sign up SIGN UP

5 Ragam Manfaat Miliki Pola Tidur yang Cukup Setiap Harinya, Termasuk Bikin Berat Badan Ideal!

Cynthia Claudia | Beautynesia
Rabu, 23 Mar 2022 08:00 WIB
5 Ragam Manfaat Miliki Pola Tidur yang Cukup Setiap Harinya, Termasuk Bikin Berat Badan Ideal!
caption

Tidur merupakan kegiatan beristirahat yang dilakukan setiap dari kita di malam hari setelah lelah beraktivitas seharian. Masih banyak dari kita yang seringkali gagal memahami pentingnya tidur berkualitas setiap hari.

Menurut WebMD, orang dewasa memerlukan 7-9 jam tidur per hari. Sementara bayi dan anak-anak memerlukan jam tidur yang lebih panjang dibandingkan orang dewasa.

Apa saja ya manfaat memiliki pola tidur yang cukup? Berikut adalah manfaat jika memiliki pola tidur yang cukup bagi kesehatan tubuh dalam jangka panjang. Simak yuk!

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

pola tidur
pola tidur/ Foto: Pexels.com/ Garon Piceli

Memiliki pola tidur yang baik dan cukup berperan dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Peningkatan daya tahan tubuh akan membantu membunuh infeksi kuman secara maksimal, sehingga tubuh tidak akan mudah terserang penyakit. 

2. Menjaga Berat Badan 

pola tidur
pola tidur/ Foto: Pexels.com/ Ketut Subiyanto

Istirahat yang cukup setiap hari juga berperan dalam menjaga berat badan agar tetap ideal. Melansir dari Healthline, kurang tidur dapat mengganggu keseimbangan hormon yang mengatur nafsu makan. 

Maka, orang-orang yang kurang tidur biasanya mengonsumsi lebih banyak makanan, sehingga asupan kalorinya juga meningkat dan berpotensi meningkatkan berat badan.

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung  

pola tidur
pola tidur/ Foto: Pexels.com/ Pixabay

Memiliki pola tidur yang cukup juga bermanfaat dalam meningkatkan kesehatan jantung. Melansir BUPA, tubuh ketika tidur akan mengeluarkan hormon yang menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Tekanan darah juga menjadi stabil ketika jantung dan pembuluh darah beristirahat saat tidur.

Maka, waktu tidur yang kurang bisa berakibat buruk bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah dalam jangka panjang, apalagi bagi pengidap penyakit tekanan darah tinggi atau penyakit jantung.

4. Meningkatkan Suasana Hati 

pola tidur
pola tidur/ Foto: Pexels.com/ Just Name

Pola tidur yang berkualitas biasanya akan menjernihkan pikiran dan mengembalikan suasana hati yang kurang baik. Dengan begitu, Beauties akan lebih maksimal ketika menjalani aktivitas harian. 

Ini terjadi karena emosi dan pikiran akan diproses otak dengan baik ketika tidur. Penelitian dari Hopkins Medicine juga menunjukkan bahwa orang yang memiliki gangguan tidur biasanya lebih rentan mengalami gangguan kecemasan atau depresi.

5. Mempertajam Daya Ingat 

pola tidur
pola tidur/ Foto: Freepik.com

Pola tidur yang cukup berkontribusi mempertajam daya ingat seseorang. Tanpa tidur yang cukup, otak akan sulit menerima  dan mengingat informasi baru dengan baik. 

Apalagi jika istirahat dilakukan setelah belajar, maka akan membantu dalam memproses informasi dengan baik. Maka, penting untuk istirahat yang cukup ketika Beauties sedang belajar untuk ujian di malam hari. 

Beauties, itu da deretan manfaat memiliki pola tidur yang cukup dan baik. Sederhana hanya tidur saja, tapi penuh manfaat ya!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id