sign up SIGN UP

5 Tanda Gangguan Hormon Pada Wanita, Harus Waspada!

Lifia Mawaddah Putri | Beautynesia
Kamis, 06 May 2021 16:00 WIB
5 Tanda Gangguan Hormon Pada Wanita, Harus Waspada!
caption

Hormon adalah bahan kimia yang diproduksi oleh kelenjar dalam sistem endoktrin dan dilepaskan ke aliran darah. Apabila hormon tersebut tidak seimbang, kondisi ini dapat menyebabkan berbagai gejala yang enggak diinginkan.

Sayangnya, enggak banyak wanita yang menyadari kondisi ini. Padahal, ketidakseimbangan hormon dapat menyebabkan penyakit yang berbahaya lho!

Berikut ini, Beautynesia.id sudah merangkum 5 tanda kamu mengalami hormon yang tidak seimbang. Jika mengalaminya, jangan ragu untuk konsultasi ke dokter ya.

Kenaikan Berat Badan

Kenaikan berat badan bukan hanya terjadi karena terlalu banyak mengonsumsi lemak lho.
Berat Badan/freepik.com

Kenaikan berat badan bukan hanya terjadi karena terlalu banyak mengonsumsi lemak lho. Ketika kamu mengalami ketidakseimbangan hormon, berat badan akan mengalami kenaikan. Hal ini disebabkan karena tiroid yang kurang aktif, sindrom ovarium polikistik, dan menopause. Kondisi-kondisi inilah yang menyebabkan perubahan hormonal yang membuatmu cenderung mengalami kenaikan berat badan di sekitar perut.

Nyeri Saat Menstruasi

Nyeri saat menstruasi cukup sering dialami oleh kebanyakan wanita. Namun kondisi ini enggak bisa kamu abaikan. Sebab, ini bisa jadi merupakan tanda bahwa hormon-mu tidak seimbang. Selain nyeri saat menstruasi, ketidakseimbangan hormon juga dapat ditandai dengan gangguan siklus haid. Jadi jika kamu mengalami sikslus haid yang berantakan dan cenderung mengalami nyeri, jangan ragu untuk mengunjungi dokter ya.

Mengalami Gangguan Tidur

Selama masa perimenopause dan menopause, ovarium secara bertahap akan memproduksi lebih sedikit estrogen dan progesterone yang membuat kita mengantuk.
Insomnia/freepik.com

Selama masa perimenopause dan menopause, ovarium secara bertahap akan memproduksi lebih sedikit estrogen dan progesterone yang membuat kita mengantuk. Nah, kadar estrogen yang menurun juga dapat menyebabkan keringat di malam hari dan membuatmu enggak nyaman saat tidur. Hal inilah yang menyebabkan kelelahan dan kekurangan energi. Jadi saat hormon tidak seimbang kamu akan merasa lelah dan lemas karena mengalami gangguan tidur.

Pertumbuhan Rambut

Sebagian wanita memang memiliki bulu kaki atau tangan yang cukup lebat. Bahkan, ada pula perempuan yang memiliki kumis tipis. Pertumbuhan rambut ini enggak bisa kamu anggap biasa ya, Beautynesian. Sebab bisa jadi ini adalah tanda bahwa hormon-mu tidak seimbang. Apalagi jika pertumbuhan rambut ini sangat cepat.

Perubahan Kondisi Kulit

Tanda ketidakseimbangan hormon juga bisa terlihat dari kondisi kesehatan kulitmu. Jika kulitmu kering dan berjerawat, ini juga merupakan tanda bahwa hormon-mu tidak seimbang.
Penuaan Dini/freepik.com

Tanda ketidakseimbangan hormon juga bisa terlihat dari kondisi kesehatan kulitmu. Jika kulitmu kering dan berjerawat, ini juga merupakan tanda bahwa hormon-mu tidak seimbang. Hal ini disebabkan karena kadar estrogen dan progesterone yang rendah. Selain itu, hal ini juga terjadi karena kadar androgen yang tinggi.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id