sign up SIGN UP

5 Jus Alami yang Cocok untuk Diet Sehat Turunkan Berat Badan, Yuk Bikin Sendiri!

Budi Rahmah Panjaitan | Beautynesia
Selasa, 09 Nov 2021 15:00 WIB
5 Jus Alami yang Cocok untuk Diet Sehat Turunkan Berat Badan, Yuk Bikin Sendiri!
caption

Berbagai cara dilakukan untuk dapat mewujudkan rencana diet sehat. Salah satu bagian terpenting dari hal tersebut adalah memilih asupan yang pas untuk dikonsumsi. Bukan hanya makanan tetapi juga minuman.

Salah satu jenis minuman yang sudah cukup familier yaitu jus. Jus merupakan ekstrak buah ataupun sayur yang mengandung banyak mineral, vitamin dan fitonutrien. Jus juga diyakini dapat membantu penyerapan nutrisi yang lebih baik.

Dari sekian banyak pilihan jus, beberapa jus alami ini cocok untuk diet sehat. Apa saja?

1. Jus Timun

Jus timun/ Foto: Freepik.com
Jus timun/ Foto: Freepik.com

Jus pertama yang bisa dikonsumsi adalah jus timun. Timun dikenal dengan asupan kalorinya yang rendah dan kandungan air yang banyak di dalamnya. Sebagaimana yang diketahui, dalam proses diet salah satu yang perlu dikurangi adalah asupan kalori.

Oleh karenanya, timun bisa menjadi pilihan yang tepat untuk dijadikan lakukan selama diet. Menjadikan timun sebagai jus, akan membantu mengurangi asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh dan membantu perut agar terasa kenyang lebih lama karena kandungan air yang ada di dalamnya.

2. Jus Semangka

Jus semangka/ Foto: Freepik.com
Jus semangka/ Foto: Freepik.com

Selanjutnya ada jus semangka yang juga baik untuk dikonsumsi saat diet. Dikutip dari Healthline, jus semangka tidak hanya rendah kalori tetapi juga menjadi sumber nutrisi mikro yang menyehatkan jantung karena mengandung potasium, antioksidan, vitamin A dan juga vitamin C.

Semangka memiliki kandungan air yang tinggi, yang dapat membantu menurunkan berat badan dan membuat rasa kenyang lebih lama. Sebuah studi terhadap 33 orang selama 4 minggu dengan memberikan dua cangkir jus semangka segar setiap hari, menunjukkan penurunan berat badan yang signifikan. Tertarik mencobanya?

3. Jus Wortel

Jus wortel/ Foto: Freepik.com
Jus wortel/ Foto: Freepik.com

Sayur yang kerap identik sebagai asupan yang dapat menyehatkan mata ini juga baik untuk diet sehat, lho. Jus wortel merupakan minuman padat nutrisi yang di dalamnya terdapat banyak vitamin A dan karotenoid.

Meminum jus wortel dapat membantu meningkatkan asupan serat dan membuat lebih kenyang sehingga dapat mengontrol nafsu makan. Dikutip dari Healthline, hal ini juga dibuktikan dengan studi selama 8 minggu yang melibatkan 28 pria obesitas, memperlihatkan bahwa mengonsumsi minuman kaya karotenoid setiap hari dapat mengurangi lemak perut yang signifikan.

4. Jus Delima

Jus delima/ Foto: Freepik.com
Jus delima/ Foto: Freepik.com

Tidak hanya enak dan segar, jus delima juga bisa dijadikan minuman sehat rendah kalori yang mendukung penurunan berat badan. Menurut salah satu penelitian yang dilakukan terhadap hewan, menunjukkan bahwa jus delima dapat memblokir kenaikan berat badan pada tikus yang diberi diet tinggi lemak.

Selain itu beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa buah delima bisa membantu mencegah peningkatan gula darah yang bisa meningkatkan rasa lapar. 

5. Jus Lemon Jahe Hijau

Jus lemon jahe/ Foto: Freepik.com
Jus lemon jahe/ Foto: Freepik.com

Nah, satu lagi jus yang juga bisa dikonsumsi untuk usaha diet sehat kamu adalah jus lemon jahe hijau. Lemon bisa menambahkan rasa pada minuman sehingga saat dikonsumsi tetap memberi cita rasa tersendiri.

Sementara itu, beberapa penelitian pada manusia dan hewan menunjukkan bahwa jahe bisa membantu meningkatkan metabolisme, mengurangi nafsu makan dan membantu menurunkan berat badan. Sebagaimana yang diketahui, kelancaran metabolisme adalah salah satu hal yang penting untuk diet.


Our Sister Site

mommyasia.id