sign up SIGN UP

Balita Dipasangi Behel oleh Ibunya dan Viral di TikTok, Menurut Dokter Ini Deretan Bahayanya!

Rini Apriliani | Beautynesia
Selasa, 26 Jul 2022 11:30 WIB
Balita Dipasangi Behel oleh Ibunya dan Viral di TikTok, Menurut Dokter Ini Deretan Bahayanya!
caption
Jakarta -

Baru-baru ini viral di TikTok, seorang balita terlihat memakai kawat gigi atau behel pada bagian gigi bawahnya.

Video yang diunggah oleh akun @putsho05, yang diketahui adalah ibu dari balita tersebut pun mendadak ramai dengan komentar Netizen. Banyak yang menyayangkan tindakan yang dilakukan oleh ibunya tersebut. 

Sebab, penggunaan behel memang sangat tidak diizinkan untuk usia balita. Mengutip berbagai sumber, penggunaan behel yang aman untuk anak bisa dimulai sejak usia 12 tahun.

Dimana, pada saat ini anak sudah kehilangan gigi bayinya dan berganti dengan tumbuhnya gigi dewasa. Barulah, pemakaian kawat gigi atau behel bisa dilakukan, yang mana harus dengan pengawasan dokter gigi. 

Ini Tanggapan Dokter Soal Balita Pakai Behel

Viral di TikTok Balita Dipasangi BehelViral di TikTok Balita Dipasangi Behel/ Foto: TikTok.com

Ramai kecaman dan komentar Netizen, dokter TikTok alias dr. Ayman Alatas pun memberikan tanggapan terkait video viral ini.

Dibantu jawaban dari oleh drg. Irene Sanita yang tengah residen ortodontik, dr. Ayman menjelaskan betapa bahayanya penggunaan behel pada balita.

Menurut jawaban dari drg. Irene, behel baru boleh dipasang di gigi dewasa.

"Kata drg. Irene behel itu boleh dipasang di gigi dewasa, which is biasanya di usia 12 - 13 tahun," ujar dr. Ayman.

Banyak Risiko yang Bisa Terjadi!

Viral di TikTok Balita Dipasangi BehelViral di TikTok Balita Dipasangi Behel/ Foto: TikTok.com

Lebih lanjut lagi, dr. Ayman menjelaskan akan ada banyak risiko dari tindakan ini. Dimana behel pada balita bisa mengganggu perkembangan giginya saat ini, sampai ia dewasa.

"Nah dia ini kan kayanya masih kecil banget, kata drg. Irena katanya banyak banget risikonya. Bahkan bisa mengganggu perkembangan giginya nanti saat dewasa," lanjutnya.

Viral di TikTok Balita Dipasangi BehelViral di TikTok Balita Dipasangi Behel/ Foto: TikTok.com

Adapun beberapa risiko yang bisa terjadi dari pemakaian behel di usia balita adalah sariawan, makanan lebih gampang nyelip, pengaruh ke pergerakan giginya, dan terakhir bisa memengaruhi pertumbuhan gigi dewasanya. Karena hal ini, pemakaiannya sangat dilarang.

"Jadi, please buat ibunya jangan aneh-aneh, kasihan anaknya nanti kenapa-napa giginya," kata dr. Ayman.

Terakhir, dr. Ayman pun mengingatkan Netizen untuk tidak meniru apa yang dilakukan oleh ibu balita ini. Sebab, tidak baik untuk kesehatan.

"Buat Netizen jangan diikutin yang gini-gini nih, nggak baik buat kesehatan gigi kalian," tutup dr Ayman yang sering disebut dokter segala masalah di TikTok.

Video balita yang dipasangi behel oleh orangtuanya ini telah dipenuhi komentar sampai 14.5 ribu. Namun, hingga kini belum ada klarifikasi, terkait apa sebenarnya alasan penggunaan behel pada anaknya ini.

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id