sign up SIGN UP

6 Camilan Sehat dan Nggak Bikin Buncit, Aman Dikonsumsi pada Malam Hari!

Raudiya Nurfadilah | Beautynesia
Senin, 27 Sep 2021 23:30 WIB
6 Camilan Sehat dan Nggak Bikin Buncit, Aman Dikonsumsi pada Malam Hari!
caption

Saat melakukan program diet, asupan makanan yang dikonsumsi akan pertimbangkan jumlah kalori dan waktu makan, agar dapat cepat mencapai berat badan yang diinginkan. Tak jarang, para pelaku diet melewatkan jam makan atau sekadar ngemil di malam hari karena takut buncit. Ini karena khawatir hal itu dapat menimbun lemak dari makanan yang dikonsumsi.

Tapi tenang aja Beauties, beberapa camilan ini bisa dikonsumsi pada malam hari, sehingga kamu tidak perlu khawatir dengan berat badan yang bertambah. Berikut daftar camilannya.

Oatmeal

Oat cocok dijadikan camilan saat diet
Oat cocok dijadikan camilan saat diet/ Foto: Freepik/ Luis_moline

Oat merupakan sumber alami dari melatonin selain dari sereal lain seperti gandum. Bukan hanya sumber melatonin, oat adalah makanan sehat yang mengandung vitamin, mineral, dan serat. Menurut laman Medical News Today, jika kamu sedang melakukan program diet, oat cocok dikonsumsi sebagai camilan yang bisa dikonsumsi pada malam hari, dalam satu porsi seberat 40 gram mengandung 140 kalori.

Tetapi kamu juga jangan memakannya secara teratur, apa lagi dalam porsi berlebihan di malam hari. Hanya bisa dikonsumsi untuk sesekali dan harus memiliki porsi oat yang lebih kecil. Apabila dikonsumsi secara teratur di malam hari, justru oat juga bisa menambah berat badan. 

Yogurt

Yogurt untuk camilan ketika diet
Yogurt untuk camilan ketika diet/ Foto: Freepik/ Jcomp

Yogurt adalah sumber triptofan, serta mengandung kalsium yang sangat baik dan penting untuk kesehatan tulang. Selain itu, yogurt juga kaya akan protein, yang dapat membantu seseorang merasa lebih kenyang. Secara khusus, mengonsumsi protein kasein di malam hari dapat membantu mengurangi rasa lapar keesokan paginya.

Bukan hanya itu, mengonsumsi yogurt di malam hari dapat mendukung tidur menjadi lebih baik. Jika memilih yogurt sebagai camilan, disarankan untuk memilih yang polos tanpa rasa apapun.

Telur Rebus

Telur rebus untuk camilan saat diet
Telur rebus untuk camilan saat diet/ Foto: Freepik/ Timolina

Telur adalah salah satu makanan paling sehat dan ramah dalam menurunkan berat badan yang bisa kamu makan. Mengutip laman Healthline, telur mengandung banyak protein, vitamin K2 dan B12. Telur dapat mengenyangkan lebih lama dan dapat mengurangi jumlah kalori yang kamu makan selama berjam-jam, yang akan membantu menurunkan berat badan.

Meski kandungan kolesterolnya cukup tinggi tetapi asupan telur dalam jumlah sedang tidak berpengaruh pada risiko penyakit jantung. Kamu bisa mengonsumsi dua telur rebus dalam sehari, kandungannya sekira 140 kalori dan 13 gram protein.

Alpukat

Alpukat salah satu camilan sehat
Alpukat salah satu camilan sehat/ Foto: Freepik/ Jcomp

 

Alpukat adalah salah satu buah yang dapat menurunkan kolesterol jahat, memperbaiki gejala radang sendi, dan melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. Terlebih lagi, alpukat kaya akan serat, potasium, magnesium, dan lemak tak jenuh tunggal. Sehingga buah tersebut bisa dijadikan camilan ketika kamu sedang diet asalkan tidak ditambah gula, susu kental manis, ataupun topping yang lainnya.

Popcorn

Popcorn bisa dijadikan camilan saat diet
Popcorn bisa dijadikan camilan saat diet/ Foto: Freepik/ Topntp26

Kamu bisa memilih popcorn sebagai camilan yang sehat saat diet karena mengandung banyak serat dan sedikit protein. Dilansir dari laman Eating Well, dalam satu ons popcorn mengandung 4 gram serat, 4 gram protein, dan 110 kalori. Kombinasi ini menjadikan popcorn sebagai camilan yang bisa memberikan rasa kenyang, namun penting untuk diperhatikan bahwa popcorn yang dikonsumsi tidak ditambah bahan apapun seperti gula.

Itulah beberapa camilan yang bisa kamu konsumsi di malam hari ketika kamu sedang menjalani program diet. Kamu bisa mengonsumsi camilan tersebut asalkan porsinya tidak berlebihan, dan tidak ditambah dengan bahan-bahan lain yang justru bisa membuat berat badanmu bertambah ya, Beauties.


Our Sister Site

mommyasia.id