sign up SIGN UP

7 Alternatif Masakan Selain Opor Ayam untuk Dimakan dengan Ketupat Saat Lebaran

Pavita Sevilla | Beautynesia
Kamis, 13 May 2021 20:30 WIB
7 Alternatif Masakan Selain Opor Ayam untuk Dimakan dengan Ketupat Saat Lebaran
caption
Jakarta -

Lebaran di Indonesia memang selalu identik dengan ketupat dan opor ayam. Namun, tak jarang orang yang sudah bosan dengan menu opor ayam sebagai pendamping ketupat di hari lebaran. Hal ini pun sering membuat nafsu makan orang-orang menjadi berkurang, terutama saat hari kedua lebaran karena sudah terlalu bosan dengan menu yang sama.

Ingin mencoba menu lebaran yang berbeda? Yuk, cobain ide 7 masakan selain opor ayam ini untuk dimakan dengan ketupat. Sangat cocok untuk dihidangkan saat hari pertama atau hari kedua lebaran agar tidak bosan.

1. Gulai

Gulai/food.detik.com
Gulai/food.detik.com

Sama-sama masakan yang berisi daging, gulai dapat menjadi alternatif pertama untuk masakan pendamping ketupat selain opor ayam. Bedanya, gulai biasanya berisi daging kambing atau sapi. Dengan kuah rempah-rempah yang gurih, cocok banget untuk dimakan bersama ketupat.

2. Tongseng

Tongseng kambing/resepkoki.id
Tongseng kambing/resepkoki.id

Hampir serupa dengan gulai, tongseng memiliki cita rasa yang lebih manis daripada gulai. Selain itu, tongseng juga biasanya terdapat sayur kol dan tomat. Untuk kamu yang suka dengan masakan gurih sekaligus manis bisa mencoba tongseng sebagai pendamping ketupat.

3. Kari Sayur Campur

Kari sayur campur/rasasayange.co.id/Rudy Choirudin
Kari sayur campur/rasasayange.co.id/Rudy Choirudin

Belum banyak yang tahu, tapi ternyata pembuatan sayur satu ini sangat simple dan tentunya cocok disantap dengan ketupat. Sesuai namanya, sayur dengan kuah kari ini memiliki isi bermacam-macam. Isi sayur ini bisa ditambahkan sesuai keinginan, misalnya memasukan bahan yang ada di sekitar seperti tempe, tahu, kentang, buncis, kacang merah, dan wortel di dalamnya.

4. Soto Ayam Kuah Bening

Soto ayam kuah bening/cookpad.com/Dhini Rahardhini
Soto ayam kuah bening/cookpad.com/Dhini Rahardhini

Masih ingin makan ketupat dengan menu daging ayam tapi tanpa santan? Soto ayam kuah bening jawabannya. Rasa gurihnya yang bertemu dengan ketupat akan membuat ketupat semakin lezat dan juga tentunya lebih sehat karena tidak memakai santan.

5. Rawon

Rawon daging/masakapahariini.com
Rawon daging/masakapahariini.com

Makanan khas Indonesia dengan kuah berwarna hitam ini bisa juga lho untuk dijadikan sebagai alternatif pengganti opor ayam. Dengan rasa kuahnya yang sangat berbeda dari sayur umumnya dapat membuatmu tidak bosan saat makan ketupat. Bumbu yang meresap ke dalam dagingnya juga dapat membuat ketupat semakin nikmat untuk dimakan bersama rawon.

6. Sayur Nangka

Sayur nangka/resepistimewa.com
Sayur nangka/resepistimewa.com

Jika kamu ingin sayur dengan santan tetapi tanpa daging, maka sayur nangka adalah pilihan yang tepat. Sayur nangka sendiri sering disajikan di rumah makan Padang dengan daun singkong dan sambal ijo. Rasanya saat dimakan dengan ketupat pasti akan membuatmu ketagihan.

7. Sate

Sate ayam/food.detik.com
Sate ayam/food.detik.com

Nah, alternatif satu ini juga bisa dibilang sangat mudah pembuatannya. Kamu cukup memotong-motong daging dengan ukuran yang pas dan menusuknya dengan tusukan sate. Untuk membakarnya, tak perlu repot-repot menyalakan arang, karena sekarang sudah banyak alat panggang sederhana untuk di atas kompor.

Setelah itu, tinggal membuat bumbu kacang atau yang paling simple dengan menuangkan kecap manis saja di atas sate, dan sate sudah siap dihidangkan bersama ketupat. Sangat mudah, kan?

Tunggu apalagi? Yuk, langsung coba sekarang juga!

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id