sign up SIGN UP

7 Daftar Makanan Ini Nyaris Mengandung 0 Kalori, Bisa Makan sampai Kenyang!

Cynthia Claudia | Beautynesia
Senin, 10 Jan 2022 10:00 WIB
7 Daftar Makanan Ini Nyaris Mengandung 0 Kalori, Bisa Makan sampai Kenyang!
caption

Bagi kalian yang sedang menjalankan diet, membatasi asupan kalori dalam makanan merupakan prioritas utama. Di samping membatasi asupan kalori, kalian juga harus memilih makanan yang memiliki kandungan dan nutrisi yang baik untuk tubuh. 

Pemilihan makanan yang tepat penting untuk memastikan bahwa diet yang dilaksanakan berhasil. Maka, bagi Beauties yang sedang menjalani diet, yuk simak daftar makanan dengan 0 kalori atau nyaris 0 kalori berikut yang bebas disantap kapan pun. Meskipun rendah kalori, namun sederetan makanan berikut mengandung nutrisi yang berlimpah, lho!

1. Tomat 

makanan
makanan/ Foto: Pexels.com/ Karolina Grabowska

Tomat merupakan salah satu sayuran yang memiliki rendah kalori. Pada 128 gram tomat, hanya mengandung 22 kalori saja. 

Tomat tidak hanya rendah kalori, namun dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit dan membantu dalam proses detoksifikasi atau pengeluaran racun dalam tubuh. Selain itu, konsumsi tomat secara rutin dikatakan mampu mencegah peningkatan kolestrol maupun tekanan darah tinggi. 

2. Timun 

makanan
makanan/ Foto: Pexels.com/ Toni Cuenca

Timun disebut sebagai makanan dengan 0 kalori atau rendah kalori. Timun dengan berat 100 gram hanya terdiri dari 16 kalori. Kandungan dalam timun kebanyakan terisi oleh air dan nutrisi penting lainnya, sehingga makanan ini termasuk rendah kalori. 

Maka, sering mengonsumsi timun dapat membantu melancarkan pencernaan, membantu membakar lemak tubuh, hingga mencegah terjadinya dehidrasi. Makanan yang sehat ini pun aman dikonsumsi Beauties yang sedang diet sebagai camilan atau ditambahkan sebagai pelengkap makanan.

3. Wortel 

makanan
makanan/ Foto: Pexels.com/ Mali Maeder

Sayuran lainnya yang disebut nyaris memiliki 0 kalori adalah wortel. Pada 128 gram wortel dipercaya hanya mengandung sekitar 53 kalori, lho! Wortel memang dipercaya dapat meningkatkan kesehatan mata, namun sebenarnya manfaatnya lebih dari itu, Beauties. 

Wortel juga membantu menurunkan berat badan, karena mengandung vitamin A yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga proses pembakaran lemak pun jadi lebih cepat.

4. Pepaya 

makanan
makanan/ Foto: Pexels.com/ Picmamba.com

Siapa sangka buah pepaya yang ternyata mengenyangkan ini nyaris 0 kalori? Pada 140 gram pepaya ternyata hanya terdiri dari 55 kalori saja. 

Pepaya memiliki banyak manfaat untuk meningkatkan kesehatan pencernaan. Selain itu, pepaya juga mengandung vitamin A, C, serat, folat, potasium, kaleium, omega-3, hingga asam amino, sehingga disebut sebagai salah satu buah yang mengandung banyak nutrisi. 

5. Semangka 

makanan
makanan/ Foto: Pexels.com/ Karolina Grabowska

Semangka juga merupakan salah satu buah yang rendah kalori, karena komposisi buah ini kebanyakan mengandung air. Pada 152 gram semangka hanya ditemukan 46 kalori. 

Maka, semangka dapat membantu kalian yang sedang diet untuk mencegah dehidrasi karena kandungan airnya yang tinggi. Buah semangka juga mengandung citruline yang membantu proses penurunan berat badan. Konsumsi buah semangka ketika diet pun membantu mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh.

6. Brokoli 

makanan
makanan/ Foto: pexels.com/ Cats Coming

Makanan dengan 0 kalori selanjutnya juga termasuk salah satu jenis sayuran, yaitu brokoli. Pada 100 gram brokoli bahkan hanya mengandung 34 kalori saja, Beauties! 

Brokoli merupakan jenis sayuran yang sangat disarankan bagi para vegetarian karena berbagai manfaatnya, terutama tinggi akan protein nabati yang mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh. Selain itu, brokoli juga mengandung antioksidan yang tinggi, dilengkapi dengan serat dan fitonutrien yang membantu proses pencernaan. Sehingga, brokoli juga cocok dikonsumsi bagi yang sedang diet. 

7. Bawang Bombay 

makanan
makanan/ Foto: Pexels.com/ Katerina Holmes

Bawang bombay yang dianggap sebagai bumbu masak yang mengharumkan makanan ini ternyata memiliki fungsi lain lho, Beauties! Bawang bombay dianggap sebagai rempah berkhasiat yang mampu membantu proses penurunan berat badan. 

Pada 100 gram bawang bombay, hanya mengandung 40 kalori saja. Sehingga, bawang bombay pun cocok kalian tambahkan sebagai side dish makanan diet kalian, seperti salad sayuran. 

Itulah daftar makanan dengan 0 kalori atau nyaris 0 kalori, seperti yang dilansir dari detikFood. Daftar makanan ini patut kalian pertimbangkan ketika sedang menjalani diet, atau ketika sekedar ingin menjalani gaya hidup yang lebih baik dengan membatasi asupan kalori kalian sehari-hari. Bebas makan sepuasnya, ya?

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id