sign up SIGN UP

Apakah Diet Vegan Aman untuk Anak-Anak? Ini Pendapat Ahli!

Putri Rizki Aulika | Beautynesia
Rabu, 21 Sep 2022 07:30 WIB
Apakah Diet Vegan Aman untuk Anak-Anak? Ini Pendapat Ahli!
Diet vegan untuk anak-anak/Foto: Freepik.com/pvproductions

Kekhawatiran terbesar dengan pola makan vegan pada anak usia dini adalah kekurangan gizi. Dibutuhkan perencanaan dan pengetahuan yang tepat agar seorang anak bisa mendapatkan asupan nutrisi yang cukup.

Orangtua harus mengetahui informasi lengkap terkait pola makan vegan untuk anak-anak.  Jika tidak, ada kemungkinan risiko kekurangan nutrisi, seperti vitamin D, kalsium, zat besi, asam lemak omega-3, dan vitamin B12.

Dilansir dari HuffPost, American Academy of Nutrition and Dietetics mendukung pola makan vegan yang “direncanakan dengan tepat”, termasuk kehamilan, menyusui, bayi, masa kanak-kanak, remaja, dewasa tua, dan untuk atlet.

Lalu, benarkah diet vegan aman untuk anak-anak? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut penjelasannya menurut pendapat ahli. Yuk, simak!

Pertimbangkan Kebutuhan Nutrisi Individu Anak Sejak Bayi

Ilustrasi bayi/Foto: Freepik.com/freepik
Ilustrasi bayi/Foto: Freepik.com/freepik

Dikutip dari BBC Good Food, jika seorang ibu memutuskan untuk berhenti menyusui pada saat bayi berusia enam bulan, dianjurkan untuk memenuhi asupan zat besi, kalsium, vitamin B12 dan D dari susu formula. Jangan berikan susu kedelai dan oat untuk bayi berusia kurang dari satu tahun karena tidak cocok dan tidak memiliki rasio karbohidrat, protein, dan lemak yang tepat.

Selama masa penyapihan, sereal bayi yang diperkaya zat besi menjadi pilihan yang bagus untuk makanan pertama. Sereal dapat dicampur dengan ASI atau susu formula nabati agar konsistensi encer.

Mulailah mengenalkan berbagai macam sayuran, kacang-kacangan, tahu, biji-bijian dan buah-buahan kepada bayi. Jika bayi tidak memiliki alergi, kacang dapat diberikan sejak usia enam bulan, tetapi pastikan kacang tersebut digiling halus.

Sebagai pengganti gula, orang tua bisa memberikan buah-buahan manis alami, seperti apel dan pisang atau sayuran, seperti wortel, dan ubi jalar untuk bayi.

Nabati Tidak Selalu Berarti Sehat

Ilustrasi makanan sehat penuh nutrisi/Foto: Freepik.com/rawpixel.com
Ilustrasi makanan sehat penuh nutrisi/Foto: Freepik.com/rawpixel.com

Melansir dari HuffPost, Deborah Malkoff-Cohen, seorang ahli gizi pediatrik mengungkapkan bahwa makanan vegan olahan atau kemasan bukan berarti kaya nutrisi nabati. Makanan olahan umumnya dikemas dengan banyak natrium dan pengawet. Sebaiknya, konsumsilah makanan yang mengandung protein nabati secara real food agar mendapatkan nutrisi utuh yang baik untuk tubuh.

Dalam produk nabati terdapat vitamin B12 yang berperan penting membantu pencernaan dan penyerapan nutrisi, hingga menjaga kesehatan saraf. Dr. Yami Cazorla-Lancaster, seorang dokter anak menyarankan untuk mengonsumsi suplemen B12 sebagai sumber nutrisi nabati tambahan. 

Siap Menjadi Lebih Kreatif

Ilustrasi kreasi bekal makanan/Foto: Freepik.com/valeria_aksakova
Ilustrasi kreasi bekal makanan/Foto: Freepik.com/valeria_aksakova

Membuat menu makanan vegan bervariasi menjadi salah satu tantangan yang harus dihadapi orangtua agar anak makan lahap dan tidak cepat bosan. Dikutip dari HuffPost, Deborah Malkoff-Cohen, seorang ahli gizi pediatrik membagikan meal plan yang telah ia tulis, sebagai contoh satu porsi bayam dapat ditambahkan ke dalam smoothie untuk mendapatkan dosis kalsium yang cukup.

Menu sarapan, makan siang, dan makan malam harus disajikan dengan kreatif supaya anak-anak tertarik menjalani pola makan vegan. Anak-anak biasanya menyukai tampilan makanan yang lucu, orangtua bisa berkreasi membuat bekal makanan dengan membentuk sayuran atau buah-buahan menjadi karakter unik.

Diet vegan atau pola makan vegan aman diterapkan untuk anak-anak dengan catatan memerhatikan kebutuhan asupan nutrisi dan gizi harian yang cukup. Tertarik mencoba, Beauties?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id