sign up SIGN UP

5 Manfaat Baik Empaskan Minyak Goreng dari Masakan, Salah Satunya Terhindar dari Obesitas!

aqillah diaz | Beautynesia
Kamis, 17 Mar 2022 06:15 WIB
5 Manfaat Baik Empaskan Minyak Goreng dari Masakan, Salah Satunya Terhindar dari Obesitas!
caption

Kondisi minyak goreng yang semakin hari semakin langka mengingat minyak goreng juga merupakan salah satu bahan pokok dan hal ini membuat masyarakat semakin resah. Tak hanya itu, hal ini juga terlihat dari banyaknya masyarakat yang berebut minyak goreng dan pembelian minyak goreng juga dibatasi.

Dilansir dari detikfinance, minyak goreng masih susah untuk ditemukan, bahkan di beberapa minimarket stok minyak habis sudah habis dan minyak goreng dikirim hanya dua hingga tiga hari sekali. Bahkan tiap minimarket hanya dikirim satu hingga dua karton saja.

Di balik langkanya minyak goreng, masakan yang dibuat dengan minyak goreng justru akan menambahkan banyak kalori ke dalam makanan. Belum lagi jika makanan yang digoreng dilapisi dengan adonan atau tepung sebelum digoreng.

Sudah terbayang belum sebanyak apa kalori yang akan masuk ke tubuhmu? Nah, oleh karena itu ternyata terdapat manfaat baik tidak menggunakan minyak goreng untuk masakan. Penasaran kan? Berikut penjelasannya, Beauties!

1. Mengurangi Kadar Kolesterol Jahat

Mengurangi Kadar Kolesterol Jahat / foto : pexels.com/RonLach
Mengurangi Kadar Kolesterol Jahat / foto : pexels.com/RonLach

Makanan yang dibuat dengan proses menggunakan minyak goreng dapat menyebabkan kolesterol. Dilansir dari detikFood, jika kamu menggunakan minyak secara berulang kali, maka hal tersebut dapat meningkatkan kolesterol jahat dalam tubuh dan dapat memicu penyakit jantung. Hal tersebut dapat menyebabkan minyak membentuk plak aterosklerosis di tubuh maupun di pembuluh darah.

Oleh karena itu, dengan mengurangi konsumsi makanan yang mengandung minyak goreng tentunya hal ini dapat membantu mengurangi terkena risiko penyakit, termasuk mengurangi kadar kolesterol jahat. 

2. Terhindar dari Obesitas

Terhindar dari Obesitas / foto : pexels.com/ShvetsProduction
Terhindar dari Obesitas / foto : pexels.com/ShvetsProduction

Dilansir dari detikHealth makanan yang mengandung minyak cenderung dapat menyebabkan seseorang bertambah berat badan. Nah, kalau kamu ingin memiliki berat badan ideal, sebaiknya hindari minyak goreng.

Hal ini dikarenakan makanan yang mengandung minyak dapat menyebabkan obesitas dan meningkatnya berat badan. Apalagi jika kamu sudah mengonsumsi makanan fast food goreng dapat meningkatkan berat badan secara drastis. Hal ini dikarenakan minyak goreng memiliki kandungan lemak jenuh yang tinggi apalagi jika minyak tersebut digunakan secara berkala, maka lemak jenuh juga akan meningkat.

3. Mengurangi Risiko Diabetes

Mengurangi Risiko Diabetes / foto : pexels.com/PhotoMIXCompany
Mengurangi Risiko Diabetes / foto : pexels.com/PhotoMIXCompany

Mengonsumsi gorengan dan makanan berminyak dapat menyebabkan meningkatnya asupan kalori, menambah berat badan, meningkatnya gula darah, bahkan dapat meningkatkan peradangan. Tentunya hal ini akan memicu seseorang untuk terkena diabetes tibe 2 dan sindrom metabolik.

Oleh karena itu, jika kamu tidak ingin kesehatan tubuh menurun maka sebaiknya kurangi konsumsi makanan berminyak ya, Beauties.

4. Terhindar dari Munculnya Jerawat

Terhindar dari Munculnya Jerawat / foto : pexels.com/AnnaNekrashevich
Terhindar dari Munculnya Jerawat / foto : pexels.com/AnnaNekrashevich

Nah, manfaat baik dari tidak mengonsumsi makanan yang mengandung minyak berikutnya adalah dapat terhindar dari jerawat. Melansir dari detikFood, makanan berminyak dapat meningkatkan risiko munculnya jerawat. Hal ini dikarenakan makanan yang mengandung banyak minyak dapat merangsang kelenjar minyak pada kulit, sehingga kulit dapat menutupi pori-pori dan dapat menjadi awal munculnya jerawat.

Makanan berminyak juga mengandung gula, sehingga gula dan lemak berlebih juga dapat meningkatkan peradangan dalam tubuh dan jerawat akan susah sembuh dan hal ini juga dapat memicu permasalahan kulit lainnya. Kamu yang sedang jerawatan, boleh lho mencoba mengurangi penggunaan minyak goreng dalam keseharian!

5. Menurunkan Risiko Kanker

Menurunkan Risiko Kanker / foto : pexels.com/KlausNielsen
Menurunkan Risiko Kanker / foto : pexels.com/KlausNielsen

Pola makan seseorang tentunya dapat berdampak pada kesehatan tubuh, terlebih lagi jika makanan yang dikonsumsi mengandung banyak minyak. Dilansir dari detikHealth, salah satu hal yang diakibatkan oleh makanan dengan kandungan banyak minyak adalah munculnya risiko penyakit kanker, seperti kanker payudara, kanker paru, atau kanker usus besar.

Sebaiknya, batasi asupan makanan yang kaya akan minyak karena mengandung lemak jenuh yang tidak baik untuk tubuh. Hindari juga makanan yang mengandung lemak trans, serta pilihlah makanan yang memiliki kandungan lemak yang menyehatkan. 

Itulah beberapa manfaat baik hempaskan minyak goreng dari makanan. Dan, tentunya kamu bisa memasak dengan berbagai alternatif lain, seperti merebus, kukus, panggang, dan lainnya. Tetap selalu jaga kesehatan tubuh ya, Beauties!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id