sign up SIGN UP

6 Peralatan Rumah Tangga yang Mungkin Orang Lupa Untuk Membersihkan

Intan Dwi | Beautynesia
Selasa, 17 Mar 2020 01:00 WIB
6 Peralatan Rumah Tangga yang Mungkin Orang Lupa Untuk Membersihkan
caption
Dengan meluasnya virus corona yang sangat cepat, membuat banyak orang selalu menjaga kebersihan mereka. Mulai dari kebersihan tubuh, makanan dan tempat-tempat di sekitar mereka.

Salah satu tempat yang wajib dibersihkan adalah rumah kita sendiri. Semua orang membersihkan rumah secara menyeluruh, mulai dari tempat tidur, meja, bak mandi, dapur, semua sudut rumah dan tempat di rumah lainnya. Setelah membersihkan semua tempat itu, apakah kamu yakin kalau rumah kamu sudah benar-benar bersih?
 
Kotoran bisa menumpuk di tempat-tempat yang tidak terduga, mulai dari dekorasi hinggga peralatan rumah tangga. Apakah kamu pernah berpikir untuk membersihkan tempat-tempat itu? Membersihkan dekorasi dan peralatan rumah tangga agar terbebas dari bakteri juga sangat penting, lho! Dilansir dari Popsugar, inilah dekorasi dan peralatan rumah tangga yang mungkin lupa kamu bersihkan.
 


Bantal Sofa


Foto: Istimewa

Kamu pasti secara rutin membersihkan bantal tidur kamu dengan mengganti sarung bantalnya. Tapi apakah kamu sudah rutin membersihkan bantal-bantal gaya kamu, seperti bantal sofa di rumah? Bantal sofa kerap digunakan untuk menopang kaki saat istirahat atau digunakan untuk menopang kepala saat sedang menonton televisi.

Dengan begitu, bantal sofa sebagai tempat berkumpulnya kulit mati, tungau debu dan kotoran lainnya. Saat membersihkan bantal sofa, kamu pastikan untuk memasangkan pelapis vakum pada banytal. Jangan lupa juga lepaskan sarung bantal untuk dicuci secara rutin dan sesuai aturan.
 


Mesin Cuci


Foto: Istimewa

Jika kamu mencium bau yang kurang segar pada pakaian setelah dicuci, berarti itu sudah waktunya untuk membersihkan mesin cuci kamu. Karena digunakan untuk mencuci pakaian lembap dengan menggunakan banyak air, mesin cuci rentan terhadap bakteri dan jamur. Membersihkan mesin cucinya kamu bisa menggunakan campuran cuka dan soda kue melalui siklus panas yang tersedia.
 


Tempat Sampah di Dapur


Foto: Istimewa

Meskipun sudah membuang sampah, tetapi bau busuk masih tercium? Hal ini bisa dikarenakan sisa-sisa makanan dan bakteri masih tertinggal di tempat sampah itu. Jadi bersihkan dengan menyemprot semua kotoran sebelum disemprot dengan desinfektan dan produk penghilang bau.
 


Gorden dan Sofa


Foto: Istimewa

Peralatan dan dekorasi rumah tangga pertama yang mungkin terlihat bersih dengan mata telanjang adalah tirai dan sofa. Memang sih kedua barang ini terlihat bersih, tapi tanpa kamu sadari keduanya adalah tempat menumpuknya bakteri dan jamur.  Jadi lebih baik, bersihkan dengan penghisap debu secara rutin dan terutama untuk peralatan atau dekorasi berbahan kain yang kotor. Tetapi sebelum membersihkannya, kamu periksa lebih dahulu labelnya apakah membersihkannya bisa dilakukan sendiri atau butuh dibersihkan di tempat profesional.
 


Dekorasi di Kamar Mandi


Foto: Istimewa

Kamu akan terkejut bagaimana bakteri akan menyebar di sekitar kamar mandi, bisa dari wadah sikat gigi, toples kaca dan lain-lain. Ada baiknya untuk memberikan antiseptik pada semua dekorasi kamar mandi kamu saat membersihkannya.
 


Mesin Pencuci Piring


Foto: Istimewa

Peratan rumah tangga yang satu ini mungkin terlihat bersih, tapi sebenarnya mesin pencuci piring ini butuh dibersihkan. Karena mesin ini tersumbat oleh puing-puing makanan, buih sabun, endapan air keras dan jamur. Mulai dari sekarang bersihkan filter mesin cuci piring yang mungkin tersumbat dengan partikel makanan lama.
 


(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id