sign up SIGN UP

5 Rekomendasi Makanan yang Dipercaya Bisa Menangkal Depresi

Vindi Fitriana | Beautynesia
Rabu, 13 May 2020 04:00 WIB
5 Rekomendasi Makanan yang Dipercaya Bisa Menangkal Depresi
caption
Depresi bisa menyerang siapa saja, bahkan tanpa disadari sekalipun. Penyebabnya beragam, mulai dari masalah di pekerjaan, keluarga, lingkungan, dan sebagainya. Supaya kamu bisa terhindar dari depresi coba konsumsi makanan di bawah ini.

Banyaknya beban pikiran dari berbagai masalah yang dialami oleh seseorang bisa membuatnya menjadi depresi. Apalagi di tengah pandemi COVID-19 ini. Berbagai kemungkinan bisa terjadi kalau kamu sudah mengalami depresi, salah satunya kemungkinan untuk mengakhiri hidup.

Tentu, hal tersebut tidak ada yang menginginkan. Untuk mencegah depresi tersebut, kamu bisa mulai dengan membagi cerita dan masalah kepada teman yang kamu percaya. Lakukan juga apa yang membuat kamu bahagia, seperti hobi. Adapun hal mudah lainnya adalah mengonsumsi makanan sehat. 

Ya, makanan sehat dipercaya bisa menangkal depresi yang ada. Berikut rekomendasinya dari Beautynesia.


1. Konsumsi Yogurt




Foto: https://image.freepik.com/

Yogurt mengandung probiotik yang dipercaya dapat membantu tubuh dalam memerangi depresi. Yogurt kaya akan Lactobacillus yang dapat meningkatkan mood seseorang dan membantu mengatasi gangguan depresi. Lactobacillus itu sendiri merupakan bakteri baik ini membantu untuk menyeimbangkan kadar kynurenine dalam darah. Jika bakteri baik di usus meningkat maka tingkat depresi akan menurun.


2. Brokoli




 


Foto: https://www.instagram.com/draytulgencer/

Brokoli memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Tak hanya itu saja, kandungan asam folat pada brokoli dapat membuat pikiran menjadi lebih rileks, dan menyembuhkan sindrom panik bagi mereka yang mengalami depresi berat. Komponen tersebut juga dapat membuat kita tak mudah terserang stres, sehingga bisa terhindar dari depresi.


3. Jamur




Foto: https://image.freepik.com

Agar kamu terhindar dari depresi, kamu perlu mengkonsumsi jamur. Kamu bisa mengolahnya dengan cara menumisnya. Jamur dipercaya dapat membuat kadar gula darah pada tubuh lebih stabil.

Selain itu Jamur diperkaya oleh probiotik yang mendukung ekosistem bakteri baik dalam usus. Karena sel-sel saraf dalam usus memproduksi 80-90 persen dari serotonin tubuh. Sehingga dapat membuat suasanamu menjadi bahagia dan terhindar dari depresi. Tapi tentu
nya kamu mengkonsumsinya jangan berlebihan ya.

 


4. Alpukat




Foto: https://image.freepik.com

Alpukat mengandung lemak sehat yang diperlukan untuk otakmu agar dapat berfungsi dengan baik. Diperkaya oleh glutathione, suatu zat yang secara khusus memblokir penyerapan lemak tertentu dalam usus yang menyebabkan kerusakan oksidatif, alpukat juga mengandung lutein, beta karoten, vitamin K, vitamin B(B9, B6,B5), vitamin C dan E12.dan folat yang lebih banyak dibanding buah lainnya.

Ketika suasana hatimu sedang kacau, kamu perlu menjernihkan pikiran dengan mengonsumsi alpukat. Tapi jangan berlebihan ya! Karena alpukat memiliki kalori yang cukup tinggi, Ladies!


5. Tomat




Terakhir agar kamu terhindar dari depresi adalah dengan mengkonsumsi tomat. Kamu bisa mengolah tomat sebagai jus pada pagi hari sebelum memulai sarapan. Tanpa kamu sadari bahwa tomat mengandung banyak asam folat, asam alpha dan lipoic yang mampu mengatasi depresi.
 


(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id