sign up SIGN UP

Puasa Cenderung Bikin Kulit Jadi Kering, Ini 5 Kiat Jaga Kulit Tetap Sehat dan Tubuh Terhidrasi Tanpa Batal!

Ratih Dewi | Beautynesia
Senin, 11 Apr 2022 02:00 WIB
Puasa Cenderung Bikin Kulit Jadi Kering, Ini 5 Kiat Jaga Kulit Tetap Sehat dan Tubuh Terhidrasi Tanpa Batal!
caption

Ketika berpuasa, kulit menjadi cenderung lebih sensitif dari biasanya, seperti kulit menjadi kering, mudah mengelupas, muncul jerawat pada area wajah. Hal ini disebabkan karena asupan air yang kurang ketika kita berbuka puasa ataupun sahur. 

Ketika asupan air pada tubuh kurang, tidak hanya berpengaruh pada kulit namun berpengaruh pada kesehatan kuku dan rambut. Seperti kuku menjadi mudah patah atau rambut mudah rontok. 

Untuk menjaga kulit tetap sehat dan tubuh terhidrasi dengan baik selama bulan puasa, Beauties bisa ikuti kiat di bawah ini, ya! 

1. Gunakan Makeup yang Sederhana 

Gunakan Makeup yang Sederhana
Gunakan Makeup yang Sederhana/Foto : pexels.com/Shiny Diamond

Hindari menggunakan makeup yang tebal pada siang hari ketika beraktivitas. Hal ini dapat memicu jerawat pada kulit dan membuat makeup menjadi crack sehingga mengganggu penampilan, seperti yang dilansir dari laman Alarabiya News.

Sebaiknya gunakan makeup yang ringan, seperti bedak padat, bedak tabur, atau BB cream dengan SPF tertentu untuk menyamarkan noda hitam pada kulit dan melindungi kulit dari sinar matahari, Beauties.

2. Kurangi Konsumsi Makanan Manis

Kurangi Konsumsi Makanan Manis
Kurangi Konsumsi Makanan Manis/Foto : pexels.com/Lisa Fotios

Mengutip dari laman FLAIR, ketika berbuka puasa kita cenderung terlalu banyak mengkonsumsi makanan dan minuman manis. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan kolagen pada kulit, memicu jerawat, dan melemahkan sistem kekebalan tubuh. 

Ahli kecantikan dan perawatan kulit, Edwige Gandin menjelaskan, gula dapat melemahkan sistem kekebalan dan tubuh menjadi kurang efektif melawan bakteri, sehingga kulit menjadi mudah berjerawat dan kondisi kulit inflamasi lainnya. 

Oleh karena itu, konsumsi makanan dan minuman manis saat berbuka secukupnya saja ya, Beauties dan perbanyak minum air putih. 

3. Hindari Konsumsi Kafein dan Soda

Hindari Konsumsi Kafein dan Soda
Hindari Konsumsi Kafein dan Soda/Foto : pexels.com/Pixabay

Buat Beauties yang tidak bisa lepas dari kopi, selama bulan puasa ini sebaiknya hindari minum kopi terlebih dahulu saat sahur, ya. Dilansir dari laman Expat Woman, kafein dan minuman bersoda dapat menghilangkan mineral dalam tubuh dan membuat lebih cepat haus saat berpuasa. 

Selain itu, untuk Beauties yang memiliki masalah dengan lambung mengkonsumsi minuman berkafein atau bersoda dapat meningkatkan risiko asam lambung saat dikonsumsi dalam keadaan perut kosong, ketika berbuka puasa.

 

4. Konsumsi Buah dan Sayur Tertentu 

Konsumsi Buah dan Sayur Tertentu
Konsumsi Buah dan Sayur Tertentu/Foto : pexels.com/pixabay

Konsumsi buah atau sayur tertentu yang mengandung banyak air ketika berbuka puasa atau sahur untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi selama berpuasa. Mengutip dari laman Medium, semangka, timun, brokoli, bayam, anggur merupakan buah dan sayur yang mengandung banyak air, serat, vitamin dan mineral. 

Jangan lupa untuk menyeimbangkan asupan protein, seperti telur ayam dan asupan karbo, seperti kentang atau ubi. Kurangi juga mengkonsumsi makanan fast food, seperti pizza, burger, atau makanan cepat saji lainnya. 

5. Jangan Lupakan Pelembap dan Sunscreen

Jangan Lupakan Pelembap dan Sunscreen
Jangan Lupakan Pelembap dan Sunscreen/Foto : pexels.com/Moose Photos

Jangan pernah lewatkan pelembap dan sunscreen pada rangkaian skincare yang digunakan ya, Beauties. Kulit wajah cenderung kehilangan kelembapannya ketika kita berpuasa, oleh karena itu penggunaan pelembap untuk mengunci kelembapan pada kulit adalah hal yang penting. 

Selain itu, untuk menghindari kerusakan kulit yang diakibatkan oleh sinar matahari, penting untuk selalu menggunakan sunscreen ketika beraktivitas di luar ruangan. 

----

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id