STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Ada Aturannya! Catat, 5 Cara Aman Minum Kopi Saat Bulan Puasa Ini

aqillah diaz | Beautynesia
Senin, 11 Apr 2022 22:30 WIB
Ada Aturannya! Catat, 5 Cara Aman Minum Kopi Saat Bulan Puasa Ini

Kopi merupakan salah satu minuman favorit banyak orang. Kini juga sudah menjamur deretan coffee shop di sekitar kita yang dapat memudahkan kita untuk meminum kopi.

Kopi memang menjadi salah satu minuman dengan kandungan kafein yang dapat menangkal rasa kantuk dan meningkatkan semangat di pagi hari. Namun, ketika bulan puasa kebiasaan minum kopi baik di pagi hari tidak disarankan. 

Sebab, mengonsumsi kopi yang berlebihan ternyata dapat menyebabkan insomnia dan dehidrasi. Ketika bulan Ramadan kamu bisa mengonsumsi kopi dengan beberapa tips berikut ini. Dilansir dari detikFood berikut penjelasannya.

1. Minum Kopi di Waktu yang Tepat

Minum Kopi di Waktu yang Tepat / foto : pexels.com/ThoughtCatalog
Minum Kopi di Waktu yang Tepat / foto : pexels.com/ThoughtCatalog

Ketika bulan puasa kamu bisa mengatur jadwal minum kopi di waktu yang tepat. Misalnya pada malam hari. 

Hindari meminum kopi saat waktu sahur, hal ini karena kopi bersifat stimulan dan diuretik yang bisa menyebabkan tubuh dehidrasi ketika sedang puasa.

2. Mengurangi Kopi Tinggi Kafein

Mengurangi Kopi Tinggi Kafein / foto : pexels.com/JuanPabloSerranoArenas
Mengurangi Kopi Tinggi Kafein / foto : pexels.com/JuanPabloSerranoArenas

Saat ini sudah banyak tersedia kopi decaf atau kopi tanpa kafein, yang mana kopi ini hanya mengandung sedikit kafein sekitar 2% hingga 6% saja. Kopi decaf ini sangat cocok untukmu yang sedang mengurangi asupan kopi apalagi ketika bulan puasa.

Dengan mengubah asupan kafein yang masuk ke dalam tubuh dapat membantu tubuh menyesuaikan kebutuhan kafein tanpa mengurangi jumlah kopi tapi hanya kadar kafeinnya saja.

3. Minum Kopi dengan Cangkir Kecil

Minum Kopi dengan Cangkir Kecil / foto : pexels.com/LoodGoosen
Minum Kopi dengan Cangkir Kecil / foto : pexels.com/LoodGoosen

Bagi kamu yang sangat suka minum kopi ketika bulan Ramadan, ada baiknya untuk mengurangi kopi dan kamu bisa memulainya dengan minum kopi di cangkir kecil. Jika kamu biasanya bisa menghabiskan satu hingga dua gelas sehari, kini kamu bisa menguranginya dengan minum di cangkir kecil.

Mengurangi kopi dapat membuatmu terhindar dari haus ketika puasa di siang hari. Hal ini juga dapat membantumu mengurangi jumlah asupan kopi secara perlahan.

4.  Mengganti Minuman Berkafein

Mengganti Minuman Berkafein / foto : pexels.com/freestock
Mengganti Minuman Berkafein / foto : pexels.com/freestock

Jika kamu merasa mengurangi asupan kopi sangat sulit, kamu bisa beralih ke minuman lain yang lebih rendah kadar kafeinnya. Dikutip dari HHWT, teh juga mengandung kafein dan tentunya kandungan kafein dalam teh lebih rendah daripada kopi.

Meminum teh akan lebih baik untuk perut dibandingkan dengan kopi. Kamu pun, bisa meminum teh rendah gula saat berbuka puasa.

5. Tidak Terlalu Sering Menyeduh Kopi dan Teh

Tidak Terlalu Sering Menyeduh Kopi dan Teh / foto : pexels.com/RodolfoQuiros
Tidak Terlalu Sering Menyeduh Kopi dan Teh / foto : pexels.com/RodolfoQuiros

Tanpa disadari, menyeduh kopi dan teh lebih jarang dapat menjadi cara untuk mengurangi konsumsi kafein ketika bulan Ramadan. Ketika kamu minum kopi saat buka puasa, usahakan jangan minum teh di waktu sahur.

Konsumsi keduanya secara bersamaan karena hal ini dapat mengganggumu ketika sedang puasa.

Itulah beberapa kiat yang bisa kamu lakukan jika kamu memang tidak bisa terlepas dari kopi. Usahakan untuk mengatur waktu dan jumlah kafein yang masuk ke tubuhmu ya!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE