sign up SIGN UP

Bahaya... 4 Kebiasaan Buruk yang Sering Dilakukan Anak Muda Saat Pandemi Ini Bisa Memicu Penyakit Jantung!

Zeyra Haya | Rabu, 29 Sep 2021 21:30 WIB
Bahaya... 4 Kebiasaan Buruk yang Sering Dilakukan Anak Muda Saat Pandemi Ini Bisa Memicu Penyakit Jantung!
caption

Masa pandemi Covid-19 sering dikaitkan dengan perubahan pola hidup menjadi lebih sehat. Namun nyatanya, masih banyak dari kita yang justru merubah pola hidup menjadi tidak sehat.

Alih-alih hidup sehat, kebiasaan buruk anak muda ini justru banyak muncul selama di rumah aja. Banyaknya waktu luang yang dimiliki milenial kerap membuat pola hidup mereka menjadi tidak teratur.

Pola hidup tidak teratur yang sering disepelekan remaja ini ternyata memiliki dampak yang sangat buruk hingga dapat menjadi pemicu penyakit jantung. Faktor penyebab serangan jantung pada anak muda tak lain disebabkan oleh kebiasaan buruk tertentu.

Kebiasaan Anak Muda Selama Pandemi Ini Jadi Pemicu Penyakit Jantung Usia Dini

Sudah bukan menjadi rahasia jika penyakit jantung dapat menyerang siapapun termasuk generasi muda. Beauties, 4 kebiasaan yang membahayakan kesehatan jantung ini sering dilakukan milenial selama pandemi.

1. Terlalu Sering Begadang

Jangan diteruskan. Kebiasaan sering begadang dapat memicu penyakit jantung/Foto: pexels.com/Ketut Subiyanto
(Jangan diteruskan. Kebiasaan sering begadang dapat memicu penyakit jantung/Foto: pexels.com/Ketut Subiyanto)

Melakukan aktivitas secara daring baik itu sekolah maupun bekerja membuat banyak dari kita sulit untuk mengatur waktu tidur. Akibat kerap menunda pekerjaan, kemudian mengerjakannya sekaligus hingga lupa waktu menjadi kebiasaan buruk remaja selama pandemi.

Terlalu sering begadang tentu akan mengurangi kualitas dan kuantitas tidur. Sementara durasi tidur dapat memengaruhi risiko seseorang terkena serangan jantung.

2. Keseringan Konsumsi Junkfood

Pola makan tidak sehat dapat menjadi pemicu sakit jantung usia dini/Foto: pexels.com/Ivan Samkov
(Pola makan tidak sehat dapat menjadi pemicu sakit jantung usia dini/Foto: pexels.com/Ivan Samkov)

Memiliki banyak waktu di rumah tidak serta merta membuat para kaum muda gemar memasak. Justru selama masa pandemi, muncul kebiasaan baru yakni memesan makanan junkfood secara online.

Terlalu sering mengkonsumsi makanan junkfood akan menimbulkan efek buruk bagi tubuh. Adapun suatu penelitian mengatakan, jumlah terbesar kematian akibat penyakit jantung disebabkan oleh asupan tinggi daging olahan dan minuman manis dengan asupan sayuran dan buah yang rendah.

3. Terlalu Lama Duduk

Pemicu serangan jantung, terlalu lama duduk salah satunya/Foto: pexels.com/Andrea Thirdman
(Pemicu serangan jantung, terlalu lama duduk salah satunya/Foto: pexels.com/Andrea Thirdman)

Kebiasaan buruk anak muda yang sering tidak disadari adalah terlalu lama duduk. Selama pandemi, tak dapat dipungkiri bahwa kita sering tidak menyadari saat terlalu lama duduk di depan komputer selama proses daring.

Sebuah penelitian mengungkapkan, tidak bergerak cukup dan cenderung duduk selama lima jam atau lebih setiap hari memiliki dua kali lipat resiko gagal jantung.

4. Stres

Bahaya stres, bisa picu penyakit jantung di usia muda/Foto: pexels.com/Andrea Piacquadio
(Bahaya stres, bisa picu penyakit jantung di usia muda/Foto: pexels.com/Andrea Piacquadio)

Stres menjadi permasalahan utama yang kerap muncul selama pandemi. Bosan di rumah, jenuh dengan kegiatan daring dan lingkungan yang tidak mendukung kerap mendorong seseorang mengalami stres.

Terlalu sering stres dapat merusak pembuluh darah di jantung dan meningkatkan resiko serangan jantung dan stroke. Untuk itu, perlu bagi kita untuk mencari cara untuk melepas stres.

Beauties, itulah beberapa kebiasaan buruk generasi muda selama pandemi yang ternyata dapat memicu resiko penyakit jantung usia dini. Bagaimana menurutmu?

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id