sign up SIGN UP

5 Tips Mengatasi Masalah Burnout Supaya Mental Tetap Sehat, Cukup Dimulai dari Istirahat Sejenak!

Octavia Dewi | Beautynesia
Senin, 13 Dec 2021 08:00 WIB
5 Tips Mengatasi Masalah Burnout Supaya Mental Tetap Sehat, Cukup Dimulai dari Istirahat Sejenak!
caption

Beauties, apakah kamu sedang mengalami burnout? Burnout merupakan kondisi kelelahan emosional, fisik, dan mental yang disebabkan oleh stres berlebihan. Kondisi ini tentunya membuat seseorang kewalahan, kelelahan, dan merasa tidak sanggup menjalankan tanggung jawab sehari-hari.

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Berikut tips mengatasi burnout supaya mental kamu tetap sehat. Simak selengkapnya di sini ya!

1. Istirahat

Istirahat
Istirahat/Foto: Freepik.com/Tirachardz

Cara mengatasi burnout yang pertama yaitu dengan istirahat. Kamu tidak hanya harus beristirahat tetapi kamu juga harus benar-benar menikmati waktu istirahat. Jangan istirahat hanya karena kamu perlu istirahat.

Selama istirahat, kamu dapat bermeditasi, mendengarkan musik, membaca buku, berjalan-jalan, dan lain sebagainya. Selain itu, miliki waktu tidur yang cukup karena kurang tidur dapat menyebabkan kelelahan dan stres jangka panjang.

2. Buat Prioritas

Buat prioritas
Buat Prioritas/Foto: Freepik.com/Wayhomestudio

Tips mengatasi burnout berikutnya yaitu urutkan pekerjaan kamu berdasarkan skala prioritas dari yang terpenting hingga yang paling tidak penting. Dengan begitu, kamu akan tahu mana yang harus dikerjakan terlebih dahulu dan tidak terlalu banyak membuang energi.

3. Jaga Keseimbangan Hidup

Jaga keseimbangan hidup
Jaga Keseimbangan Hidup/Foto: Freepik.com/Wayhomestudio

Kamu perlu menjaga keseimbangan hidup. Kamu juga perlu bersantai sejenak dan melupakan pekerjaan, jalan-jalan dengan teman atau melakukan apa yang kamu sukai setelah bekerja dan dapat membuat pikiranmu fresh.

Hal ini akan menjernihkan pikiran kamu lagi dan siap untuk kembali bekerja di esok hari. Jika kondisi mendukung, istirahat dan berliburlah. Dengan demikian, kamu akan menjadi lebih berenergi dan lebih termotivasi.

4. Evaluasi Sumber Masalah

Evaluasi sumber masalah
Evaluasi Sumber Masalah/Foto: Freepik.com/Wayhomestudio

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengidentifikasi masalah yang kamu hadapi. Memiliki pemahaman yang baik tentang burnout membuat kamu lebih mudah untuk menemukan solusi dari masalah yang kamu hadapi.

Jika kamu merasa kewalahan, kamu dapat menggunakan pensil dan kertas untuk menuliskan kemungkinan penyebab burnout. Lakukan evaluasi segera dan ingat, ya! Ini membantu menghindari stres dan mencegah serangan panik.

5. Hidup Sehat

Hidup sehat
Hidup Sehat/Foto: Freepik.com/Benzoix

Gaya hidup yang buruk dapat mempengaruhi kesehatan mental dan menjadi salah satu penyebab kamu mengalami burnout. Solusi burnout adalah terapkan gaya hidup sehat dan hindari makanan yang tinggi gula.

Selain itu, hindari alkohol dan tembakau karena kedua efek sedatif itu bersifat sementara. Kamu juga bisa berolahraga karena olahraga dapat menurunkan hormon stres kortisol.

Nah Beauties, itu dia beberapa tips untuk mengatasi burnout. Jangan lupa sediakan waktu untuk beristirahat dan tetap memperhatikan kesehatan mental kamu ya. Sebab itu merupakan faktor penting yang jarang sekali diperhatikan banyak orang. Semoga bermanfaat!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id