sign up SIGN UP

6 Penyebab Mata Terasa Gatal dan Cara Mengatasinya, Jangan Dikucek!

Niky Yunniarty Dermawan | Beautynesia
Rabu, 14 Sep 2022 06:15 WIB
6 Penyebab Mata Terasa Gatal dan Cara Mengatasinya, Jangan Dikucek!
caption

Beauties, disadari atau tidak, jika ada satu rasa gatal yang sulit di garuk, bisa jadi itu adalah area mata. Ketika mata terasa gatal, tentu akan menimbulkan rasa tidak nyaman dan mengganggu. Mata gatal adalah tanda bahwa mata kamu tengah bermasalah.

Di lansir dari Savvy Tokyo, seorang ahli bedah kornea di Wills Eye Hospital mengatakan bahwa permukaan mata sama seperti kulit kita, yang selalu terhubung dengan lingkungan sekitar kita. Permukaan bola mata dan air mata bertugas membantu menjaga mata agar tidak mengalami permasalahan.

Akan tetapi terkadang penjagaannya tidak cukup baik, sehingga kamu bisa merasakan gatal di area mata. Lantas, apa saja penyebab mata terasa gatal? Berikut ulasan lengkapnya.

Memiliki Alergi Musiman

Alasan Mata Terasa Gatal/freepik.com/Racool_studio
Alasan Mata Terasa Gatal/freepik.com/Racool_studio

Beauties, alergi musiman dapat menyebabkan mata gatal. Misalnya saja jika kamu alergi serbuk sari yang dapat langsung masuk ke mata, maka mata kamu akan langsung terasa gatal atau mengalami kemerahan.

Lensa Kontak

Apa kamu sering menggunakan lensa kontak? Jika iya, bisa jadi rasa gatal itu disebabkan karena lensa kontak yang kamu gunakan tidak dalam kondisi yang bagus. Jadi alangkah baiknya kamu juga memperhatikan perawatan lensa kontak sebelum di gunakan, sehingga bisa terhindar dari masalah yang tidak diinginkan.

Mata Kering

Alasan Mata Terasa Gatal/freepik.com/tirachardz
Alasan Mata Terasa Gatal/freepik.com/tirachardz

Rasa gatal yang dialami bisa juga disebabkan karena kamu memiliki mata yang kering. Ini terjadi karena jumlah atau kualitas air mata tidak sebaik yang seharusnya. Jika Beauties memiliki mata kering maka akan ada gejala seperti kemerahan, gatal, dan rasa terbakar.

Produk Kecantikan Mengiritasi Mata

Beauties, sekalipun kamu tidak mengoleskan langsung produk kecantikan ke mata, akan tetapi maskara, eyeshadow atau produk lainnya dapat merembes ke area sekitar mata kamu. Hal ini pada akhirnya bisa menyebabkan iritasi.

Mengalami Ketegangan Mata

Ketegangan mata sebenarnya terkait dengan mata kering. Hal ini terjadi ketika mata kamu mengalami kelelahan karena penggunaan yang intens. Misalnya saja, bekerja menatap layar komputer terus-menerus, serta mengemudi dalam waktu yang panjang.

Ada Benda Asing di Mata

Alasan Mata Terasa Gatal/freepik.com/diana.grytsku
Alasan Mata Terasa Gatal/freepik.com/diana.grytsku

Ini sangat jelas, ya, Beauties! Terkadang ada beberapa bulu mata lepas dan akhirnya tersangkut di bawah kelopak mata, atau kotoran lain yang terbawa angin sehingga masuk ke mata. Hal ini bisa membuat mata merasa perih hingga gatal.

Setelah diketahui penyebab mata gatal, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk meredakannya. Pertama, kamu bisa menggunakan obat tetes mata yang dijual bebas. Namun, pilihlah obat tetes mata yang bebas pengawet, karena pengawet bisa mengiritasi mata.

Cara kedua, coba kompres mata dengan air dingin. Dengan dikompres, maka kamu akan merasa mata lebih rileks. Selalu perlu diingat, jangan menggosok mata ketika gatal. Karena tentunya akan memperburuk ketidaknyamanan, bahkan berisiko merusak permukaan mata.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id