STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Agar Tampilan Lebih Baik, Begini Langkah-Langkah Mendapatkan Postur Badan yang Tegak

Rumaysha Milhania | Beautynesia
Rabu, 17 Mar 2021 09:30 WIB
Agar Tampilan Lebih Baik, Begini Langkah-Langkah Mendapatkan Postur Badan yang Tegak

Satu tahun menjalani aktivitas di rumah ternyata memicu banyak sekali dampak pada kesehatan fisik. Bagi kamu yang bekerja, jangan heran jika kamu mengalami banyak masalah seperti pegal-pegal karena posisi bekerja yang tidak sesuai saat dilakukan di rumah. Inilah yang akhirnya membuat postur tubuh berubah. Bahu menjadi lebih rounding dan posisi pundak membungkuk. Meskipun begitu, ini bukan hal yang fatal dan masih dapat diubah dengan melakukan kebiasaan baik.

Postur tubuh yang buruk sering kali bermula dari kebiasaan seperti bekerja di depan komputer, membungkuk di sofa sambil menonton TV, atau menunduk ke bawah melihat layar smartphone.
Postur buruk saat bekerja/ Sumber: Freepik.com

Apa penyebab masalah postur tubuh?

Postur tubuh yang buruk sering kali bermula dari kebiasaan seperti bekerja di depan komputer, membungkuk di sofa sambil menonton TV, atau menunduk ke bawah melihat layar smartphone. Postur tubuh yang buruk juga bisa disebabkan oleh banyaknya waktu yang dihabiskan untuk membawa benda berat (seperti peralatan di tempat kerja, tas belanjaan, atau tas yang berat).

Semua aktivitas ini bisa membuat kamu membungkuk atau menurunkan bahu ke depan. Kondisi-kondisi ini meregangkan dan melemahkan otot di bagian belakang bahu dan memperpendek otot di depan bahu dan di dada. Gravitasi kemudian menarik otot ke depan, karena otot terlalu lemah untuk menariknya kembali.

Selain itu, jika otot inti di punggung dan perut kamu melemah karena tidak aktif, itu juga dapat menyebabkan kamu mencondongkan tubuh ke depan. Otot-otot itu sangat penting untuk mengangkat tubuh dan membuat kamu tetap tegak.

Postur tubuh yang buruk juga dapat menyebabkan sakit punggung atau leher, sakit kepala, kesulitan bernapas, atau kesulitan berjalan.
Dampak postur tubuh buruk/ Sumber: Freepik.com

Apa akibat dari postur tubuh yang buruk?

Terkadang orang bertanya, Mengapa saya harus mengubah postur tubuh saya? Pahami bahwa postur tubuh yang buruk juga dapat menyebabkan sakit punggung atau leher, sakit kepala, kesulitan bernapas, atau kesulitan berjalan. Umumnya nyeri punggung dan leher tampaknya yang paling umum.

Bagaimana cara memperbaiki postur tubuh?

Jika kamu mengalami cedera sumsum tulang belakang atau pernah menjalani operasi untuk memadukan atau mengangkat tulang di punggung, mungkin ada beberapa batasan untuk perbaikan postur. Akan tetapi, jika kamu tidak pernah menjalani tindakan atau prosedur operasi tersebut, kamu masih belum terlambat untuk memperbaiki postur tubuh.

Kunci untuk memperbaiki postur tubuh yang buruk adalah memperkuat dan meregangkan otot-otot di punggung atas, dada, dan inti.
Yoga untuk Memperbaiki Postur Tubuh/ Sumber: Freepik.com

Kunci untuk memperbaiki postur tubuh yang buruk adalah memperkuat dan meregangkan otot-otot di punggung atas, dada, dan inti. Latihan-latihan yang menguatkan upper body, upper back body, bahu, perut, dan booty dapat menjadi pilihan yang tepat untuk memperkuat postur tubuh yang ideal. Selain itu, kamu juga bisa memulai kebiasaan baik dengan menjaga posisi kerja yang natural agar tidak membungkuk selama bekerja berjam-jam di depan layar. 

(arm2/arm2)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE