sign up SIGN UP

Banyak Anak Muda yang Kena, Begini Tanda-tanda GERD dan Cara Menyembuhkannya Secara Total

Dian Aprilia | Beautynesia
Sabtu, 24 Jul 2021 10:30 WIB
Banyak Anak Muda yang Kena, Begini Tanda-tanda GERD dan Cara Menyembuhkannya Secara Total
caption

GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) adalah gangguan kesehatan yang disebabkan oleh melemahnya katup di kerongkongan bagian bawah sehingga menyebabkan asam lambung naik ke kerongkongan. Kondisi tersebut masih bisa dianggap wajar atau normal jika terjadi sangat jarang, misalnya satu bulan sekali.

Namun jika naiknya asam lambung tersebut sudah terjadi dua kali seminggu, maka bisa dianggap sebagai GERD dan perlu segera diatasi. Lantas, bagaimana tanda-tanda GERD?

Tanda-tanda GERD

GERD
GERD/pexels.com/Kindel Media
  • Mulut terasa asam dan pahit
  • Sensasi perih dan terbakar di dada dan ulu hati
  • Sulit menelan, seolah ada benjolan di kerongkongan
  • Sesak napas dan batuk-batuk
  • Mual dan muntah Isi lambung keluar tanpa disadari
  • Bau mulut
  • Kerusakan gigi karena paparan asam lambung di mulut
  • Tidur terganggu
  • Suara serak dan sakit tenggorokan

Berikut beautynesia.id telah merangkum cara menyembuhkan GERD secara total, baik pengobatan ataupun perubahan gaya hidup.

Cara Mengatasi GERD

GERD
GERD/Pexels.com/Andrea Piacquadio

Minum Obat Maag

Cara mengatasi GERD yang pertama adalah dengan mengonsumsi antasida. Antasida merupakan obat yang berguna untuk meredakan gejala akibat sakit maag atau asam lambung. Biasanya antasida dikonsumsi dengan cara dikunyah atau cair. Obat ini bisa kamu konsumsi saat merasakan gejala GERD di atas.

Capai Berat Badan Ideal

Cara mengatasi GERD yang selanjutnya adalah berupaya untuk mencapai berat badan ideal. Apabila saat ini kamu obesitas, sebisa mungkin lakukan diet sehat dan seimbang dengan mengubah pola makan dan gaya hidup. Hindari makan berlebihan dalam sekali waktu dan mulai coba untuk makan dengan porsi kecil tapi intensitas yang sering.

Tidak Merokok dan Alkohol

Cara mengatasi GERD selanjutnya adalah hindari merokok dan konsumsi alkohol. Sebab keduanya bisa memicu naiknya asam lambung. Kamu bisa merubah kebiasaan tersebut secara perlahan dan menggantinya dengan konsumsi makanan atau minuman yang sehat dan aman untuk lambung.

Tidak Langsung Tidur Setelah Makan

Penyakit lambung GERD biasanya dipicu oleh kebiasaan buruk langsung tidur setelah makan. Hal ini sering terjadi saat puasa Ramadan, sebab setelah makan sahur banyak orang yang memilih langsung tidur. Jadi sebaiknya tunggu selama 2-3 jam baru kemudian berbaring dan tidur.

Hindari Makanan yang Memicu Asam Lambung Naik

Pemicu GERD
Pemicu GERD/pexels.com/Sarah Chai

Penyakit lambung GERD juga disebabkan oleh konsumsi makanan yang memicu asam lambung naik. Seperti halnya susu, makanan pedas, makanan asam, cokelat, mint, kopi, dan lain sebagainya. Jadi batasi konsumsi makanan di atas, apabila kondisi asam lambungmu sudah parah, sebaiknya hindari dan jangan konsumsi makanan dan minuman tersebut.

Pakai Pakaian yang Longgar

Terakhir, penyakit lambung GERD ini bisa dicegah dengan memakai pakaian yang longgar dan nyaman. Sehingga bagian perut tidak tertekan oleh celana atau baju yang dikenakan yang bisa picu asam lambung naik.

Itulah tanda-tanda GERD dan cara menyembuhkannya secara total. Jangan sekedar andalkan obat untuk mengatasinya tapi juga perubahan gaya hidup menjadi lebih sehat.    

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id