sign up SIGN UP

Dampak dari Sering Tidur dengan Kondisi TV Menyala, Sebaiknya Jangan Dilanjutkan Lagi Ya!

Fina Prichilia | Beautynesia
Selasa, 22 Mar 2022 22:15 WIB
Dampak dari Sering Tidur dengan Kondisi TV Menyala, Sebaiknya Jangan Dilanjutkan Lagi Ya!
caption
Jakarta -

Tak sedikit orang yang kerap tidur dengan kondisi TV menyala. Alasannya bisa karena ketiduran atau memang sudah terbiasa melakukannya.

Rupanya jika kamu ingin memiliki tidur yang berkualitas, maka harus menghentikannya, Beauties. Itu karena paparan cahaya biru TV yang bisa memengaruhi otak.

Memengaruhi yang bagaimana dan apa lagi bahaya yang bisa ditimbulkan? Berikut selengkapnya dirangkum dari berbagai sumber:

Alam Bawah Sadar Masih Aktif

binge watching menyebabkan gangguan tidurBinge watching menyebabkan gangguan tidur/Foto: Freepik/Amenic181/

Menurut Psikiater Amelia Alvin, MD di Mayo Clinic seperti dikutip dari laman Eat This, tidur dalam kondisi TV menyala membuat otak masih dapat menerima informasi yang dari TV. Sehingga, otak kamu sebenarnya tidak beristirahat karena masih bekerja memproses berita itu.

Hal ini kemudian bisa memengaruhi kondisi kesehatan fisik dan mental. Kamu pun juga sangat mungkin tidur dalam kondisi gelisah dan tidak nyenyak.

Tingkat Melatonin Menurun

Tubuh memproduksi hormon melatonin, yakni sinyal untuk bersiap-siap tidur. Rupanya, cahaya biru dari TV dan gadget lainnya bisa merusak jam internal tubuh serta menekan produksi melatonin, Beauties.

Alhasil, otak akan 'bingung' dan membaca bahwa ini waktunya siang hari atau waktu untuk bekerja. Karenanya kamu jadi sulit untuk tidur dengan jam normal, juga secara berkualitas.

Nah, mungkin kamu jadi ingat betul kan ketika scrolling timeline media sosial, tapi tidak juga kunjung mengantuk?

Berbagai Gangguan Kesehatan Mengintai

varian Delta Plus akan terjadi gejala lain seperti sakit kepalaIlustrasi sakit kepala karena kurang tidur. / Foto: Freepik/ Jcomp/

Kurang tidur merupakan kondisi yang sebaiknya tidak disepelekan. Kenapa? Pasalnya mengutip Healthline, kamu berisiko tinggi mengalami berbagai gangguan kesehatan seperti tekanan darah tinggi, kekebalan tubuh melemah, serta kelelahan dan sulit konsentrasi keesokan harinya.

Karenanya, sebaiknya kita tidak membiasakan hal tersebut lagi ya, Beauties. Aturlah kondisi kamar dalam kondisi gelap ketika akan tidur, karena otak akan membacanya sebagai waktu untuk beristirahat. Kamu pun jadi bisa tidur dengan nyenyak dan dapat tampil segar untuk beraktivitas keesokan harinya.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id