sign up SIGN UP

7 Manfaat Utama dari Gaya Hidup Vegetarian, Tertarik Mencoba?

Novianty Aulia Anjani | Beautynesia
Minggu, 28 Nov 2021 17:00 WIB
7 Manfaat Utama dari Gaya Hidup Vegetarian, Tertarik Mencoba?
caption

vegetarian menjadi gaya hidup yang digemari oleh banyak orang. Ketersediaan beragam sayuran segar 'melahirkan' deretan menu vegetarian lezat yang semakin menarik perhatian orang untuk mengikuti gaya hidup sehat yang satu ini.

Meskipun jauh dari olahan daging, pola makan vegetarian tidak kalah baiknya dari manfaat pada protein hewani. Mulai dari kesehatan tubuh, kesejahteraan mental hingga merawat kulit sehingga tetap cantik alami.

Agar lebih jelasnya, berikut Beautynesia telah merangkum 6 manfaat yang ditawarkan dari gaya hidup vegetarian. Apa saja manfaat tersebut? Simak artikelnya di bawah ini.

Mengontrol Tekanan Darah

Tekanan darah dapat terkontrol dengan baik dengan pola hidup sehat vegetarian.
Membantu mengontrol tekanan darah/Foto:Freepik.com/Senivpetro


Punya masalah dengan tekanan darah tinggi atau hipertensi? Pola hidup vegetarian mungkin menjadi jawaban yang tepat untuk mengatasi persoalan tersebut.

Kandungan nabati pada menu sayuran dinilai lebih rendah lemak, serta kolestrol yang tentunya membawa pengaruh positif pada tekanan darahmu. Diketahui pula, sayuran mengandung kadar potasium yang terkenal akan manfaatnya dalam menurunkan tekanan darah akibat konsumsi garam berlebihan.

Hal ini juga didukung oleh sebuah penelitian pada Cambridge University Press, di mana tekanan darah pada kelompok pemakan daging terlihat lebih tinggi ketimbang mereka dengan pola vegetarian.

Mengurangi Risiko Penyakit Kanker

Menekuni pola hidup vegetarian menjadi langkah sederhana dalam melindungi diri dari resiko kanker.
Pola hidup vegetarian terbukti mampu mengurangi resiko terserang penyakit kanker/Foto:Freepik.com/Yanalya


Meskipun terkesan sederhana, kebiasaan pola makan vegetarian dapat menurunkan risiko terserang ganasnya penyakit kanker lho, Beauties.

Sebuah studi pada National Library of Medicine, pada kasus kanker yang diambil dari 69.120 peserta menunjukkan keterkaitan antara hubungan yang signifikan antara pola hidup vegetarian dengan pencegahan kanker. Dibuktikan, pola makan vegetarian menawarkan perlindungan yang lebih besar terhadap kanker khusunya pada saluran pencernaan.

Agar lebih seimbang, jangan lupa juga untuk menambahkan asupan vitamin lain seperti halnya buah ke dalam pola vegetarianmu ya, Beauties.

Kualitas Tidur Semakin Baik

Pola hidup vegetarian membuat sistem pencernaan tubuh menjadi lancar yang berdampak pada membaiknya kualitas tidur di malam hari.
Kondisi tubuh serta penceraan yang baik diikuti dengan kualitas tidur yang semakin nyenyak/Foto:Freepik.com/Lifeforstock


Selain kondisi hati, pemilihan menu makanan juga berpengaruh terhadap kualitas tidurmu saat malam. Kebiasaan mengonsumsi gula-gula serta makanan berlemak tinggi dapat mengganggu sistem pencernaan, sehingga waktu istirahat sulit terasa nyenyak karena kondisi perut yang tidak nyaman.

Sebaliknya, dengan rutin mengonsumsi menu sayuran sehat, proses pencernaan jadi cepat karena kandungan serat tinggi yang mampu mendukung pembuangan sisa makanan semakin mudah. Terbebas dari masalah pencernaan tentunya menghasilkan perasaan lebih tenang sehingga tidur malam lebih berkualitas.

Merawat Kesehatan Kulit

Nutrisi serta vitamin baik dibawa oleh bahan nabati untuk menunjang kesehatan kulit dan wajahmu.
Tak cuma tubuh, kesehatan kulit juga terawat melalui gaya hidup vegetarian/Foto:Freepik.com/Cookie_studio


Selain bermanfaat untuk tubuh, kebiasaan mengonsumsi sayuran juga membantu merawat kecantikan kulit. Tergolong sebagai makanan sehat, sayuran kaya akan kandungan mineral yang terkenal akan khasiatnya dalam menjaga kelembapan kulit.

Tak sampai di situ, sayuran juga mengandung antioksidan yang dapat membantu tubuhmu untuk melawan zat jahat yang disebut Advanced Glycation Endproducts atau AGEs yang di mana menjadi akar dari permasalahan kulit seperti penuaan dini, keriput pada kulit hingga penumpukan lemak di bagian-bagian tubuh.

Detoks Tubuh Secara Alami

Masuknya vitamin serta nutrisi baik dari sayuran dapat menggantikan racun-racun yang dibawa oleh olahan hewani dalam tubuhmu.
Racun serta zat jahat pada tubuh dibersihkan dengan olahan sayuran sehat/Foto:Freepik.com/Senivpetro


Sama sepertinya halnya puasa, pola makan vegetarian tanpa olahan hewani menjadi ajang detoks untuk mengeluarkan racun-racun yang bersarang pada tubuhmu.

Beauties, jumlah bakteri serta parasit ternyata lebih banyak ditemukan pada olahan hewani seperti daging, unggas ataupun makanan laut. Bakteri tersebut bisa berkembang semakin banyak terlebih pada daging-daging yang disimpan dan didinginkan terlalu lama.

Dengan mengonsumsi produk organik dan menu vegetarian, secara tidak langsung akan membersihkan bakteri dan zat berbahaya lainnya yang mungkin bersarang di tubuhmu. Tubuh pun akan terasa sehat karena tergantikan oleh nutrisi serta vitamin yang dibawa oleh olahan sayuran segar.

Hidup Terasa Lebih Bahagia

Mengurangi olahan hewani dapat menghambat peningkatan stres dan cemas sehingga hidup lebih tenang.
Stres berkurang dan hidup terasa lebih bahagia/Foto:Freepik.com/Kroshka_nastya


Tak cukup dengan kesehatan fisik serta kulit, kesejahteraan mental yang baik juga menjadi manfaat yang bisa kamu dapatkan dari gaya hidup vegetarian.

Sebuah studi pada Nutrition Journal mendapatkan hasil bahwa suasana hati pada vegetarian mengalami peningkatan ketimbang kelompok pemakan ikan. Pasalnya, lemak hewani dapat mengaktifkan jalur inflamasi di otak yang mengatur stress serta gangguan mood.

Makan lebih banyak sayuran didukung dengan asupan buah segar memberikan konsentrasi vitamin tinggi yang secara alami menurunkan stres serta kecemasan pada diri kamu.

Bagaimana Beauties, jadi tertarik untuk menjalani gaya hidup yang satu ini?

[Gambas:Youtube]

---------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id