sign up SIGN UP

5 Rekomendasi Aplikasi Pelacak Menstruasi di HP, Agar Kamu Mengenal Diri Lebih Baik!

Aulia Septia Wati | Beautynesia
Sabtu, 14 May 2022 13:30 WIB
5 Rekomendasi Aplikasi Pelacak Menstruasi di HP, Agar Kamu Mengenal Diri Lebih Baik!
caption

Beauties, sebagai perempuan, bagaimana jika suatu saat menstruasi kamu datang, padahal kamu merasa itu belum waktunya terjadi dan kamu belum mempersiapkan kebutuhan menstruasi kamu? Atau sebaliknya, bagaimana jika suatu saat menstruasi kamu tak kunjung datang, padahal menurut perhitunganmu itu sudah lewat lebih dari seminggu?

Nah, kejadian semacam itu merupakan salah satu problematika menstruasi yang tak jarang dialami oleh banyak perempuan. Menstruasi, meskipun terjadi dalam siklus rutin dalam jangka waktu rata-rata selama satu bulan nyatanya bisa dipengaruhi oleh berbagai faktor. Mulai dari usia, pola makan, sampai kondisi mental seseorang.

Karena itulah tiap perempuan mempunyai pola siklus menstruasinya masing-masing. Dalam hal ini, kita sudah seharusnya bisa mengenal pola kita sendiri, Beauties. Salah satu hal yang wajib kita lakukan adalah dengan melacak siklus menstruasi kita. Tidak hanya dalam satu siklus, melainkan sebanyak mungkin siklus yang sudah dialami selama ini. 

Aplikasi pelacak menstruasi
Gejala menstruasi/pexels/Sora Shimazaki

Di era kemajuan teknologi sekarang ini, kita bisa melacak siklus menstruasi lewat ponsel lho, Beauties. Yup, dengan aplikasi pelacak menstruasi, kita tidak perlu repot menghitung siklus kita secara manual.

Menggunakan aplikasi semacam ini akan membantu kita mengenali diri sendiri, karena banyak aplikasi yang memiliki fitur untuk mencatat gejala dan faktor lain yang bisa mempengaruhi menstruasi.

Dilansir dari Ruby Cup, beberapa alasan aplikasi pelacak menstruasi dapat membantu kita adalah:

  • Aplikasi tidak hanya memprediksi jadwal menstruasi, namun juga melacak seluruh siklus dan faktor-faktor yang mempengaruhinya.
  • Aplikasi bisa dipersonalisasikan dengan faktor  pengaruh sesuai gaya hidup kita masing-masing.
  • Aplikasi bisa menjadi acuan kapan kita harus mencari bantuan medis serta melaporkan hasil pelacakan menstruasi kita.

Setelah mengetahui manfaat tersebut, berikut beberapa rekomendasi aplikasi pelacak menstruasi yang bisa kamu miliki di HP.

1. Flo 

Aplikasi pelacak menstruasi
Flo/Google Play

Sejak dirilis pada tahun 2016, Flo telah didownload oleh lebih dari 50 juta pengguna di Play Store. Flo mempunyai pengaturan sistem yang memudahkan pengguna untuk menggunakan fiturnya dengan nyaman. Selain itu, dari segi tampilan flo juga memberi kesempatan agar kita bisa memilih tema yang disukai.

Secara umum, Flo menawarkan tiga mode untuk penggunaannya, yaitu mode pelacak siklus, mode rencana kehamilan, dan mode pelacak kehamilan. Fitur lain yang tersedia yaitu health assistant yang bisa membantu kita memahami siklus, serta secret chats yang memungkinkan penggunanya untuk membagikan pengalaman dan ceritanya kepada perempuan lain di komunitas.

2. My Calendar 

Aplikasi pelacak menstruasi
My Calendar/Google Play

My Calendar telah dirilis di Play Store sejak Maret 2012. Hingga sekarang, aplikasi ini telah didownload oleh 100 juta pengguna. Sebagaimana pelacak menstruasi lainnya, My Calendar membantu pengguna untuk melacak jadwal menstruasi, siklus, masa subur dan kemungkinan untuk pembuahan.

My Calendar juga bisa membantu kita penggunanya jika ingin mengurangi berat badan, pengingat konsumsi kontrasepsi, dan melacak gejala serta suasana hati. Dengan tampilan yang menarik dan lucu, My Calendar bisa menjadi pilihan kamu untuk membantu melacak siklus-mu.

3. MeetYou 

Aplikasi pelacak menstruasi
Meet You/Google Play

Di Play Store, aplikasi ini tergolong baru karena baru dirilis pada Februari 2022 lalu. Sejak saat itu MeetYou telah didownload oleh sebanyak 1 juta pengguna. MeetYou memiliki tampilan yang elegan, namun tetap sederhana dan mudah dipahami.

Fitur yang ditawarkan di antaranya prediksi jadwal menstruasi dan masa subur, pencatatan siklus, aliran menstruasi, PMS, emosi, olahraga, dan sebagainya. Selain itu, MeetYou juga dapat membantu pengguna yang sedang mempersiapkan kehamilan. Yang tak kalah penting, pengguna juga bisa terbantu dengan adanya rekomendasi medis.

4. Halodoc 

Aplikasi pelacak menstruasi
Halodoc/Google Play

Kalau kamu menginginkan aplikasi yang terintegrasi dengan aplikasi penunjang Kesehatan lain, kamu bisa melacak siklus menstruasi kamu di aplikasi Halodoc. Yup, Halodoc sebenarnya merupakan aplikasi yang menyediakan layanan untuk konsultasi dengan dokter. Melalui aplikasi ini pengguna bisa berkonsultasi, mengatur jadwal dengan dokter sampai membeli obat-obatan.

Selain itu, aplikasi Halodoc juga memberikan fitur pencatatan menstruasi yang dapat diakses penggunanya. Meskipun lebih sederhana daripada aplikasi pelacak siklus menstruasi, kelebihan dari Halodoc adalah kamu bisa langsung berkonsultasi dengan dokter jika terjadi sesuatu.

5. Pinkbird 

Aplikasi pelacak menstruasi
Pink Bird/Google Play

Rekomendasi aplikasi pelacak menstruasi adalah PinkBird. Secara umum, PinkBird menyediakan fitur seperti aplikasi pelacak menstruasi lainnya, yaitu melacak jadwal, gejala, suasana hati, hingga ciri pendarahan yang terjadi. Selain itu, PinkBird juga bisa membantu mengingatkan konsumsi pil kontrasepsi.

Demikian Beauties beberapa aplikasi yang dapat kamu gunakan untuk membantumu melacak siklus menstruasi. Karena aplikasi-aplikasi tersebut membutuhkan penyimpanan yang relatif sedikit, kamu tidak perlu takut memori HP-mu akan habis. Semoga bermanfaat.    

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

 

 

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id