sign up SIGN UP

8 Jenis Sayuran Ssam, Daun Bungkus Makanan ala Korea

Henny Alifah | Beautynesia
Jumat, 12 Feb 2021 12:30 WIB
8 Jenis Sayuran Ssam, Daun Bungkus Makanan ala Korea
caption
Jakarta -

Drama Korea tidak sekadar menyuguhkan cerita cinta yang romantis, tetapi juga memperkenalkan kebudayaan Korea itu sendiri. Salah satunya adalah ssam, tradisi makan dengan cara dibungkus daun sayuran. Dijamin, kamu akan menemukan banyak sekali drama Korea yang menampilkan adegan makan dengan cara ini, terutama ketika makan daging BBQ.

Tradisi makan yang sering muncul di drama Korea ini terus dipelihara masyarakat setempat karena dianggap menyehatkan. Dengan menggunakan daun segar sebagai pembungkus berbagai makanan, asupan nabati akan senantiasa terjaga.

Korean ssam
Korean Ssam/ Foto: Instagram.com/youngjae.sung

Bisa dibilang, makan dengan cara ssam ini menyerupai lalapan di Indonesia, sama-sama bikin makanan jadi lebih terasa segar dan nendang di mulut. Hanya saja, beda cuaca dan beda iklim membuat sayuran yang dipakai pun sedikit berbeda. Nah, ini dia delapan sayuran yang populer digunakan untuk ssam di Korea.

1. Selada

Korean ssam: selada
Daun Selada/ Foto: Instagram.com/amiberliner

Daun selada termasuk yang paling populer digunakan sebagai ssam di Korea. Orang Korea sering menggunakan selada jenis bokor, yang punya tekstur daun lebih lembut dan renyah.

2. Selada merah

Korean ssam: selada merah
Daun Selada Merah/ Foto: Instagram.com/jingogaeuk

Selada jenis lain yang juga sering digunakan untuk ssam yaitu selada merah, mulai dari membungkus nasi hingga daging. Seperti namanya, daun selada ini cenderung berwarna merah. Untuk rasa dan tekstur tak jauh berbeda dari selada pada umumnya.

3. Perilla

Korean ssam: perilla/kketnip
Daun Perilla/ Foto: Instagram.com/bisoubisoutv

Di Korea, daun perilla disebut dengan kketnip. Daun ini paling sering ditemui di restoran samgyeopsal (daging panggang). Rasanya mirip dengan daun mint yang segar, sangat cocok untuk dimakan dengan daging dan saus ssamjang

4. Sawi putih

Korean ssam: sawi putih
Daun Sawi Putih/ Foto: Instagram.com/ethinic_kitchen

Sawi putih yang rendah kalori dan padat nutrisi ini juga sering digunakan orang Korea untuk membungkus berbagai makanan. 

5. Kubis

Korean ssam: daun kol
Daun Kol/ Foto: Instagram.com/une_rose_dans_lunivers

Daun kol atau kubis yang di Indonesia sering jadi lalapan nasi ayam atau lele ini ternyata jadi salah satu pilihan orang Korea untuk ssam. Biasanya, daun kol akan direbus setengah matang atau langsung dimakan mentah sebagai ssam. Rasanya yang manis disukai untuk membungkus daging, nasi, hingga ikan.

6. Collard

Korean ssam: collard
Daun Collard/ Foto: Instagram.com/theseasonaljunkie

Collard atau collard greens merupakan sayuran sejenis kol yang tampilannya menyerupai sawi. Teksturnya lebih kenyal dengan rasa kubis yang lebih kuat. Di negara-negara Barat, collard umum digunakan sebagai pengganti tortilla. Di Korea, collard umum digunakan sebagai pembungkus daging.  

7. Daun buah bit

Korean ssam: daun buah bit
Daun Buah Bit/ Foto: Instagram.com/livingminnaly

Selain buahnya, daun buah bit ternyata juga bisa jadi hidangan yang lezat dan sehat. Daun dengan tangkai merah ini pun cukup populer digunakan sebagai ssam di Korea.

8. Bok choy

Korean ssam: bok choy
Daun Bok Choy/ Foto: Instagram.com/the_travellercook

Bok choy atau pakcoy yang dikenal pula dengan sawi sendok, memiliki rasa yang segar dan tidak pahit. Tak heran, orang Korea suka membungkus daging, nasi, dan lauk lainnya dengan daun ini. Mereka juga tidak ragu memakannya secara mentah atau direbus setengah matang.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id