sign up SIGN UP

4 Langkah Sederhana Menuju Gaya Hidup Sehat

Risma Oktaviani | Senin, 16 Aug 2021 07:32 WIB
4 Langkah Sederhana Menuju Gaya Hidup Sehat
caption

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, rata-rata harapan hidup di Indonesia adalah 71,5 tahun. Angka harapan hidup adalah sebuah data statistik yang menggambarkan rata-rata lama waktu hidup seseorang dalam suatu wilayah dan populasi tertentu. Semakin tinggi angka harapan suatu wilayah maupun negara, menandakan semakin baik pula tingkat kesehatan dan kesejahteraan masyarakat di dalamnya.

Untuk itu, sangat penting untuk menerapkan pola hidup sehat untuk hidup yang lebih baik terlebih di masa-masa pandemi seperti sekarang. Berikut adalah beberapa tips kesehatan agar kamu mendapatkan kualitas hidup lebih sehat dan hidup lebih lama.

Atur Pola Makan

atur pola makan
Makan makanan sehat / freepik.com / kamranaydinov

Makan makanan yang tepat dapat membuat hidup lebih lama dan lebih sehat. Selain itu, pola makan yang sehat membantu melindungi diri dari malnutrisi dalam segala bentuknya, serta penyakit tidak menular (PTM), termasuk seperti diabetes, penyakit jantung, stroke, dan kanker. Terapkan pola makan diet sehat dengan asupan gizi seimbang dan hindari makanan kemasan atau semacam fastfood dan junkfood. 

Olahraga Secara Teratur

olahraga secara teratur
olahraga / freepik.com / cookie studio

Tidak peduli berapapun umur kamu, apapun gender kamu, aktif secara fisik dapat membantu kamu menjalani kualitas hidup yang lebih sehat dan bahagia. Aktivitas fisik atau olahraga dapat meningkatkan kesehatan dan mengurangi risiko terkena penyakit seperti diabetes, kanker,  serta menurunkan risiko kematian dini hingga 30%. Lakukan olahraga rutin minimal 30 menit sehari untuk merasakan manfaatnya.

Tidur yang Cukup

tidur yang cukup
tidur yang cukup / freepik.com / tirachardz

Tidur memainkan peran penting dalam kesehatan dan kesejahteraan hidup kamu. Memiliki kualitas tidur yang cukup pada waktu yang tepat juga dapat membantu melindungi kesehatan mental kamu. Kurang tidur meningkatkan risiko kondisi kesehatan seperti diabetes, penyakit jantung, dan stroke. Selain itu, kurang tidur yang berkepanjangan juga dapat mempengaruhi konsentrasi, stress, dan fungsi kognitif lainnya.

Kelilingi Diri Kamu dengan Energi Positif

selalu berpikir positif
energi positif / freepik.com/ wayhomestudio

Untuk mendapat hidup yang sehat, tentunya kamu harus memiliki kondisi mental dan emosional yang sehat. Ada baiknya semua permasalahan hidup dihadapi dengan pandangan optimis. Namun, jangan sampai malah berujung dengan toxic positivity, ya! Kelilingi diri kamu dengan orang-orang yang gak hanya menyemangati, tapi juga memberi kamu kritik yang membangun untuk membantu kamu berkembang.

 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id