sign up SIGN UP

5 Makanan Fermentasi dari Asia yang Kaya Manfaat, Ada dari Indonesia!

Nur Amalina Izzati | Beautynesia
Senin, 19 Sep 2022 07:30 WIB
5 Makanan Fermentasi dari Asia yang Kaya Manfaat, Ada dari Indonesia!
Kimchi makanan khas Korea/Foto: freepik.com/jcomp

Beauties, kalau ngomongin soal makanan, hampir semua di negara Asia pasti memiliki makanan khas yang diolah melalui proses fermentasi. Makanan tersebut terbuat dari fermentasi sayuran, kedelai, dan lain-lain. Meski rasanya kadang tak sesuai bagi beberapa orang, tapi makanan fermentasi memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, lho.

Nah, apa saja, sih, makanan fermentasi dari Asia yang kaya akan manfaat? Yuk, simak selengkapnya berikut ini!

1. Kimchi

Kimchi/Foto: freepik.com/jcomp
Kimchi/Foto: freepik.com/jcomp

Kimchi adalah asinan Korea Selatan dari sawi putih hingga lobak yang difermentasi dengan campuran kecap ikan, bawang putih, jahe, pasta udang, dan bubuk cabai merah. Tak hanya sebagai pelengkap makanan, kimchi juga diolah menjadi sup, nasi goreng dan lain-lain. Melansir dari Web MD, kimchi mengandung beta-karoten dan senyawa antioksidan yang dapat membantu mengurangi risiko stroke, kanker, diabetes, dan penyakit jantung.

2. Natto

Natto/Foto: pexels.com/makafood
Natto/Foto: pexels.com/makafood

Natto merupakan makanan asal Jepang yang terbuat dari fermentasi kedelai. Makanan ini memiliki bau khas, tekstur licin, rasa yang kuat dan sering dikonsumsi untuk sarapan atau camilan sehat. Melansir dari Healthline, natto kaya akan protein dan vitamin K2 untuk kesehatan tulang serta kardiovaskular.

3. Tempe

Tempe/Foto: pexels.com/cottonbro
Tempe/Foto: pexels.com/cottonbro

Makanan fermentasi kedelai lainnya yaitu tempe, yang berasal dari Indonesia. Cara menikmati tempe bisa dikukus, digoreng, ditumis dan lain-lain. Menurut WebMD, tempe cocok untuk para vegan, karena kaya vitamin B12 sebagai sumber protein. Selain itu, tempe memiliki isoflavon atau bahan kimia (fitoestrogen) yang dapat melawan kanker dan antioksidan.

4. Douchi

Douchi/Foto: pinterest.com/daringgourmet
Douchi/Foto: pinterest.com/daringgourmet

Douchi adalah bumbu pasta asal China yang terbuat dari fermentasi kedelai hitam. Di beberapa tempat, douchi digunakan untuk hidangan Sichuan. Dilansir dari SPICEography, douchi mengandung protein, antioksidan, dan mineral yang baik untuk tubuh.

5. Idli

Idli/Foto: thequint.com
Idli/Foto: thequint.com

Di India Selatan dan Sri Lanka, hampir setiap orang menyantap idli sebagai menu sarapan. Kue yang bentuknya mirip serabi ini terbuat dari fermentasi kacang serta beras yang dikukus dan biasanya dimakan dengan kari sayuran pedas. Melansir dari Times of India, idli mengandung protein dan serat yang baik untuk membantu kenyang lebih lama serta dapat melancarkan pencernaan.

Itulah makanan fermentasi dari Asia beserta manfaatnya. Makanan mana aja nih yang sudah kamu coba, Beauties?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id