sign up SIGN UP

7 Makanan yang Sebaiknya Tidak Disimpan dalam Kulkas

Octaviani | Beautynesia
Sabtu, 31 Jul 2021 11:00 WIB
7 Makanan yang Sebaiknya Tidak Disimpan dalam Kulkas
caption

Biasanya, kita menyimpan makanan di kulkas bertujuan untuk mengawetkan makanan, supaya tidak basi dan menghambat pertumbuhan bakteri pada makanan tersebut.

Akan tetapi, ada juga lho makanan yang tidak boleh disimpan dalam kulkas dan justru sebaiknya disimpan pada suhu ruang biasa saja. Inilah jenis makanan yang sebaiknya tidak disimpan dalam kulkas, Beauties!

Bubuk Kopi

Menyimpan bubuk kopi dalam kulkas akan membuat rasanya terpengaruh oleh bahan lain di sekitarnya. Membuat kopi tetap segar dan enak adalah menyimpannya dalam wadah kedap udara. Kopi harus disimpan di tempat yang sejuk atau kering, pastikan bubuk kopi tak terkena sinar matahari agar rasanya tetap terjaga.

Bubuk kopi
Bubuk kopi/freepik.com

Pisang

Jika buah pisang ditaruh di kulkas, maka proses pematangannya jadi terhambat dan berubah warna jadi cokelat tua. Selain itu gas etilena dari pisang dapat membuat buah lain di sekitarnya menua juga. Jadi sebaiknya simpanlah pisang pada suhu ruangan agar matang dengan baik.

Buah pisang
Buah pisang/freepik.com

Roti

Menyimpan roti dalam kulkas memang diketahui bisa menghambat pertumbuhan jamur, namun roti jadi akan kehilangan rasa dan teksturnya menjadi kering bahkan mengeras.

Selain itu, molekul pati dalam roti mengkristal dengan sangat cepat pada suhu dingin, menyebabkan roti lebih cepat basi saat dikeluarkan dari kulkas. Karena itu, simpanlah roti pada suhu ruang dan sebaiknya habiskan roti dalam 2-4 hari.

Roti
Roti/freepik.com/jcomp

Alpukat

Buah alpukat yang belum matang jangan disimpan di kulkas ya, Beauties, karena justru akan lebih lama matangnya. Simpanlah pada suhu ruangan dan bungkus menggunakan plastik atau kantung berwarna gelap.

Buah alpukat
Buah alpukat/freepik.com/photoroyalty

Madu

Menyimpan madu dalam suhu ruangan justru membuatnya lebih tahan lama. Jangan lupa untuk menjauhkannya dari sinar matahari secara langsung. Madu yang kamu simpan bertahun-tahun pun akan tetap aman untuk kamu konsumsi, walau tidak ditaruh di kulkas.

Menyimpannya di kulkas hanya akan membuat pengkristalan pada madu, sehingga susah untuk di konsumsi.

Madu sebaiknya jangan disimpan di kulkas
Madu sebaiknya jangan disimpan di kulkas/freepik.com/racool_studio

Bawang Putih

Menyimpan bawang putih dalam kulkas bukanlah tindakan tepat. Dilansir dari Healthline, bawang tidak boleh disimpan dalam tempat yang lembap dan dingin seperti kulkas. Kondisi ini membuat bawang menyerap banyak uap air yang menyebabkannya cepat busuk. Bawang harus disimpan di tempat yang sejuk cenderung kering.

Bawang putih
Bawang putih/freepik.com/jcomp

Our Sister Site

mommyasia.id