sign up SIGN UP

Awas Perut Buncit! Konsumsi Minuman Ini untuk Solusinya

Nubira Maisty | Beautynesia
Senin, 25 Oct 2021 09:00 WIB
Awas Perut Buncit! Konsumsi Minuman Ini untuk Solusinya
caption

Sebuah penelitian menyebutkan tingkat obesitas meningkat akibat pandemi Covid 19. Kegiatan utama masyarakat mulai dari bekerja hingga bersekolah di rumah membuat aktivitas gerak tubuh menjadi berkurang sehingga berpotensi menyebabkan penimbunan lemak.

Ditutupnya berbagai fasilitas dan sarana olahraga juga menjadi faktor mengapa banyak orang mengalami kenaikan berat badan selama pandemi ini. Tapi kamu tidak perlu khawatir, selain kamu bisa melakukan workout di rumah kamu juga bisa mengonsumsi makanan dan minuman yang mendukung dalam penurunan berat badan. Salah satunya yaitu teh.

Eits, tapi bukan sembarang teh! Teh yang mampu membantu menurunkan berat badan umumnya tergolong pada jenis teh herbal.

Pandemi menyebabkan seluruh aktivitas yang biasanya dikerjakan di luar rumah menjadi di dalam rumah.
Bekerja Dari Rumah/Sumber: Unsplash.com

Terdapat sebuah teh herbal yang hanya mampu tumbuh di Afrika Selatan dan memiliki banyak khasiat salah satunya dalam mengontrol berat badan. Teh tersebut bernama teh rooibos yang bebas kandungan kafein dan kaya akan antioksidan.

Teh Rooibos adalah teh yang terbuat dari daun semak Aspalathus linearis yang di kategorikan sebagai produk teh herbal atau tisane. Teh herbal atau tisane adalah sebutan untuk ramuan bunga, daun, biji, akar dan buah kering hingga membentuk sebuah standar komposisi teh herbal. Teh herbal sering dipilih sebagai sebuah comfort drink karena memiliki banyak manfaat jika dibandingkan dengan teh biasa.

Teh rooibos merupakan teh herbal berwarna merah yang berasal dari Afrika Selatan.
Teh Merah Rooibos/Sumber: Unsplash.com

Selain bebas dari kandungan kafein, teh rooibos juga bebas dari kandungan kalori. Hal ini berdampak pada pelancaran metabolisme dan pencernaan. Jumlah antioksidan yang tinggi pada teh ini juga dapat meningkatkan kadar leptin yang dapat membantu pengelolaan berat badan.

Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa kandungan aspalathin pada teh ini terbukti ampuh dalam mengurangi lemak, meningkatkan metabolisme lemak, dan memblokir pembentukan sel lemak. Ketiga faktor tersebut semakin menguatkan alasan mengapa teh rooibos dapat membantu kita dalam mempertahankan berat badan yang sehat dan mengurangi kadar lemak dalam tubuh.

Kandungan antioksidan yang tinggi pada teh rooibos dapat membantu mengurangi berat badan.
Secangkir Teh Setiap Hari dapat Membantu Mengurangi Berat Badan/Sumber: Unsplash.com

Sebuah penelitian menyebutkan kandungan magnesium yang tinggi pada teh rooibos secara signifikan dapat mengurangi kadar kortisol atau hormon stress. Seperti yang diketahui, ketika seseorang merasa stress, tubuh orang tersebut akan memproduksi banyak hormon kortisol.

Hormon kortisol atau biasa disebut sebagai hormon stress ini dapat memicu rasa lapar yang tinggi walaupun kondisi sebenarnya tubuh tidak memerlukan asupan makanan. Kadar kortisol yang tinggi dalam tubuh akan berefek pada penimbunan lemak yang tidak hanya menyebabkan gemuk dan perut buncit, namun dapat menjadi penyebab berbagai penyakit dan gangguan kesehatan yang merugikan.

Setelah membaca pemaparan di atas, apakah kamu tertarik untuk segera mencoba teh rooibos ini? Beri komentar di bawah ini ya!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id