sign up SIGN UP

5 Makanan Anti Aging Buat Kamu Awet Muda!

tjitradewi | Jumat, 12 Feb 2021 07:15 WIB
5 Makanan Anti Aging Buat Kamu Awet Muda!
caption

Produk perawatan kulit anti aging makin banyak dilirik oleh mereka yang berusia hampir 30 tahun. Keluhan seperti garis-garis halus, kulit kering, hingga kusam menjadi tanda-tanda adanya penuaan pada kulit. Oleh karena itu, skincare anti aging pun kian laris di pasaran, apalagi yang memiliki kandungan retinol.

Namun sebenarnya memperlambat penuaan kulit tak bisa hanya mengandalkan dari perawatan kulit. Semakin baik pola hidup kamu, dengan berolahraga, diet secara tepat, dan istirahat cukup, sangat berpengaruh terhadap kesehatan kulit.

Meski demikian, ada beberapa makanan yang diyakini mampu memperlambat penuaan kulit. Apa saja makanan anti aging? Dirangkum dari beberapa sumber, ini lima di antaranya!

1. Alpukat

Ilustrasi alpukat
Ilustrasi alpukat (freepik)

Alpukat merupakan buah yang memiliki kandungan lemak baik tinggi. Buah tropis ini juga kaya akan serat, vitamin, dan mineral yang baik untuk tubuh. Selain itu, alpukat juga mengandung komponen unik bernama polyhydroxylated fatty alcohols (PFA). PFA diketahui mampu mencegah inflamasi, melindungi kulit dari sinar Matahari, dan membantu memperbaiki DNA yang rusak.

2. Ikan Kaya Lemak

Ikan salmon
Ikan Salmon (freepik)

Ikan kaya lemak baik, seperti bandeng dan salmon, memiliki kandungan Omega 3 yang berfungsi meningkatkan kesehatan jantung dan mencegah inflamasi. Penelitian lain juga menyebut bahwa Omega 3 mampu memperbaiki jaringan kulit yang rusak akibat paparan sinar Matahari. Kandungan ikan ini juga terbukti mampu meningkatkan elastisitas kulit dan kelembapan kulit.


3. Dark Chocolate

Ilustrasi dark chocolate
Ilustrasi dark chocolate (freepik)

Antioksidan yang terkandung dalam dark chocolate tergolong tinggi, bahkan melebihi kandungan antioksidan pada buah-buahan seperti blueberry dan cranberry. Menurut sejumlah penelitian, dark chocolate mampu menurunkan tekanan darah, meningkatkan sensitivitas insulin, dan meningkatkan elastisitas pembuluh darah. 

Cokelat murni sendiri mengandung antioksidan bernama flavanol yang mampu melindungi kulit dari sinar Matahari. Kandungan ini juga terbukti mampu membuat kulit lebih lembut dan lembap. Jika kamu ingin memakan cokelat, setidaknya pilih cokelat dengan kandungan cocoa 70% agar mendapatkan manfaatnya ya!

4. Tomat

Ilustrasi tomat
Ilustrasi tomat (freepik)

Kandungan likopen yang cukup tinggi pada tomat dikenal memiliki segudang manfaat, seperti menurunkan risiko serangan jantung, stroke, dan kanker prostat. Menurut sejumlah penelitian, likopen juga terbukti mampu memperbaiki kulit akibat sinar Matahari. 

Memasak tomat dengan lemak baik, seperti minyak zaitun, terbukti secara signifikan mampu meningkatkan penyerapan likopen pada tubuh.


5. Delima

Ilustrasi delima
Ilustrasi delima (freepik)

Kandungan antioksidan pada delima terbukti lebih tinggi dibanding green tea. Antioksidan sendiri berfungsi menangkal radikal bebas, di mana hal ini mampu membuat kulit lebih sehat. Melalui sebuah studi, bagian buah delima lainnya dapat membantu memperbaiki kulit yang rusak dan meningkatkan produksi kolagen.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id