sign up SIGN UP

5 Risiko Kesehatan di Balik Perut Buncit yang Kamu Miliki, Atasi Selagi Muda!

Ade Irma Suryani | Selasa, 11 Jan 2022 08:00 WIB
5 Risiko Kesehatan di Balik Perut Buncit yang Kamu Miliki, Atasi Selagi Muda!
caption

Perut buncit memang bisa membuat penampilan seseorang menjadi terlihat tidak menarik. Namun, di samping itu, perut buncit juga bisa menimbulkan masalah bagi kesehatan.

Ada beberapa risiko kesehatan yang disebabkan oleh perut buncit. Apa saja kira-kira? Simak informasinya di bawah ini, Beauties!

1. Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah

Bahaya dari perut bisa mengakibatkan penyakit jantung dan pembuluh darah.
Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah/ Foto: freepik.com/shayne_ch13 

Tahukah Beauties, ternyata risiko dari perut buncit bisa berakibat terkena penyakit jantung dan pembuluh darah, lho. Hal ini lantaran lemak jahat yang tersimpan di dalam perut dapat menyebar dan menyumbat pembuluh darah jantung itu sendiri. 

Di samping itu, lemak jahat tersebut juga aktif memproduksi sel sitokin, yaitu seperti tumor necrosis factor dan interleukin 6 yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan pembuluh darah. Karena itulah Beauties, jangan anggap remeh persoalan perut buncit ini ya!

2. Diabetes

Perut buncit juga bisa beresiko terkena diabetes.
Diabetes/ Foto: freepik.com/rawpixel.com

Kelebihan lemak di perut juga berisiko menyebabkan penyakit diabetes. Hal ini dikarenakan lemak yang berlebih tersebut dapat melemahkan fungsi insulin dalam mengontrol gula darah, sehingga dapat memicu terkena diabetes. 

Sementara itu, seiring berjalannya waktu, komplikasi dari diabetes juga dapat menyebabkan masalah seperti gangguan penglihatan, gangguan saraf, dan ginjal. Hmm, mengingat risiko dari perut buncit, sudah sepatutnya kamu perlu menurunkan sedikit berat badan Beauties!

3. Hipertensi

Perut buncit juga beresiko terkena hipertensi.
Hipertensi/ Foto: freepik.com/senivpetro 

Salah satu bahaya perut buncit juga dapat menyebabkan tekanan darah atau hipertensi lho, Beauties. Akibat lemak yang berlebih tersebut dapat mengakibatkan penyumbatan pembuluh darah, sehingga menyebabkan hipertensi. 

Menurut American College of Cardiology, orang dengan perut buncit diketahui memiliki risiko terkena hipertensi lebih besar 22 persen dibandingkan yang tidak memiliki perut buncit. Wah, sama sekali tidak boleh dianggap sepele ya!

4. Penyakit Hati

Perut buncit beresiko terkena penyakit hati.
Penyakit Hati/ Foto: freepik.com/jcomp 

Risiko perut buncit selanjutnya ialah dapat menyebabkan penyakit hati. Hal ini dapat terjadi lantaran lemak berlebih bisa menumpuk di hati dan merusak hati. Oleh karena itu Beauties, sebaiknya mulailah untuk memperhatikan ukuran lingkar perutmu dari sekarang!

5. Demensia

Perut buncit beresiko terkena demensia.
Demensia/ Foto: freepik.com/freepik 

Ternyata, bahaya perut buncit lainnya juga bisa mengganggu fungsi kognitif otak lho! Hal ini bisa menyebabkan seseorang menjadi demensia atau mengalami penyakit pikun seperti alzheimer. 

Nah Beauties, ada begitu banyak risiko kesehatan yang disebabkan oleh perut buncit. Karena itu, penting bagimu dari sekarang untuk mengatur pola makan secara sehat, membatasi makanan yang mengandung kalori, dan rutin berolahraga. Karena, masalah ini bisa menyerang siapa saja, termasuk kamu yang masih berusia muda!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id