sign up SIGN UP

5 Tips Jaga Kesehatan Mata Selama Belajar dan Kerja dari Rumah

Dian Aprilia | Beautynesia
Jumat, 13 Aug 2021 12:02 WIB
5 Tips Jaga Kesehatan Mata Selama Belajar dan Kerja dari Rumah
caption

Di masa pandemi, banyak aktivitas di luar rumah yang dibatasi sehingga menuntut kita untuk mengakses gadget lebih lama. Baik untuk belajar daring atau kuliah online maupun work from home. Aktivitas penggunaan gadget yang terlalu lama juga bisa berpengaruh terhadap kesehatan mata.

Hal ini disebabkan karena saat menggunakan gadget, mata jadi mudah kering karena jarang berkedip dan membuat mata mudah lelah. Belum lagi bahaya radiasi dari layar komputer atau gadget. Berikut beautynesia.id telah merangkum 5 tips jaga kesehatan mata saat belajar daring:

Konsumsi Makanan Bergizi

Kesehatan mata
Kesehatan mata/pexels.com/destiawan nur agustra

Cara menjaga kesehatan mata dari dalam tubuh adalah mengonsumsi makanan yang bergizi. Tak bisa dipungkiri bahwa makanan memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap kesehatan fisik termasuk mata.

Jadi bagi kamu yang memiliki aktivitas padat pada saat penggunaan gadget, seperti halnya kuliah online, belajar daring, berkomunikasi dengan teman-teman dan lainnya maka perlu diimbangi dengan konsumsi makanan yang sehat.

Konsumsi makanan yang bagus untuk kesehatan mata adalah makanan yang mengandung vitamin A, C, dan E. Kandungan tersebut terdapat dalam sayuran berdaun hijau, buah-buahan yang asam dan berbagai jenis ikan. Contohnya adalah wortel, tomat, salmon, telur, dan lainnya.

Atur Kecerahan Layar Monitor

Cara menjaga kesehatan mata selanjutnya adalah mengatur kecerahan layar monitor agar tak membuat mata mudah lelah. Atur agar kecerahan layar monitor baik pada ponsel ataupun monitor sama dengan kecerahan di sekitar tempatmu bekerja atau belajar.

Selain itu, kamu juga bisa mengatur kontras warna teks atau gambar di layar monitor yang cenderung nyaman dipandang oleh mata. Misalnya dengan menerapkan mode gelap pada website, sehingga tampilan latar belakang jadi hitam dan tulisan berwarna putih. Hal ini bisa kamu terapkan saat belajar daring, WFH, atau kuliah online.

Istirahatkan Mata

Kesehatan mata
Kesehatan mata/pexels.com/Format

Cara menjaga kesehatan mata selanjutnya adalah dengan mengistirahatkan mata sejenak dari berbagai gadget. Caranya adalah dengan mengistirahatkan mata selama 20 detik setiap 20 menit menatap layar gadget. Cobalah untuk melihat objek yang jaraknya sekitar 6 meter dari tempatmu berada. Hal ini akan membuat mata tidak mudah lelah selama WFH atau kuliah online.

Gunakan Kacamata Antiradiasi

Langkah berikutnya adalah menggunakan kacamata antiradiasi. Kacamata antiradiasi akan melindungi mata dari radiasi layar gadget atau komputer yang kamu gunakan. Dengan penggunaan kacamata radiasi, diharapkan kesehatan dan kinerja mata tidak terganggu selama WFH dan kuliah online dalam waktu yang lama.

Periksa ke Dokter Mata Secara Berkala

Kesehatan mata
Kesehatan mata/pexels.com/Ksenia Chernaya

Terakhir, kamu bisa memeriksakan diri ke dokter mata secara rutin dan berkala. Hal ini agar menjaga jangan sampai mata mengalami masalah atau penyakit parah yang tidak diketahui selama kuliah online dan WFH. Jadi kamu bisa melakukan antisipasi dan pengobatan sejak dini jika terjadi masalah pada kesehatan mata.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id