sign up SIGN UP

6 Tips Rutinitas Pagi Hari untuk Kalian yang Night Owl

Intan Dwi | Kamis, 28 Jan 2021 08:00 WIB
6 Tips Rutinitas Pagi Hari untuk Kalian yang Night Owl
caption
Jakarta -

Jika kamu seseorang yang beraktivitas dalam kegelapan, kemungkinan besar kamu tidak akan menjadi orang pagi dengan cepat. Faktanya, sains membuktikan bahwa beberapa orang secara alami merasa lebih produktif di malam hari.

Orang seperti itu biasa disebut “night owl” yang merupakan seseorang cenderung aktif di malam hari. Enggak sekedar begadang untuk bekerja, tapi seseorang yang seperti ini memang lebih menyukai melakukan aktivitas di malam hari karena tingkat produktivitas mereka meningkat di waktu itu.

Tetapi itu tidak berarti kamu tidak biasa memperbaiki kebiasaan pagi kamu, berikut ini ada tips bagi “night owl” untuk rutinitas di pagi hari.

Berjemur di bawah matahari

Menurut seorang ahli, menangkap sinar matahari pada pagi hari dapat membantu seorang night owl menyesuaikan diri dengan siang hari.
Berjemur di bawah matahari/freepik.com

Menurut seorang ahli, menangkap sinar matahari pada pagi hari dapat membantu seorang night owl menyesuaikan diri dengan siang hari. Dapatkan cahaya alami yang cerah di pagi hari dengan buka gorden ruangan dan biarkan wajah terkena sinar matahari jika memungkinkan.

Karena ini akan menyinkronkan ritme sirkadian kamu dan memberi tahu otak bahwa sudah waktunya untuk bangun. Selain itu, vitamin D dari paparan sinar matahari juga dapat membantu meningkatkan kekebalan, memperkuat tulang dan meningkatkan mood.

Jangan menunda alarm

Saatnya menganggap tombol menunda saat alarm nyala sebagai musuh kamu dan inilah waktunya mengakhiri kebiasaan buruk.
Jangan menunda alarm/freepik.com

Saatnya menganggap tombol menunda saat alarm nyala sebagai musuh kamu dan inilah waktunya mengakhiri kebiasaan buruk. Kalau kamu ingin bangun ketika alarm pertama berbunyi, lebih baik segera bangun bukan menekan tombol tunda alarm dan kembali tidur.

Karena tunda waktu alarm 10 menit untuk kembali tidur, itu sesuatu yang lebih buruk daripada membantu kamu tidur nyenyak. Sebuah studi menemukan yang dapat terjadi ketika membunyikan alarm jam lima pagi lalu tidur lagi, itu dapat meningkatkan stres, mengacaukan kemampuan kamu untuk berpikir jernih bahkan dapat membuat kamu kesal.

Tips untuk menghentikan kebiasaan itu adalah letakkan alarm di luar jangkauan tangan sehingga kamu harus turun dari tempat tidur untuk mematikannya.

Tetap terhidrasi

Sepertinya air adalah jawaban untuk segalanya, karena itu siapkan segelas besar air di samping tempat tidur sehingga kamu bisa meminumnya di pagi hari.
Tetap terhidrasi/freepik.com

Sepertinya air adalah jawaban untuk segalanya, karena itu siapkan segelas besar air di samping tempat tidur sehingga kamu bisa meminumnya di pagi hari. Jika terbiasa dengan secangkir kopi di pagi hari, sepertinya ini saatnya untuk mengubah.

Karena kopi bisa membuat dehidrasi dan terkadang mengiritasi perut kosong, jadi pilihlah air terlebih dahulu. Minumlah air itu akan menghidrasi tubuh kamu setelah tidur malam, meningkatkan metabolisme dan membantu kamu merasa berenergi.

Memiliki sesuatu untuk dikerjakan

Jika kamu membenci pagi hari, cobalah untuk mengurangi kebencian itu dengan memulai hari dengan melakukan aktivitas yang kamu sukai.
Memiliki sesuatu untuk dikerjakan/freepik.com

Jika kamu membenci pagi hari, cobalah untuk mengurangi kebencian itu dengan memulai hari dengan melakukan aktivitas yang kamu sukai. Karena hal itu cenderung membuat kamu merasa positif tentang pagi kamu.

Ciptakan rutinitas yang menggabungkan hal-hal yang kamu suka, seperti lakukan yoga, jalan-jalan santai bersama teman, mendengarkan podcast atau coba resep baru untuk sarapan. Jika kamu bersemangat untuk melakukan sesuatu yang spesifik di pagi hari, maka kemungkinan besar kamu bersemangat lompat dari tempat tidur.

Workout

Kalau bangun pagi tidak datang dengan mudah, mulailah hari kamu dengan aktivitas yang menyegarkan untuk tubuh dan pikiran kamu.
Workout/freepik.com

Kalau bangun pagi tidak datang dengan mudah, mulailah hari kamu dengan aktivitas yang menyegarkan untuk tubuh dan pikiran kamu. Jika kamu dapat melakukan workout penuh di pagi hari, semua kekuatan untuk kamu.

Tetapi dengan berjalan-jalan di luar atau beberapa menit latihan beban tubuh sederhana juga akan berhasil. Aktivitas pagi juga akan membantu kamu merasakan yang terbaik sepanjang hari, karena saat berolahraga maka tubuh melepaskan endorfin.

Hal itu yang dapat membuat kamu dalam suasana hati yang baik, membantu kamu merasa berenergi dan membuat kamu merasa mengantuk di malam hari sehingga kamu mendapatkan istirahat yang lebih banyak dan lebih baik.

Makan beberapa protein

mengisi bahan bakar dengan camilan kaya protein seperti telur, yoghurt dan kacang-kacangan dapat meningkatkan energi sepanjang hari.
Makan beberapa protein/freepik.com

Ada benarnya juga dengan kalimat “sarapan adalah makanan terpenting untuk hari ini,” dengan mengisi bahan bakar dengan camilan kaya protein seperti telur, yoghurt dan kacang-kacangan dapat meningkatkan energi sepanjang hari.

Jika kamu tidak banyak waktu untuk mengolah makanan, direkomendasikan untuk konsumsi oat sebagai sarapan yang mudah. Sebuah studi menemukan bahwa tidak hanya makanan protein di pagi hari membantu mempertahankan energi sepanjang hari, tetapi juga dapat meningkatkan kesehatan jangka panjang.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id