sign up SIGN UP

8 Fakta Buah Pisang yang Punya Manfaat Bejibun bagi Kaum Milenial, Salah Satunya Bisa Redakan Nyeri Haid!

Nisrina Salsabila | Beautynesia
Senin, 20 Dec 2021 10:00 WIB
8 Fakta Buah Pisang yang Punya Manfaat Bejibun bagi Kaum Milenial, Salah Satunya Bisa Redakan Nyeri Haid!
caption

Pisang, si buah kuning dengan rasa yang manis ini pas banget untuk dijadikan makanan pengganjal perut sebelum memasuki waktu makan. Di balik harganya yang murah dan mudah didapatkan, pisang memiliki rentetan kebaikan bagi tubuh yang sayang untuk kamu lewatkan.

Bosan mengonsumsi pisang secara utuh? Cobalah kreasikan pisang menjadi olahan smoothie, cocok jadi topping oatmeal yang manis, bahkan bisa kamu buat menjadi kue bolu pisang, loh!

Milenial wajib tahu, inilah deretan manfaat buah pisang yang bagus untuk mendukung aktivitasmu sehari-hari.

1. Baik bagi Jantung dan Tekanan Darah

manfaat buah pisang bagi kesehatan
Pisang bagus untuk kesehatan jantung dan tekanan darah/Foto: Pexels.com/cottonbro

Jangan salah, anak muda zaman sekarang rentan sama masalah hipertensi dan serangan jantung akibat gaya hidup tak sehat. Untungnya, kandungan kalium yang tinggi dalam pisang berperan penting dalam mengelola tekanan darah yang sehat. Kandungan serat dalam pisang juga membantu mengikis kolesterol jahat (LDL) sehingga turut menurunkan risiko serangan jantung di usia muda.

2. Memelihara Kesehatan Mata

Kaula muda sangat erat berkutat memandang gadget setiap harinya. Bila kesehatan mata tidak dijaga, maka bisa timbul masalah mata kering, mata minus, bahkan mata silinder. Menurut National Institute of Health, kandungan vitamin A pada pisang berfungsi untuk melindungi penglihatan mata agar tetap normal dan meningkatkan penglihatan pada malam hari. Ssst, pisang punya lima kali lipat vitamin A dibandingkan apel, lho!

3. Bikin Kenyang Lebih Lama

manfaat buah pisang bagi kesehatan
Pilihlah pisang yang masih hijau kekuningan untuk diet/Foto: Pexels.com/alleksana

Manfaat buah pisang yang satu ini pasti banyak diminati oleh Beauties. Pisang mempunyai kandungan tinggi serat yang akan membuatmu kenyang lebih lama.

Alhasil, kamu bisa mengontrol keinginan untuk mengonsumsi camilan secara berlebihan, deh! Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa kandungan serat pektin dan magnesiumnya dapat membatasi penyerapan lemak dan memecah sel lemak dalam tubuh. Untuk diet, sebaiknya pilihlah buah pisang dengan kematangan hijau kekuningan karena mengandung lebih banyak serat pati.

4. Tingkatkan Daya Ingat

Sebuah studi di Inggris membuktikan bahwa memakan pisang saat sarapan, istirahat, dan makan siang dapat meningkatkan kekuatan otak. Ini berkat kandungan potasium dan triptofan yang berperan besar dalam menjaga kekuatan daya pikir dan memori seseorang.

5. Mencegah Penuaan Dini

manfaat buah pisang bagi kesehatan
Pisang sebagai antiaging/Foto: Freepik/cookie_studio

Kulit juga butuh perawatan dari dalam tubuh, loh. Rajin mengonsumsi buah pisang bisa menjadi solusi untuk mencegah penuaan dini berupa kulit kusam, flek hitam, dan garis-garis halus atau keriput. Lantaran, satu buah pisang mengandung vitamin A, C, E, karotenoid, dan mangan yang dapat membantu produksi kolagen serta melindungi sel kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

6. Solusi Masalah Sembelit pada Pencernaan

Punya masalah sembelit saat buang air besar? Coba deh, tambahkan pisang ke dalam menu sarapanmu setiap hari. Pisang mempunyai muatan prebiotik sebagai ‘makanan’ untuk bakteri baik dalam usus. Manfaat itu sanggup membantu melancarkan proses pencernaan dari dalam tubuh. 

7. Makanan Mood Booster

manfaat buah pisang bagi kesehatan
Olah pisang bersama cokelat menjadi smoothie yang lezat/Foto: Pinterest.com/Self Magazine

Pisang juga terkenal sebagai makanan pembangkit mood, lho. Jadi, bila kamu sedang merasa stres, bad mood, kecemasan berlebih, atau pun susah tidur, makan buah pisang patut dicoba.

Asam amino triptofan dan vitamin B6 dalam pisang dikenal sebagai bahan pendorong pembuat hormon serotonin dalam otak. Hormon ini berperan penting dalam meningkatkan suasana hati, juga membuat tubuh lebih rileks.

8. Meredakan Nyeri Haid

Alih-alih minum obat pereda nyeri, kamu bisa menggantinya dengan 1-2 buah pisang sebagai langkah perolongan pertama saat nyeri haid menghadang. National Institutes of Health’s Office of Dietary Supplements menyatakan bahwa pisang yang kaya akan vitamin B6 mampu menurunkan gejala sindrom premenstruasi (PMS), seperti kram perut yang bikin kamu nggak nyaman.

_________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id