sign up SIGN UP

LIFE

Alasan Kenapa Kamu Mengalami Bloating atau Perut Kembung

tyana | Minggu, 21 Feb 2021 11:45 WIB
Alasan Kenapa Kamu Mengalami Bloating atau Perut Kembung
Foto: Ilustrasi Kembung/Freepik.com

Bloating atau perut kembung merupakan kondisi dimana bagian perut terasa penuh dan tidak nyaman. Kondisi ini juga sering ditandai dengan sering bersendawa, kentut ataupun keduanya. Meskipun sering dialami banyak orang dan dianggap tidak berbahaya, ternyata perut kembung atau bloating merupakan tanda adanya masalah dalam pencernaan kita. 

Wah apakah mengalami perut kembung artinya ada permasalahan yang serius? Dalam beberapa kasus perut kembung atau bloating biasanya merupakan tanda yang sering dialami oleh pasien kanker usus, pankreas, lambung, hati, divertikulitis, iritasi lambung dan juga infeksi pada panggul.

Apabila kamu mengalami perut kembung disertai dengan rasa nyeri ataupun BAB dan BAK mengeluarkan darah ataupun tak kunjung sembuh segara untuk menghubungi dokter. Tak hanya untuk memberitahukan permasalahan yang serius, perut kembung juga dapat disebabkan oleh prilaku kita yang tak sehat. 

1. Makan Terlalu Cepat

Alasan Kenapa Kita Mengalami Bloating atau Perut Kembung
Ilustrasi Makan/Freepik.com

Makanan dengan cepat menyebabkan kita melahap makanan dengan potongan yang besar dan tidak mengunyahnya dengan halus. Hal ini dapat menyebabkan lambung dan usus bekerja keras untuk mengurai makanan. Tak hanya itu makan dan minum terlalu cepat juga dapat menyebabkan asam lambung meningkat ke kerongkongan sehingga meningkatkan resiko GERD. 

Untuk yang ingin menurunkan berat badan, kebiasaan makan dengan cepat dapat menggagalkan rencana diet. Hal ini dikarenakan tubuh membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk memberikan sinyal kenyang. Saat kita makan terlalu cepat meskipun terasa penuh tetapi beberapa menit kemudian akan cepat merasa lapar kembali. Untuk itu makananlah dengan cara mengunyah hingga lembut sebelum menelan. 

2. Dehidrasi

Alasan Kenapa Kita Mengalami Bloating atau Perut Kembung
Ilustrasi Minum Air Putih/Freepik.com

Usus dan lambung membutuhkan air untuk mempercepat kerja dalam tubuh. Kekurangan air dalam tubuh tak hanya membuat kerja usus lebih lambat tetapi juga makanan yang di dalam usus akan mengeras sehingga terjadinya perut kembung dan sembelit. 

Mengkonsumsi air putih 2 liter sehari juga bukan berarti kita telah memenuhi kebutuhan air dalam tubuh kita. Kebiasaan mengkonsumsi soda dan kopi dapat mengurangi kandungan air dalam tubuh. Begitupula saat kita terlalu lama di ruangan ber-AC ataupun aktivitas di luar ruangan yang terpapar sinar matahari langsung. Untuk itu kurangi konsumsi soda dan kopi dan lebih banyak mengkonsumsi air.

3. Terlalu Banyak Mengonsumsi Makanan Pedas

Alasan Kenapa Kita Mengalami Bloating atau Perut Kembung
Ilustrasi Makan Mie/Freepik.com

Makanan pedas memang menggugah selera. Mengkonsumsi makanan pedas juga membuat nafsu makan bertambah. Sayangnya, terlalu banyak mengonsumsi makanan pedas dapat menyebabkan permasalahan pada tubuh kita. 

Rasa panas yang disebabkan oleh makanan pedas dan membuat iritasi dan kering pada bagian mulut. Tak hanya itu makanan pedas juga dapat menyebabkan rapuhnya permukaan lambung sehingga lambung muda iritasi dan terjadi gastritis. 

4. Diet Ketat

Alasan Kenapa Kita Mengalami Bloating atau Perut Kembung
Ilustrasi Diet/Freepik.com

Memiliki tubuh yang ideal pastinya siapa yang tak ingin. Sayangnya untuk mewujudkan ini banyak wanita masih melakukan diet yang ketat dan tak sehat dengan mengurangi kalori secara berlebihan. Masih banyak juga yang melakukan diet tak makan dan hanya mengkonsumsi air putih ataupun makan hanya satu kali sehari. 

Saat tidak ada asupan makanan di lambung dan usus dalam waktu yang cukup lama dapat memupuk gas sehingga menyebabkan asam lambung meningkat dan juga bloating. Untuk itu jaga pola makan dan lakukan diet yang tepat untuk menjaga tubuh tetap sehat dan kuat.

5. Terlalu Sering Duduk

Alasan Kenapa Kita Mengalami Bloating atau Perut Kembung
Ilustrasi Bekerja Sambil Duduk/Freepik.com

Terlalu lama bekerja ataupun beraktivitas dengan hanya duduk tak hanya menyebabkan sakit punggung dan juga metabolisme melambat. Saat kita duduk usus akan terdorong ke atas, apabila kondisi ini terjadi dalam waktu yang lama dapat menyebabkan isi usus menjadi kering sehingga terjadi kembung dan sembelit. Untuk itu cobalah untuk sedikit jalan dan peregangan agar tidak pegal dan tubuh lebih sehat.

6. Stress

Penyebab bloating atau perut kembung
Ilustrasi Yoga/Freepik.com

Kondisi pikiran kita yang tak sehat dapat memperburuk kondisi kesehatan tubuh. Saat kita mengalami stress kelenjar andrenal akan memproduksi hormon kortisol. Hormon ini memang memiliki fungsi penting dalam tubuh seperti mempertahankan tekanan darah dan kadar gula darah dengan melepaskan insulin. Sayangnya apabila terlalu banyak juga dapat mengganggu kondisi tubuh.

Tak hanya itu stress juga dapat menyebabkan produksi asam lambung meningkat sehingga perut terasa tidak nyaman, nyeri dan juga kembung. Untuk itu coba kendalikan pikiran dengan meditasi ataupun olahraga.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id