbagai organ. Sehingga racun tubuh dikeluarkan melalui urin, feses, keringat dan juga pernafasan.

Namun, ada kalanya proses tersebut tidak berjalan, sehingga racun mengendap di tubuh. Oleh sebab itu, penting untuk melakukan detoks tubuh secara berkala, guna mendorong toksin tersebut keluar dari tubuh.

Efek Penumpukan Toksin

Sembelit
Sembelit/pexels.com

Toksin yang berkumpul dan mengendap di tubuh bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Seperti halnya penyakit sembelit, wasir, nyeri di perut, endometriosis, asma, jantung, mood tidak stabil, demensia dan lain sebagainya.

Tak hanya itu, toksin juga bisa meninggalkan residu di otak yang menyebabkan OCD, gangguan bipolar, kecemasan, ADHD, depresi dan lain sebagainya

Paparan Patogen dalam Tubuh

virus
Virus/pexels.com

Patogen adalah mikroorganisme parasit yang bisa memicu berbagai penyakit. Ada berbagai jenis mikroorganisme jahat di tubuh manusia, diantaranya adalah virus, bakteri, jamur, dan parasit. Apabila tidak diatasi, mikroorganisme parasit ini juga bisa memicu berbagai penyakit kronis dan berbahaya.

Patogen Menghasilkan Residu di Organ

Organ tubuh
Organ tubuh/pixabay.com

Selain itu, patogen yang menumpuk di tubuh juga bisa menghasilkan residu di berbagai organ tubuh, seperti liver/hati, usus, dan lain sebagainya. Hal ini bisa menyebabkan banyak penyakit dan juga membuat daya tahan tubuh menurun.

Itulah 5 hal yang menjadi alasan pentingnya detoksifikasi tubuh. Dengan melakukannya, kamu bisa terhindar dari penumpukan toksin dan patogen dalam tubuh yang membuatmu rentan mengalami berbagai penyakit.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id